PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TARI BAMBU DIPADUKAN DENGAN CRH

Suherman Suherman, Nirva Diana

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Tari Bambu dipadukan dengan CRH terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi segi empat dan segitiga. Populasi penelitian ini berjumlah 160 siswa. Jenis penelitian ini adalah Quasy Eksperiment Design. Instrumen pengumpulan data berupa soal tes pemahaman konsep, wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji Anova Satu Jalan dan dan analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menyebutkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan model pembelajaran Tari Bambu dipadukan dengan CRH lebih baik daripada menerapkan pembelajaran konvensional. Model Tari Bambu dapat memberikan informasi secara merata. Model pembelajaran CRH mampu membuat siswa menjadi senang ketika pembelajaran berlangsung.


Keywords


Pemahaman Konsep Matematis, Tari Bambu, CRH, Segi Empat dan Segi Tiga

Full Text:

PDF

References


Agustina, L. 2016. Upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika peserta didik SMP Negeri 4 Sipirok kelas VII melalui pendekatan matematika realistik (PMR). EKSAKTA: Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 1(1).

Amelia, R. (2018). Pengaruh Model Bamboo Dancing Terhadap Komunikasi Matematika Siswa Kelas Vii Smp Swasta PAB 3 Saentis TP 2017/2018.

Anggraeni, D. 2011. Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay pada Siswa Kelas IV SD Negeri Sekaran 01 Semarang (Inproving Social Instructional Quality by Cooperative Model, Course Review Horay Type At Fourth SDN. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 1(2).

Arsani, N. W., Putra, D. B. K. N. S., & Ardana, I. K. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. International Journal of Elementary Education, 2(3), 183-191.

Astuti, A., & Mannahali, M. 2018. Peningkatan Keterampilan Menulis Kalimat Bahasa Jerman Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH). Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 2(1).

Candani, D. W. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tari Bambu Kelas V Pada SDN 5 Pahandut PalangkarayaTahun Pelajaran2014/2015.

Dewi, R. 2017. Upaya Meningkatkan Minat Membaca Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tari Bambu pada Kompetensi Dasar Menanggapi Isi Cerita Secara Lisan Bidang Studi Bahasa Indonesia Di Kelas III SDN 060819 Kec. Medan Kota. Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED, 7(4), 544-565.

DewiI, Y. H., Laihat, L., & Hawa, S. 2019. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Bamboo Dancing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV pada Materi Bangun Datar Di SD Negeri 24 Talang Kelapa (Doctoral dissertation, Universitas Sriwijaya).

Eliyah, S., Isnani, I., & Utami, W. B. 2018. Keefektifan Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Power Point Terhadap Kepercayaan Diri Dan Prestasi Belajar. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 4(2), 131-140.

Fauziah, S. 2019. Penerapan model Cooperative Learning Tipe Bamboo Dancing untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam: Penelitian tindakan kelas di kelas V MI Plus Darul Hufadz Kabupaten Sumedang (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Fiyany, F. N. 2018. Keefektifan Model Pembelajaran Bamboo Dancing dan Jigsaw Ditinjau Dari Hsail Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. JTAM| Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika, 2(1), 76-86.

Idris, A., Aneta, A., & Moonti, U. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 1 Telaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Jurnal Pascasarjana, 2(2), 206-210.

Isnaini, L. K., Indiati, I., & Sugiyanti, S. 2019. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bamboo Dancing Terhadap Hasil Belajar Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Matematis. Senatik, 362-369.

Kasna, I. M. F. P., Sudhita, I. W. R., & Rati, N. W. 2015. Penerapan Model Pembelajaran CRH (Course Review Horay) dengan Bantuan Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas II SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1).

Kurniawati, E., Hartanto, H., & Zamzaili, Z. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction (Arias) Integratif dan Kemampuan awal Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika Peserta didik Sekolah Menengah Pertama di Kepahiang. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(2).

Lestari, D., Munawaroh, M., & Handoko, H. 2019. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Bamboo Dancing Berbantuan Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Integral: Pendidikan Matematika, 10(1), 28-39.

Megantara, M. I., Asnawati, R., & Gunowibowo, P. 2017. Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematic Education Ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 5(7).

Novalia, M. Syazali. 2014. Olah Data Penelitian Pendidikan. Bandar Lampung: Aura.

Novitasari, D. 2017. Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi Melalui Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Bamboo Dancing (Tari Bambu) Kelas XI IPS 3 SMA Negeri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2016/2017. SOSIALITAS; Jurnal Ilmiah Pend. Sos Ant, 7(2).

Payani, N. M. D., Pudjawan, K., & Suarjana, M. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Sangsit. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1).

Purwaningrum, G. E. 2012. Studi Komparasi Hasil Belajar Matematika Antara Pembelajaran Strategi Course Review Horay dengan Index Card Match pada Siswa Kelas IV SD Negeri Sambeng 1 Tahun Ajaran 2011/2012. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Purwanti, R. D., Pratiwi, D. D., & Rinaldi, A. 2016. Pengaruh Pembelajaran Berbatuan Geogebra terhadap Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 115-122.

Puspitasari, E. 2018. Implementasi Model Pembelajaran Tari Bambu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas VII-Shofa MTs Mafatihul Huda Depok Cirebon. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 7(1).

Putra, I. K. D. A. S., & Margunayasa, I. G. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Peta Pikiran terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2).

Rahayu, T. P., Wahjoedi, W., & Sudarmiatin, S. 2017. Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (Tgt) Dengan Pendekatan Tematik Untuk Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016.

Saharsa, U., Qaddafi, M., & Baharuddin, B. 2018. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Video Based Laboratory Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 57-64.

Setiana, S. 2012. Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) pada Siswa Kelas V SDN 2 Bulu Lor Jambon Ponorogo Tahun Pelajaran 2012/2013 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).

Sopia, N., Sugiatno, S., & Hartoyo, A. 2019. Pengembangan Pemahaman Konseptual dan Disposisi Matematis Peserta Didik Melalui Penerapan Pendekatan Problem Solving Di SMA. J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 11-20.

Sugiana, I. N., Harjono, A., Sahidu, H., & Gunawan, G. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Media Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa pada Materi Momentum dan Impuls. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(2), 61-65.

Sutarna, N., & Kusdiana, D. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Bamboo Dancing (Tari Bambu) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SDN 1 Cipedes. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 251-260.

Triyanti, M., Harmoko, H., & Lestari, N. 2018. Efektivitas Model Pembelajaran Course Review Horay terhadap Hasil Belajar Biologi dan Motivasi Siswa Kelas X SMA Negeri Jayaloka. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 9(2), 99-108.

Uno, B.H. Koni, S. 2013. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyuningtyas, D. T. 2017. Meningkatkan Keaktifan Belajar Bilangan Bulat SISWA Kelas V Melalui Model Pembelajaran Bamboo Dancing. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 3(2).

Yudha, R. P. 2018. Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Antara Model Pembelajaran Tari Bambu Dengan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (Studi pada Pokok Bahasan Program Linear). Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 7(1).

Yuniari, N. W., Wibawa, I. M. C., & Japa, I. G. N. 2017. Pengaruh Model Bamboo Dancing Berbantuan Lingkungan Sekitar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2).




DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v7i2.1407

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Yatin Mulyono (Wa. 081545134438)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.