PENGARUH LEARNING CYCLE 5E BERBANTUAN PERMAINAN MONOPOLI FISIKA BERPOIN (MOKAIN) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK SMA

Agus Budiyono, Moh. Afiful Hair, Arin Wildani, Firdausiyah Firdausiyah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dampak penggunaan permainan monopoli fisika berpoin pada model Learning Cycle 5E. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen menggunakan desain kelas ekperimen dan kelas kontrol dengan pemberian tes awal dan tes akhir. Sampel diambil sebanyak dua kelas melalui metode purposive sampling sebanyak 35 peserta didik pada kelas kontrol dan 35 peserta didik pada kelas kontrol. Data dikumpulkan menggunakan intrumen tes penguasaan konsep dan dampaknya dianalisis menggunakan effect size. Hasil penelitian menunjukkan penguasaan konsep peserta didik pada kelas eksperiman berada pada kategori sedang, yaitu sebesar 0,4 yang artinya 18% penguasaan konsep peserta didik dipengaruhi oleh model Learning Cycle 5E berbantuan permainan monopoli fisika berpoin, sedangkan penguasaan konsep peserta didik pada kelas kontrol berada pada kategori rendah, yaitu sebesar 0,1 yang berarti model Learning Cycle 5E tanpa berbantuan permainan monopoli fisika berpoin hanya berpengaruh sebesar 1%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa permainan monopoli fisika berpoin pada model pembelajaran Learning Cycle 5E berpengaruh positif terhadapa penguasaan konsep fisika peserta didik.


Keywords


Model Learning Cycle 5E, Monopoli Fisika Berpoin, Penguasaan Konsep

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 140 times | PDF view : 75 times

References


Abdurrahman, A., Saregar, A., & Umam, R. 2018. The Effect of Feedback as Soft Scaffolding on Ongoing Assessment toward the Quantum Physics Concept Mastery of the Prospective Physics Teachers. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(1), 41-47.

Amory, A., & Seagram, R. 2003. Educational game Models: Conceptualization and Evaluation : the practice of Higher Education. South African Journal of Higher Education, 17(2), 206–217.

Annetta, L. A. 2010. The “I’s” Have It: A Framework for Serious Educational Game Design. Review of General Psychology, 14(2), 105–113. https://doi.org/10.1037/a0018985

Arifah, U., & Saefudin, A. A. 2017. Menumbuhkembangkan kemampuan pemahaman konsep matematika dengan menggunakan model pembelajaran guided discovery. Union: Jurnal Pendidikan Matematik, 5(3), 263-272.

Arifin, E. G. 2014. Penggunaan Permainan Monopoli Fisika dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. RADIASI: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 4(1), 81–85.

Bergues, J. M., Casamayor, R., & de la Arada, D. A. 2019. Procedure to Introduce the Concept of the Derivative from a Meaningful Learning Perspective. In EDULEARN19 Proceedings 11th International Conference on Education and New Learning Technologies Palma, Spain. 1-3 July, 2019 (pp. 2584-2587). IATED Academy.

Chusni, M. M., Sanjaya, M. R., Assani, Q. M., & Suryani, R. 2018. Belajar dan Pembelajaran Fisika: Seri Peta Konsep, Bagan Konsep dan Peta Pikiran: Vol. I (N. Riyanto, Ed.; No. 1; Issue 1). Pelita Gemilang Sejahtera (PGS). http://digilib.uinsgd.ac.id/21901/

Dahar, R. W. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Erlangga.

Denis, G., & Jouvelot, P. (2005). Motivation-driven Educational Game Design: Applying Best Practices to Music Education. Proceedings of the 2005 ACM SIGCHI International Conference on Advances in Computer Entertainment Technology, 462–465. https://doi.org/10.1145/1178477.1178581.

Dewi, E. C., Suryadarma, I. G. P., & Wilujeng, I. 2018. Using Video Integrated with Local Potentiality to Improve Students’ Concept Mastery in Natural Science Learning. JPhCS, 1097(1), 012001.

Fatimah, I. 2020. The development Of Physics Learning Tools in Vocational High School Based Constructivism Approach Using Learning Cycle 5E Model. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1481, No. 1, p. 012120). IOP Publishing.

Field, A. P. 2009. Discovering Statistics using SPSS. SAGE.

Fitriyawany, F. 2013. Penggunaan Media Permainan Monopoli Melalui Pembelajaran Kooperatif Pada Mahasiswa didik Fisika Fakultas Tarbiyahdengan Konsep Tata Surya. Jurnal Ilmiah Didaktika, 13(2). https://doi.org/10.22373/jid.v13i2.475

Haeroni, H., Susilawati, S., & Rahayu, S. 2019. Remediasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Optik Dengan Teknik CRI Modifikasi Melalui Model Learning Cycle 5E. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5(1), 91-99.

Hartini, S., Misbah, Helda, & Dewantara, D. 2017. The effectiveness of physics learning material based on South Kalimantan local wisdom. In AIP Conference Proceedings (Vol. 1868, No. 1, p. 070006). AIP Publishing LLC.

Irwan, D. 2017. Pengembangan Media Permainan (Game) Monopoli Pada Pembelajaran Fisika Materi Besaran Dan Satuan Pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) (Doctoral dissertation, UIN Ar-RAniry Banda Aceh).

Jamilah, P. N., Mulyaningsih, N. N., & Bhakti, Y. B. 2020. The Effect of Learning Start Learning Strategy with A Question (LSQ) on the Mastery of Physics Concepts. Bulletin of Educational Science and Technology, 1(1), 20-26.

Khan, K., Aurangzeb, W., & Tahir, T. 2020. Effectiveness of 5es Learning Cycle Model on Students Learning in Physics at Secondary School Level in Pakistan. Global Social Sciences Review, 1, 469-478.

Kemendikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Kemendikbud.

Mardiana, D., Fitriani, R. S., & Lesmana, A. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Silogisme: Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya, 3(3), 88-93.

Mei, M. F., Seto, S. B., & Wondo, M. T. S. 2020. Pembelajaran Kontekstual Melalui Permainan Kelereng pada Siswa Kelas III SD Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian. JUPIKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 61-70.

Nasution, S. W. R. 2018. Penerapan Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Education and Development, 3(1), 1-1.

Nurhudayah, M., Lesmono, A. D., & Subiki, S. 2017. Penerapan Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dalam Pembelajaran Fisika SMA di Jember (Studi pada Keterampilan Proses Sains dan Keterampilan Berpikir Kritis). Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(1), 82-88.

Pratiwi, N.W. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E pada Materi Fluida Statis Siswa Kelas X SMA. Inovasi Pendidikan Fisika, 3(2).

Purwanto, M., Sari, I. M., & Husna, H. N. 2012. Implementasi Permainan Monopoli Fisika Sebagai Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Mengetahui Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 17(1), 69. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v17i1.241

Purwanto, P., & Annisa, J. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Menggunakan Media Permainan Monopoli Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa pada Materi Fluida Statis. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 2(2), 34–39. https://doi.org/10.24114/jiaf.v2i2.4368.

Putra, F., Nur Kholifah, I. Y., Subali, B., & Rusilowati, A. 2018. 5e-learning Cycle Strategy: Increasing Conceptual Understanding and Learning Motivation. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 7(2), 171.

Ramadhani, N., Wahyuni, S., & Handayani, R. D. 2016. Pengembangan Media Educational Game “Monopoli Fisika Asik (MOSIK)” Pada Mata Pelajaran IPA Di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(3), 235–245.

Rofiqoh, F., Mahardika, I. K., & Yushardi, Y. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Disertai Media Monopoli Games Terintegrasi Pendekatan Problem Solving Pada Pembelajaran Fisika Di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(3), 198–203.

Saprudin, S., Liliasari, L., & Prihatmanto, A. S. 2017. Pre-Service Physics Teachers’ Concept Mastery and the Challenges of Game Development on Physics Learning. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 895, No. 1, p. 012109).

Stage, L., Van Lankveld, G., & Spronck, P. 2011. Teaching High School Physics with a Serious Game. International Journal of Computer Science in Sport, 10, 1–12.

Sugiono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (9th Ed.). Alvabeta.

Suprapto, A. N. 2013. Permainan Monopoli Sebagai Media untuk Meningkatkanminat Belajar Tata Boga Di SMA. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 0(1). https://journal.uny.ac.id/index.php/cope/article/view/2963

Taufiq, M., Hindarto, N., & Khumaedi. 2011. Student’s Science Misconceptions Concerning the State Changes of Water and Their Remediation Using Three Different Learning Models in Elementary School. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(2). https://doi.org/10.15294/jpfi.v7i2.1075

Vos, N., van der Meijden, H., & Denessen, E. 2011. Effects of Constructing Versus Playing An Educational Game on Student Motivation and Deep Learning Strategy Use. Computers & Education, 56(1), 127–137. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2010.08.013

Wicaksono, I., Jatmiko, B., & Prastowo, T. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Learning Cycle 5e Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Fluida Statis. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 4(2), 518–524.

Wicaksono, I., Wazis, & Madlazim. 2017. The Effectiveness Of Virtual Science Teaching Model (VS-TM) To Improve Student’s Scientific Creativity And Concept Mastery On Senior High School Physics Subject. Journal of Baltic Science Education, 16(4), 549–561.

Wicaksono, I. 2020. Validity and Practicality of the Biotechnology Series Learning Model to Concept Mastery and Scientific Creativity. International Journal of Instruction, 13(3), 157-170.

Widuri, S., Mchusni, M., & Yuningsih, E. K. (2019). Koflusa Learning Media for Static Fluid. Journal of Physics: Conference Series, 1175, 012181. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1175/1/012181.

Wilujeng, I., Suryadarma, I., & Dwandaru, W. S. B. 2020. Local Potential Integrated Science Video to Improve SPS and Concept Mastery. International Journal of Instruction, 13(4).




DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v8i2.1481

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Luvia Ranggi Nastiti (Wa. +62 811520115)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.