KOLABORASI GURU BK DENGAN WALI KELAS DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS V11 DI MTSN BABADAN BARU

yudha fitriani

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah siswa yang mengalami kesulitan belajar. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bentuk dan jenis kolaborasi yang dilakukan guru BK dengan wali kelas dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VII. Penelitian ini merup penelitian kualitatif, dengan subyek penelitian adalah guru BK, wali kelas dan siswa. Sedangkan yang menjadi obyek dalam penelitian ini adalah bentuk dan jenis kolaborasi guru BK dengan wali kelas. Pengumpulan data menggun metode wawancara, observasi, serta dokumentasi. Adapun analisis data yang digun dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu data yang telah terkumpul disusun dan diklasifikasikan sehingga dapat menjawab dari rumusan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kolaborasi guru BK dengan wali kelas dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VII D yaitu bentuk informal. Sedangkan  jenisnya adalah kolaborasi sekunder.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23971/tf.v2i2.992

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editor and Administration Address:

Journal Transformatif (Islamic Studies) is published by Palangka Raya State Islamic Institute

Jl. G. Obos Komplek Islamic Centre Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia, Postal Code 73111, Email: transformatif2018@gmail.com, Website: http://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/TF


Flag Counter
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats