Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Biologi Terintegrasi Keislaman Di Madrasah Aliyah (MA): Model Evaluasi CIPPO

Yatin Mulyono, Sardimi Sardimi, Ayatusa'adah Ayatusa'adah, Nanik Lestariningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi Kurikulum 2013 di MA. Penelitian ini bersifat evaluatif dengan menerapkan model CIPPO. Pengumpulan data dengan observasi, kuesioner dan wawancara. Pengambilan sampel menggunakan metode cluster sampling di wilayah Kalimantan Tengah. Hasil evaluasi implementasi Kurikulum 2013 mata pelajaran Biologi dengan analisis CIIPO menunjukkan bahwa (1) tingkat dukungan lembaga 87.25%, (2) relevansi tujuan kurikulum 76.50% (3), kesiapan tenaga pendidik 38.18%, (4) kesiapan sarana 53.34% (5) kesiapan materi 64.34%, (6) penilaian pembelajaran 90.91%, dan (7) pencapaian tujuan kurikulum 64.34%. implementasi Kurikulum 2013 belum terlaksana dengan baik khususnya mata pelajaran Biologi MA. Hal ini dikarenakan belum terpenuhinya kompetensi guru yang mampu mengintegrasikan ilmu kebiologian dengan keislaman, serta belum tersedianya sarana penunjang untuk pengintegrasian tersebutImplementasi Kurikulum 2013 mata pelajaran Biologi MA di Kalimantan Tengah. Hal ini menyebabkan capaian tujuan kurikulum kurang maksimal.


Keywords


implementasi kurikulum 2013; integrasi keislaman; evaluasi kurikulum; CIPPO

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. 2005. IntegrasiIlmu dan Agama: Interpretasi dan Aksi. Bandung: Mizan.

Abidinsyah, A. 2016. Kurikulum 2013 Sebagai Perwujudan Dinamika Konstruktif yang Berkarakter. Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 3(2): 1-8.

Anas, N. 2013. The Integration of Knowledge in Islam: Concept and Challenges. Global Journal Of Human Social Science Linguistics &Education. Global Journals Inc. (USA). 13 (10): 51-55.

Arifin, Z. 2011. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Astuti, K.S., Pamadhi, H., Rini, Y.S. 2010. Pengembangan Model Evaluasi Pembelajaran Seni Budaya SMP. Jurnal Kependidikan, 40(1): 87­98.

International Council of Associations for Science Education (ICASE). 2008. Promoting Scientific and Technological Literacy (STL) for All. Second Edition. Penang: SEAMEO RECSAM.

Kanianta, I.K. 2011. Analisis Implementasi Standar Pelaksanaan Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Produktif Kompetensi Keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton (TKB) Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Singaraja. Jurnal Penelitian Pascasarjana Undiksha, 2 (2): 1-15.

Masruri, M.H. & Rossidy, I. 2014. Filsafat Sains Dalam Al-Qur'an: Melacak Kerangka Dasar Integrasi Ilmu Dan Agama. Jurnal El-Qudwah, 4: 1(1-24).

Mulyasa, E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muzhoffar Akhwan. 2014. Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya Dalam Pembelajaran di Sekolah/Madrasah. El Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1): 61-67.

Reza, I.F. 2013. Hubungan antara Religiusitas dengan Moralitas pada Remaja di Madrasah Aliyah (MA). Humanitas (Jurnal Psikologi Indonesia), 10(2): 45-58.

Sugiyono. 2010. MetodePenelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tilaar, H. A. R., & Hapsari, S. D. 2004. Multikulturalisme: Tantangan-Tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional. Gramedia Widiasarana Indonesia (Grasindo).

Vanderlinde, R., Braak, J.V., dan Hermans, R. 2009. Educational Technology on a Turning Point: Curriculum Implementation in Flanders and Challenges for Schools. Education Tech Research Development, 57 (2): 573–584

Zhang, J., Wang, J., Min, S., Chen, K., dan Huang, H. 2016. Influence of curriculum quality and educational service quality on student experiences: A case study in sport management programs. Journal of Hospitality, Leisure, Sport & Tourism Education, 18(1): 81–91




DOI: http://dx.doi.org/10.23971/tf.v1i2.714

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 TRANSFORMATIF


JURNAL TRANSFORMATIF
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI Palangka Raya Pascasarjana
Jl. G. Obos Komplek Isalmic Centre Palangka Raya, Kaliamntan Tengah, 73111 No. Hp. 081257060603 email : pasca@iain-palangkaraya.ac.id transformatif2017@gmail.com Website : http://pasca.iain-palangkaraya.ac.id http://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/TF
Flag Counter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats