PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK

Atin Supriatin

Abstract


ABSTRAK Penelitian kuasi eksperimen ini dilakukan di MIN Model Pahandut Palangka Raya dengan tujuan untuk mengetahui peranan model pembelajaran tematik untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis pada siswa MIN kelas III. Desain penelitian ini adalah non equivalent control grup design dengan satu kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran tematik dan satu kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan/N-Gain kemampuan koneksi matematis siswa kelas tematik (0,48) lebih tinggi dibandingkan N-Gain kemampuan koneksi matematis siswa kelas konvensional (0,31). Peningkatan kemampuan koneksi matematis tersebut dipengaruhi oleh penerapan model pembelajaran tematik. Kata Kunci: Koneksi Matematis dan Pembelajaran Tematik.


References


Referensi

Akdon. (2005). Aplikasi Statistika dan Metode Penelitian Untuk Administrasi dan Manajemen.

Bandung : Dewa Ruchi.

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2007). Permendiknas RI Nomor 41 Tahun 2007 Tentang

Standar Proses untuk Satuan pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Carilah. (2005). Pembelajaran dengan Pendekatan Pemecahan Masalah Sebagai Upaya

Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa SMA di Bandung. Tesis Magister pada

Sekolah Pascasarjana UPI Bandung : tidak diterbitkan.

Charbonneau, Manon P. (1995). The Integrated Elementary Classroom, a developmental Model

of education for the 21st century. United States: A Simon & Schuster Company

Dahar, Ratna Wilis. (1989). Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga

Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Model Pembelajaran Tematik Kelas Awal Sekolah

Dasar. Jakarta : PUSKUR BALITBANG DEPDIKNAS.

Diana, Nirva, (1999). Pengembangan Model Pembelajaran Terpadu Jaring Laba-laba di

Sekolah Dasar, Lampung: Penelitian Tindakan Pada Sekolah Dasar Di Kotamadya

Bandar Lampung.

Erpan, dkk. (2006). Pembelajaran Tematik Untuk Sekolah Dasar Kelas III. Jakarta : CV. Alam

Sakti Persada Global.

Fogarty, Robin. (1991). The Mindful School. How to Integrate the Curricula. Palatine,Illinois:

IRI/Skylight Publishing,Inc.

Gega, Peter C. (1977). Science in Elementary Education, Third Edition. New York: John Willey

& Sons, Inc

Halimah, Lely. (2000). Pengembangan Model Kurikulum Terpadu dan Implementasinya di

Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Bidang Studi Bahasa Indonesia sebagai Unsur

Pemandu

Hausfather, Samuel J. (1993). “Integrating Instruction around Themes: Knowledge

Construction in an Elementary Classroom”. Paper presented at the Annual meeting of

The American Educational research Association (Atlanta, GA, April 12-16, 1993)

Kheong, F.H. (2007). Math 3B. Singapore: Marshall Cavendish Education.

Kusumah, Y.S. (2008). Konsep, Pengembangan, dan Implementasi Computer-Based Learning

dalam Peningkatan Kemampuan High-Order Mathematical Thinking. Disampaikan

dalam pidato pengukuhan sebagai guru besar pada FMIPA UPI Bandung.

Kutz, R.E. (1991). Annotated Instructor’s Edition, Teaching Elementary Mathematics. Boston

: Allyn and Bacon.

Mikovch, A.K and Monroe, E.E. (1994). “Making Mathematical Connection Across The

Curriculum : Activities to Help Teachers Begin”. School Science and Mathematics. 94

(7).

National Council of Teacher of Mathematics (NCTM). (1989). Curriculum and Evaluation

Standards for School Mathematics. Reston, VA : Authur.

Ruseffendi, E.T. (1998). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta

Lainnya. Semarang:IKIP Semarang Press.

Ruseffendi, E.T. (1991). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya

dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Sa’ud, U.S. (2006). Pembelajaran terpadu. Bahan Belajar Mandiri Pada Program Peningkatan

Kualifikasi Guru SD/MI di Bandung.

Hendrawati, S. (2010). “Penerapan Model Pembelajaran Tematik Tipe Spider Webbed untuk

meningkatkan Penguasaan Konsep IPA Siswa Kelas II SD”. Jurnal Studi Agama dan

Masyarakat. Vol. 7. No. 2. (107-153).

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kulaitatif, R&D.

Bandung: Alfabeta.

Sugiarto, J. dkk. (2007). Terampil Berhitung Mtematika untuk SD Kelas III. Jakarta: Penerbit

Erlangga.

Suhendra, (2005). Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Kelompok Belajar Kecil untuk

Mengembangkan Kemampuan Siswa SMA Pada Aspek Problem Solving Matematika.

Tesis Magister pada Sekolah Pascasarjana UPI Bandung : tidak diterbitkan.

Suherman, dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : JICA UPI

Bandung.

Sukayati. (2004). Pembelajaran Tematik di SD Merupakan Terapan dari Pembelajaran

Terpadu. Makalah pada Diklat Instruktur/Pengembang Matematika SD Jenjang

Lanjut, Yogyakarta.

Sukayati. (2004). Contoh Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Makalah pada

Diklat Instruktur/Pengembang Matematika SD Jenjang Lanjut, Yogyakarta.

Sumantri, Mulyani. dan Permana,Djohar. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : CV

Maulana

Sumarmo, U. (2003). Daya dan Disposisi Matematika: Apa, Mengapa, dan Bagaimana

Dikembangkan pada Siswa Sekolah Dasar dan Menengah. Makalah disajikan pada

Seminar Sehari di Jurusan Matematika ITB.

A. Susanti, D. (2008). Pembelajaran Tematik Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar

Matematika Siswa Kelas 3 SD Negeri 034 Samarinda Ulu. [Online]. Tersedia http://one.indoskripsi.com/skripsi/judul-skripsi-jurusan/pendidikanmatematika. [15

Januari 2009].

Tim Pengembang PGSD. 1997. Pembelajaran Terpadu D-II dan S-II Pendidikan Dasar.

Jakarrta: Dirjen Dikti, Bagian Proyek Pengembangan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta : Prestasi

Pustaka.

Turmudi. (2008). Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika (Berparadigma

Eksploratif dan Investigatif). Jakarta: Leuser Cita Pustaka.

Uyanto, S.S. (2006). Pedoman Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yaniawati, Poppy. (2001). Pembelajaran Dengan Pendekatan Open-Ended dalam Upaya

Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa. Tesis Magister pada Sekolah

Pascasarjana UPI Bandung : tidak diterbitkan.




DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v1i2.11

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Yatin Mulyono (Wa. 081545134438)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.