MOTIVASI IBU-IBU MENGIKUTI PENGAJIAN DI BADAN KONTAK MAJELIAS TAKLIM (BKMT) KOTA PALANGKA RAYA

Hamdanah HM

Abstract


Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) merupakan  wahana pendidikan yang berusaha menanamkan akhlak yang mulia, meningkatkan ketaqwaan, pengetahuan dan kecakapan yang diabdikan sebagai upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan memajukan kesejahteraan ummat dalam rangka mencari keridhaan Allah SWT. Banyak pengajian yang dilaksanakn ibu-ibu secara rutin, ada yang mingguan  bahkan ada yang sampai 3 kali dalam seminggu dan ada pula bulanan.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Motivasi apa yang membuat  ibu-ibu sangat antusias dalam mengikuti pengajian ?  Dan Faktor-faktor  apakah yang menyebabkan ibu-ibu sangat antusias mengikuti pengajian di BKMT Kota Palangka Raya ? (2) Bagaimana Implikasi  Ibu-ibu setelah mengikuti pengajian di BKMT Kota Palangka Raya tersebut ?

Adapun pendekatan  yang digunakan adalah kualitatif dengan kajian fenomenologis, dengan menggunakan tehnik Purposive Sampling dan yang dijadikan subjek dalam penelitian ini adalah ibu-ibu yang mengikuti pengajian dengan mengambil ibu-ibu dari pengajian Aisyiyah, Musimat Nahdatul Ulama, Nasyiyatul Asyiyah, Fatayat Nahdatul ulama dan Mar’atus sholehah berjumlah 15 orang, dengan tehnik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa  termotivasinya ibu-ibu mengikuti pengajian di karenakan, ingin menuntut ilmu agama dan memperdalam ilmu agama, menganggap ikut pengajian adalah merupakan ibadah, membuat batin atau jiwa menjadi tenang, menjalin silaturrahmi di antara sesama anggota pengajian, diadakannya arisan sebagai pengikat anggota. Sedangkan Faktor yang mempengaruhi ibu-ibu mengikuti pengajian berasal dari faktor intern dan ekstren.  Adapun impikasi terhadap ibu-ibu setelah mengikuti pengajian,  Rajin bersilaturrahim,  Suka Bersedekah, lebih Sabar menghadapi persoalan dalam keluarga, mengamalkan sholat Tahajut dan sholat Dhuha,  Rajin membaca Al Qur’an,  Rajin mengamalkan zikir-zikir,  Pemaaf kepada teman-teman dan keluarga, memiliki perasaan tenang dan tentram.

Diharapkan setelah mengikuti pengajian Subjek (ibu-ibu) dapat mengimplikasikan segala ilmu yang di dapat, baik untuk diri sendiri, maupun berdampak juga dengan orang lain.

 

Kata Kunci : Motivasi Ibu-ibu, Pengajian, BKMT

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23971/tf.v1i2.794

Refbacks

  • There are currently no refbacks.