Dampak SSCS model dengan metode reward and punishment terhadap kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak pengaruh model pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) dengan Metode Reward and Punishment terhadap kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, jenis penelitian Quasy Experimental Design,dan rancangan penelitian yang digunakan posttest only controlgroup design. Pengumpulan data dengan teknik tes,dengan instrument tes berupa uraian pada materi relasi dan fungsi. Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII SMPN 01 Belitang Jaya yang terdiri dari 138 siswa yang terbagi menjadi lima kelas. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik masing-masing kelas yaitu 32 siswa. Uji hipotesis menggunkan Uji multivariate analysis of variance (Manova). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pengaruh model pembelajaran SSCS dengan Metode Reward and Punishment berdampak baik terhadap kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 117 times | PDF view : 74 timesReferences
Astuti, N. P. E. F., Suweken, G., & Waluyo, D. (2019). Pengaruh model pembelajaran search, solve, create and share (SSCS) terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VIIII SMP Negeri 1 Banjar. Jurnal pendidikan matemati kaundiksha, 9(2), 84–95.
Casmudi. (2020). Memahami Manajemen dan Manajemen Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Damayanti, P., Hindriana, A. F., & Abidin, Z. (2022). Penerapan model pembelajaran SM2CL untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa. Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi, 14(1), 9–15.
Destyana, V. A., &Surjanti, J. (2021). Efektivitas penggunaan google classroom dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 1000–1009.
Dimyati, A. (2020). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model SSCS problem solving dengan metode hypnoteaching. Supermat (Jurnal Pendidikan Matematika), 4(1), 1–15.
Erlistiani, M., Syachruroji, A., & Andriana, E. (2020). Penerapan model pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create and Share) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 13(2), 161–168.
Firdaus, F. (2020). Esensi reward dan punishment dalamdiskursus pendidikan agama islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(1), 19–29.
Hidayat, W., & Sari, V. T. A. (2019). Kemampuan berpikir kritis matematis dan adversity quotient siswa SMP. Jurnal Elemen, 5(2), 242–252.
Hidayati, B. N., &Zulandri, Z. (2021). Efektifitas LKPD elektronik sebagai media pembelajaran pada masa pandemi covid-19 untuk guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2).
Khoir, N., Nikmatul, D. J., Fu’ad, S. N., Setiawan, S., Septianingsih, T., &Rohmawati, A. (2019). Upaya meningkatkan minat belajar siswa melalui metode reward and punishment di MTs.Jurnal Factor M: Focus Action of Research Mathematics, 1(2), 160–178.
Kusyairy, U., & Culo, S. (2018). Meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui pemberian reward and punishment. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 6(2), 81–88.
Lestari, F., Putri, A. D., & Wardani, A. K. (2019). Identifikasi kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII menggunakan soal pemecahan masalah. Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 2(2), 62–69.
Mahmuzah, R., Ikhsan, M., &Yusrizal, Y. (2014). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis siswa smp dengan menggunakan pendekatan problem posing. Jurnal Didaktik Matematika, 1(2).
Martyanti, A., &Suhartini, S. (2018). Etnomatematika: menumbuhkan kemampuan berpikir kritis melalui budaya dan matematika. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(1), 35–41.
Meika, I., Ramadina, I., Sujana, A., & Mauladaniyati, R. (2021). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran SSCS. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 383–390.
Meilindawati, R., Netriwati, N., &Andriani, S. (2021). Model pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS): Dampak terhadap kemampuan penalaran matematis dan motivasi belajar peserta didik. JURNAL e-DuMath, 7(2), 93–101.
Mursyidah, R., Muharrami, L. K., Rosidi, I., &Hadi, W. P. (2019). Pengaruh model pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) Terhadap keterampilan generik sains peserta didik. Natural Science Education Research, 2(1), 85–96.
Ningtiyas, P. W., &Surjanti, J. (2021). Pengaruh motivasi belajar dan kemandirian belajar peserta didik terhadap hasil belajar ekonomi pada pembelajaran daring dimasa Covid-19. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1660–1668.
Purwanto, N (2014). Ilmu pendidikan teoritis dan praktis. Jakarta: Remaja Rosdakarya.
Putriyana, A. W., Auliandari, L., &Kholillah, K. (2020). Kelayakan lembar kerja peserta didik berbasis model pembelajaran Search, Solve, Create and Share pada praktikum materi fungi:(the feasibility of students’ worksheet based on search, solve, create and share instructional model in fungi practicum material). BIODIK, 6(2), 106–117.
Qudsyi, H., Indriaty, L., Herawaty, Y., Khaliq, I., & Setiawan, J. (2022). Pengaruh metode pembelajaran kooperatif (cooperative learning) dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa SMA. Proyeksi: JurnalPsikologi, 6(2), 34–49.
Rafianti, I., Iskandar, K., &Haniyah, L. (2020). Pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) untuk meningkatkan pemahaman konsep dan disposisi matematis siswa. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 97–110.
Rahmawati, N. T., Junaedi, I., &Kurniasih, A. W. (2013). Keefektifan model pembelajaran SSCS berbantuan kartu masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(3).
Rosyid, A., &Wahyuni, S. (2021). Metode reward and punishment sebagai basis peningkatan kedisiplinan siswa madrasah diniyyah. intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 11(2), 137–157.
Salehha, O. P., Khaulah, S., &Nurhayati, N. (2022). Pengaruh model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa berbantuan kartu domino. JurnalCendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 81–93.
Sulistiani, S., Ramlawati, R., &Yunus, S. R. (2020). Pengaruh reward and punishment score dalam pembelajaran kooperatif tipe tai (team assisted individualization) terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII. Jurnal IPA Terpadu, 3(2).
Suminah, S., Gunawan, I., &Murdiyah, S. (2018). Peningkatan hasil belajar dan motivasi belajar siswa melalui pendekatan behavior modification. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 3(2), 221–230.
Syafitri, V., &Siska, L. (2022). Penerapan model pembelajaran problem basesd learning dengan pendekatan open ended terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas IX SMP. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(8), 683–688.
Umam, K. (2018). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa melalui pembelajaran reciprocal teaching. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 3(2), 57–61.
Uno, H. B. (2021). Teorimotivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Malang: Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v11i1.3813
Article Metrics
Abstract view : 117 timesPDF - 74 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Contact Person:
Luvia Ranggi Nastiti (Can't talk, WhatsApp only +62 811520115)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.