PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK
Abstract
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Referensi
Akdon. (2005). Aplikasi Statistika dan Metode Penelitian Untuk Administrasi dan Manajemen.
Bandung : Dewa Ruchi.
Badan Standar Nasional Pendidikan. (2007). Permendiknas RI Nomor 41 Tahun 2007 Tentang
Standar Proses untuk Satuan pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Carilah. (2005). Pembelajaran dengan Pendekatan Pemecahan Masalah Sebagai Upaya
Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa SMA di Bandung. Tesis Magister pada
Sekolah Pascasarjana UPI Bandung : tidak diterbitkan.
Charbonneau, Manon P. (1995). The Integrated Elementary Classroom, a developmental Model
of education for the 21st century. United States: A Simon & Schuster Company
Dahar, Ratna Wilis. (1989). Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga
Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Model Pembelajaran Tematik Kelas Awal Sekolah
Dasar. Jakarta : PUSKUR BALITBANG DEPDIKNAS.
Diana, Nirva, (1999). Pengembangan Model Pembelajaran Terpadu Jaring Laba-laba di
Sekolah Dasar, Lampung: Penelitian Tindakan Pada Sekolah Dasar Di Kotamadya
Bandar Lampung.
Erpan, dkk. (2006). Pembelajaran Tematik Untuk Sekolah Dasar Kelas III. Jakarta : CV. Alam
Sakti Persada Global.
Fogarty, Robin. (1991). The Mindful School. How to Integrate the Curricula. Palatine,Illinois:
IRI/Skylight Publishing,Inc.
Gega, Peter C. (1977). Science in Elementary Education, Third Edition. New York: John Willey
& Sons, Inc
Halimah, Lely. (2000). Pengembangan Model Kurikulum Terpadu dan Implementasinya di
Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Bidang Studi Bahasa Indonesia sebagai Unsur
Pemandu
Hausfather, Samuel J. (1993). “Integrating Instruction around Themes: Knowledge
Construction in an Elementary Classroom”. Paper presented at the Annual meeting of
The American Educational research Association (Atlanta, GA, April 12-16, 1993)
Kheong, F.H. (2007). Math 3B. Singapore: Marshall Cavendish Education.
Kusumah, Y.S. (2008). Konsep, Pengembangan, dan Implementasi Computer-Based Learning
dalam Peningkatan Kemampuan High-Order Mathematical Thinking. Disampaikan
dalam pidato pengukuhan sebagai guru besar pada FMIPA UPI Bandung.
Kutz, R.E. (1991). Annotated Instructor’s Edition, Teaching Elementary Mathematics. Boston
: Allyn and Bacon.
Mikovch, A.K and Monroe, E.E. (1994). “Making Mathematical Connection Across The
Curriculum : Activities to Help Teachers Begin”. School Science and Mathematics. 94
(7).
National Council of Teacher of Mathematics (NCTM). (1989). Curriculum and Evaluation
Standards for School Mathematics. Reston, VA : Authur.
Ruseffendi, E.T. (1998). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta
Lainnya. Semarang:IKIP Semarang Press.
Ruseffendi, E.T. (1991). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya
dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Sa’ud, U.S. (2006). Pembelajaran terpadu. Bahan Belajar Mandiri Pada Program Peningkatan
Kualifikasi Guru SD/MI di Bandung.
Hendrawati, S. (2010). “Penerapan Model Pembelajaran Tematik Tipe Spider Webbed untuk
meningkatkan Penguasaan Konsep IPA Siswa Kelas II SD”. Jurnal Studi Agama dan
Masyarakat. Vol. 7. No. 2. (107-153).
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kulaitatif, R&D.
Bandung: Alfabeta.
Sugiarto, J. dkk. (2007). Terampil Berhitung Mtematika untuk SD Kelas III. Jakarta: Penerbit
Erlangga.
Suhendra, (2005). Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Kelompok Belajar Kecil untuk
Mengembangkan Kemampuan Siswa SMA Pada Aspek Problem Solving Matematika.
Tesis Magister pada Sekolah Pascasarjana UPI Bandung : tidak diterbitkan.
Suherman, dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : JICA UPI
Bandung.
Sukayati. (2004). Pembelajaran Tematik di SD Merupakan Terapan dari Pembelajaran
Terpadu. Makalah pada Diklat Instruktur/Pengembang Matematika SD Jenjang
Lanjut, Yogyakarta.
Sukayati. (2004). Contoh Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Makalah pada
Diklat Instruktur/Pengembang Matematika SD Jenjang Lanjut, Yogyakarta.
Sumantri, Mulyani. dan Permana,Djohar. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : CV
Maulana
Sumarmo, U. (2003). Daya dan Disposisi Matematika: Apa, Mengapa, dan Bagaimana
Dikembangkan pada Siswa Sekolah Dasar dan Menengah. Makalah disajikan pada
Seminar Sehari di Jurusan Matematika ITB.
A. Susanti, D. (2008). Pembelajaran Tematik Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar
Matematika Siswa Kelas 3 SD Negeri 034 Samarinda Ulu. [Online]. Tersedia http://one.indoskripsi.com/skripsi/judul-skripsi-jurusan/pendidikanmatematika. [15
Januari 2009].
Tim Pengembang PGSD. 1997. Pembelajaran Terpadu D-II dan S-II Pendidikan Dasar.
Jakarrta: Dirjen Dikti, Bagian Proyek Pengembangan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta : Prestasi
Pustaka.
Turmudi. (2008). Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika (Berparadigma
Eksploratif dan Investigatif). Jakarta: Leuser Cita Pustaka.
Uyanto, S.S. (2006). Pedoman Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Yaniawati, Poppy. (2001). Pembelajaran Dengan Pendekatan Open-Ended dalam Upaya
Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa. Tesis Magister pada Sekolah
Pascasarjana UPI Bandung : tidak diterbitkan.
DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v1i2.11
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Contact Person:
Yatin Mulyono (Wa. 081545134438)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.