PROFIL KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF DITINJAU DARI KEMAMPUAN AKADEMIK MAHASISWA

Kusnia Patmawati, Nella Puspitasari, Shofia Nur Mutmainah, Baskoro Edi Prayitno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui profil kemampuan berfikir kreatif pada universitas Surakarta dan (2) mengetahui perbedaan kemampuan berfikir kreatif  antara mahasiswa berkemampuan akdemik atas dan bawah. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data survei. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa progam studi pendidikan biologi angakatan 2018 pada semester 2 di Universitas Surakarta yang berjumlah 63 mahasiswa. Analisis data penelitian ini mengggunakan analisis diskriptif untuk mengetahui profil kemampuan berfikir kreatif mahasiswa dan untuk mengetahui perbedaan keterampilan berfikir kreatif antara mahasiswa berkemampuan akdemik atas dan bawah menggunakan analisis T-Test independen. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemapuan berfikir kreatif mahasiswa pendidikan biologi dalam kateori baik (81,3). Hasil setiap indicator menunjukan bahwa indikator fluency dalam kategori baik (93), flexibility dalam kateogori baik (75.75), originality dalam kategori baik (74) dan elaboration dalam kategori cukup (60). Hasil T-Test penelitian ini adalah nilai sig.0,46>0,05 yang menunjukan bahwa tidak ada perbedaan mahasiswa berkemampuan perbedaan kemampuan berfikir kreatif antara mahasiswa berkemampuan akdemik atas dan bawah.


Keywords


Berfikir Kreatif, Fluency, Elaboration, Originality, Flexibility

Full Text:

PDF

References


Asmara, R., Susantini, E., & Rahayu, Y. S. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berorientasi Pendekatan Tasc (Thinking Actively In Social Conteks) Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Jpps (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 5(1), 855-891.

Birgili, B. 2015. Creative and Critical Thinking Skills in Problem-based Learning Environments. Gifted Education and Creativity, 2(2), 71–80.

Chang, Y. L., Chen, H. C., Wu, I. C., Chang, J. H., & Wu, C. L. 2017. Developmental trends of divergent thinking and feeling across different grades for Taiwanese adolescence between 1990’s and 2010’s. Thinking Skills and Creativity, 23, 112-128.

Fatmawati, Baiq. 2011. Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Jurnal Pengajaran MIPA, 16 (2). 85-92.

Hamdani, A. S. 2016. Pengembangan Kreativitas Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Dengan Masalah Terbuka (Open Ended Problem). Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 7(3).

Hidayatum, Nuning. 2011. Penerapan E-Module Berbasis Problem-Based Learing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Dan Mengurangan Miskonsepsi Siswa Pada Materi Ekologi. Skripsi. Tidak diterbitkan.

Honeck, E. 2016. Inspiring creativity in teachers to impact students. Torrance Journal for Applied Creativity, 1(2), 33-39.

Kim, K. H. 2006. Struktur Laten dan Pengukuran Invarian Dari Skor Torrance: SAGE Juornal of Psicologi and Education assesment, Vol 66, Number 3, Pages 459-477.

Kusumaningrum, S., & Djukri, D. 2016. Pengembangan perangkat pembelajaran model project based learning (PjBL) untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan kreativitas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 241-251.

Purnamaningrum, A., & Probosari, R. M. 2012. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif melalui problem based learning (PBL) pada pembelajaran biologi siswa kelas X-10 SMA negeri 3 surakarta tahun pelajaran 2011/2012. Pendidikan Biologi Volume 4, Nomor 3, 4(3), 39-51.

Riyadi, S.A., Dharmono., Naparin, Akhmad., dan Zaini Muhammad. 2018. Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Pendidikan Biologi dalam Penyelesaian Masalah Ekologi Hewan Student’s Creative Thinking Ability of Biology Education Students in Problem Solving about Animal Ecology. BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(1) 40 – 44.

Shade, R & Shade, P.G. 2016. The Importance of IQ, MIQ, EQ, HQ & CQ!. Torrance Journal for Applied Creativity, 1(2), 39-49.

Silaban, R., & Napitupulu, M. A. 2012. Pengaruh media mind mapping terhadap kreativitas dan hasil belajar kimia siswa SMA pada pembelajaran menggunakan advance organizer.-

Sumartini, T. S. 2019. Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa melalui Pembelajaran Mood, Understanding, Recall, Detect, Elaborate, and Review. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 13-24.

Yoon, C. H. 2017. A validation study of the Torrance Tests of Creative Thinking with a sample of Korean elementary school students. Thinking Skills and Creativity, 26, 38-50.




DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v7i2.1386

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Yatin Mulyono (Wa. 081545134438)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.