ANALISIS RESPON GURU DAN PESERTA DIDIK TERHADAP LKPD IPA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING YANG TERINTEGRASI AYAT AL-QURAN DAN HADIST DI SMP ASKHABUL KAHFI

Mia Kumalasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon guru dan peserta didik terhadap LKPD IPA berbasis inkuiri terbimbing pada pembelajaran ipa yang terintegrasi ayat Al-Quran dan Hadist di SMP Askhabul Kahfi. Penelitian ini dilakukan di SMP Askhabul Kahfi pada bulan November 2018. Penelitian menggunakan lembar observasi, lembar kuesioner, wawancara. Lembar kuesioner diberikan kepada 15 orang peserta didik putra dan 15 orang peserta didik putri. Wawancara dilakukan dengan Kepala Sekolah, Guru IPA dan 2 orang peserta didik yang terdiri atas 1 orang peserta didik putra dan 1 orang peserta didik putri. Hasil diperoleh dianalisis dengan metode deskriptif. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa guru dan peserta didik SMP Askhabul Kahfi sangat setuju apabila pembelajaran IPA menggunakan LKPD terintegrasi ayat Al-Quran dan Hadist karena dapat mengaitkan pembelajaran IPA dengan Agama Islam sehingga dapat meningkatkan keimanan peserta didik terhadap Allah SWT.


Keywords


Inkuiri Terbimbing, LKPD, Al-Quran, Hadist

Full Text:

PDF

References


Abell, Sandra, Mariana Martini, and Melissa George. 2010. “International Journal of â€TM That â€TM S What Scientists Have to Do ’: Preservice Elementary Teachers â€TM Conceptions of the Nature of Science during a Moon Investigation.” (December 2014): 37–41.

Adams, Krista L, and Julie A Luft. 2018. “Beginning Chemistry Teachers ’ Depictions of the Chemistry Content.” 13(1): 69–95.

Buccheri & Grazia. 2015. “The Impact of Gender on Interest in Science Topics and the Choice of Scientific and Technical Vocations The Impact of Gender on Interest in Science Topics and the Choice of.” (January 2015): 37–41.

Citradevi, Widyatmoko, & Khusniati. 2017. “The Effectiveness Of Project Based Learning ( Pjbl ) Worksheet To Improve Science Process Skill For Seven Graders Of Junior High School In The Topic Of Environmental Pollution.” 6(3): 1677–85.

Heywood, Dave, and Joan Parker. 2010. “International Journal of Describing the Cognitive Landscape in Learning and Teaching about Forces.” (October 2014): 37–41.

Irawan, P. 2006. Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Departemen Ilmu Adaministrasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, UI.

Latifah, S., & Ratnasari. 2016. Pengembangan Modul IPA Terpadu Terintegrasi Ayat-Ayat Al-Qur’an pada Materi Tata Surya. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. 7(1) 25-33

Maghfiroh, Anisa. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Fisika Berbasis Scientific Investigation untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Materi Fluida Dinamis Peserta Didik SMA. Skripsi. FMIPA UNY.Yogyakarta

María, José, Fernández Batanero, Miguel María Reyes, and Rocío Piñero. 2018. “Design , Application and Evaluation of a Technological Instrument about Environmental Education.” 13(7): 579–88.

Murtono . 2005. Pendidikan Sians dalam Al-Quran. Jurnal Pendidikan Agama Islam 2(2).

Nurochim. 2016. Sekolah Berbasis Pesantren Sebagai Salah Satu Model Pendidikan Islam Dalam Konsepsi Perubahan Sosial. Al-Tahrir. 16(1). hlm 69-88

Rizal, A.S. 2011. Transformasi Corak Edukasi Dalam Sistem Pendidikan Pesantren, Dari Pola Tradisi Ke Pola Modern. Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim Vol. 9 No. 2.

Setyosari, P. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana

Siswadi. 2014. Pengaruh Pendekatan VAK (Visualization, Auditory, Kinestetic) terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMPN 10 Mataram tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. Tidak Dipublikasikan. Universitas Mataram: Mataram.

Siswadi., Susilawati., & Hikmawati. 2018. Pengaruh Pendekatan Vak (Visualization, Auditory, Kinestetic) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Smpn 10 Mataram. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. 4(1).

Sugiyono. 2013. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Wahyuningsih, S., Rusilowati, A., & Nathan Hindarto. 2017. “ANALYSIS OF MISCONCEPTION TO SCIENCE LITERACY USING THREE- TIER MULTIPLE CHOICE TEST IN THE MATERIALS OF.” 6(3): 1736–43.

Widyaningsih, S.W., & Yusuf, I. Penerapan Pembelajaran Listrik Dinamis Model Kooperatif Tipe STAD Menggunakan Pendekatan CTL dengan Integrasi Nilai-nilai Karakter Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pancaran. 4(2). 2015: 223-234




DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v7i1.1034

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Yatin Mulyono (Wa. 081545134438)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.