PERUMUSAN TUJUAN PEMBELAJARAN DAN SOAL KOGNITIF BERORIENTASI PADA REVISI TAKSONOMI BLOOM DALAM PEMBELAJARAN FISIKA

Sri Fatmawati

Abstract


ABSTRAK Tulisan ini bertujuan mendeskripsikan revisi taksonomi Bloom dan mengaplikasikannya pada pembelajaran fisika terutama dalam perumusan tujuan pembelajaran fisika dan menyusun butir soal kognitif fisika. Metode penulisan yaitu kajian literatur terhadap Revisi Taksonomi Bloom. Revisi Taksonomi melakukan pemisahan yang tegas antara dimensi pengetahuan dengan dimensi proses kognitif. Dimensi pengetahuan dibedakan dalam empat jenis/dimensi pengetahuan yaitu Faktual, Konseptual, Prosedural dan Metakognif, sedangkan dimensi proses kognitif terdiri dari 6 (enam) proses yaitu Mengingat (C1), Memahami (C2), Mengaplikasikan (C3), Menganalisis (C4), Mengevaluasi (C5) dan Mencipta (C6). Dimensi proses kognitif ini masing-masing diklasifikasikan dalam kategori-kategori. Fokus aplikasi revisi taksonomi Bloom dalam tulisan ini adalah mengkonstruksi tujuan pembelajaran fisika dan butir soal kognitif. Bagaimanapun para guru/calon guru membutuhkan contoh konkrit dalam mengaplikasikan revisi taksonomi Bloom dalam pembelajaran fisika. Salah satu topik fisika ditingkat sekolah menengah pertama yaitu listrik dinamis diambil untuk menjadi contoh dalam tulisan ini. Kata Kunci: Revisi taksonomi Bloom, pembelajaran fisika, listrik dinamis


References


Referensi

Anas Sudijono, 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan, Raja Grafindo Persada, Jakarta..

Omer Faruk Tutkun dkk. 2012. Bloom’s Revized Taxonomy and Critics on It. TOJCE: The

Online Journal of Counselling and Education - July 2012, Volume 1, Issue 3

Marthen Kanginan, 2003, Fisika SLTP, Erlangga, Jakarta

Lorin W. Anderson dan David R. Krathwohl, 2010, Kerangka Landasan untuk Pembelajaran,

Pengajaran dan Asesmen Revisi Taksonomi Bloom. Pustaka Belajar, Yogyakarta

Supriyadi, 2003, Kajian Penilaian Pencapaian Belajar Fisika, IMSTEP, UNY.




DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v1i2.13

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Yatin Mulyono (Wa. 081545134438)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.