PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI FLUIDA STATIS

Muslem Muslem, M. Hasan, Rini Safitri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kelayakan LKPD berbasis PBL pada materi fluida statis di MAN 2 Meulaboh. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan jenis ADDIE. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar validitas pakar konten, penyajian dan bahasa. Data penelitian yang didapatkan dianalisis secara deskriptif persentase. Hasil uji kelayakan LKPD oleh pakar konten mencapai 84,10%, pakar penyajian mencapai 88,21%, dan pakar bahasa mencapai 89,17%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD berbasis PBL layak diterapkan untuk jenjang SMA/MA.


Keywords


LKPD, PBL, Fluida Statis

Full Text:

PDF

References


Amalia, Y.D., Asrizal dan Zulhendri K. 2014. Pengaruh Penerapan LKS Beorientasi Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kompetensi Siswa kelas X SMA N 1 Gunung Talang. Pillar of Phiysics Education, (2),17-24.

Celikler, D. 2010. The Effect of Worksheets Developed for the Subject of Chemical Compounds on Student Achievement and Permanent Learning. The International Journal of Research in Teacher Education, 1(1):42-51

Fannie, R.D dan Rohati. 2014. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis POE (Predict, Observe, Explain) Pada Materi Program Linear Kelas XII SMA. Jurnal Sainmatika, 8(1) 910-979

Indriani, W., Murtiani, & Gusnaedi. 2014. Pengaruh Penerapan LKS Berbasis Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) terhadap Keterampilan Berpikir kreatif Siswa. Pillar of Physics Education. 2: 145-152.

Nata, A. 2011. Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Ozmen, H., & N. Yidirim. 2005. Effect of Work Sheet on Student’s Success: Acids and Based Sample. Jurnal of Turkish Science Education 2(2): 10-13. Tersedia di http://www.tused.org/internet/tused/tusedv2i2s4 [diakses 26-6-2015]

Pariska, I. S., S. Elniati, & Syafriandi. 2012. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1): 75-80. Tersedia di http://ejournal.unp.ac.id/student/index.php/pmat/article/download/1167/859 [diakses 25-6-2015]

Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogjakarta: Diva Press.

Salirawati, D. 2004. Penyusunan dan Kegunaan LKS dalam Proses Pembelajaran. Diakses dari http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/das-salirawati-msi-dr/19penyusunnan-dan-kegunaan-lks.pdf pada tanggal 14 Juni 2015.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Widjajanti, E. 2008. Kualitas Lembar Kerja Siswa. Makalah disampaikan dalam Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat, FMIPA UNY, 22 Agustus 2008. Online. Tersedia di http://staff.uny.ac.id/system/files/pengabdian/endang-widjajanti-lfx-ms-dr/kualitas-lks.pdf [diakses tanggal 15 Desember 2014]

Yasir, M. Endang S., dan Isnawati. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Strategi Belajar Metakognitif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pewarisan Sifat Manusia. Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Online Bio Edu, 2(1):1-13.

Yildirim, N., K. Sevil, & A. Alipasa. 2011. The Effect of The Worksheet on Students’ Achievement In Chemical Equilibrum. Journal of Turkish Science Education 8(3):44. Tersedia di www.connection.ebscohost.com [diakses 2-8-2015]

Yulianti , D dan Wiyanto. 2009. Perancangan Pembelajaran Inovatif. Semarang: LP2M Universitas Negeri Semarang.




DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v7i1.1111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Yatin Mulyono (Wa. 081545134438)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.