ANALISIS PENGUASAAN KONSEP DAN KESULITAN MATERI MATEMATIKA DALAM UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI MAHASISWA PGMI

Nida Jarmita

Abstract


ABSTRAK

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) membekali kompetensi profesional para mahasiswa melalui beberapa mata kuliah bidang keahlian, khususnya Matematika I dan Matematika II. Dengan mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat memiliki kemampuan dalam melakukan proses pembelajaran matematika dan menguasai konsep matematika secara mendalam. Berdasarkan penelitian terdahulu diperoleh data bahwa penguasaan konsep matematika mahasiswa PGMI masih berada pada kategori rendah. Selain itu, mereka juga mengalami beberapa kesulitan dalam mempelajari konsep-konsep tersebut. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka yang ingin diketahui dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan penguasaan konsep matematika mahasiswa PGMI dan kesulitan-kesulitan apa saja yang dihadapi mahasiswa PGMI dalam menguasai konsep matematika. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes penguasaan konsep dengan soal tes, dan teknik wawancara dengan menggunakan pedoman wawancara terstruktur serta studi dokumentasi. Pengolahan dan analisis data dilakukan dengan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penguasaan konsep matematika masih berada pada kategori rendah. Adapun kesulitan yang dihadapi terutama pada konsep perbandingan, bangun datar dan bangun ruang, hal ini disebabkan karena kurangnya pemanfaatan media yang dapat membantu pembelajaran.

Kata Kunci: Penguasaan Konsep, Kesulitan Materi Matematika, Peningkatan Kompetensi


References


Referensi

BSNP, (2006). Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar.

Jakarta: BNSP.

Canale, M. & Swain, M., Theoritical Bases of Communicative Approaches to Second Language

Teaching and Testing.

Depdiknas, (2003). Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika Sekolah.

Jakarta.

Depdiknas, (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2006 Mata Pelajaran Bahasa

Indonesia. Jakarta.

Firman, H. dan Widodo, A., (2007). Buku Panduan Pendidik Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah

Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Gintings, (2008). Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Humaniora.

Kamari, Nurkhoti’ah dan Yono, (2000). Peningkatan Pendidikan Guru sebagai Upaya

Memantapkan Kualitas Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Kotten, (2005). Upaya Pengembangan Profesional Guru Sekolah Dasar, Jurnal Ilmu

Pendidikan: Penerbit LPTK dan ISPI.

Naga, D. S., (1990). Berhitung, Sejarah dan Perkembangannya. Jakarta: Gramedia.




DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v1i2.10

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Yatin Mulyono (Wa. 081545134438)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.