PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS SOCIO SCIENTIFIC ISSUES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI ILMIAH

Siska Siska, Willy Triani, Yunita Yunita, Yuyun Maryuningsih, Mujib Ubaidillah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kemampuan argumentasi ilmiah siswa pada pembelajaran biologi dengan socio scientific issues. Penelitian ini dilakukan di dua sekolah yaitu SMA N 1 Suranenggala dan SMA N 1 Sliyeg yang terdapat di provinsi Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrument tes berupa pretes dan postes, tes yang digunakan berupa tes uraian (essay) untuk mendapatkan data kemampuan argumentasi ilmiah siswa pada materi pembelajaran biologi yang berkaitan dengan isu-isu sosial yang marak terjadi di masyarakat. Data diambil dengan sampel menggunakan uji statistik meliputi uji prasyarat dan uji hipotesis menggunakan uji t.Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan argumentasi ilmiah siswa menggunakan strategi pembelajaran socio scientific issues.


Keywords


Socio Scientific Issues, Argumentasi Ilmiah, Pembelajaran Biologi

Full Text:

PDF

References


Anagun, Sengul. & M.Ozden. 2010. Teacher Candidate Prespection Regarding Sosiocientific Issue and Their Competeins in Using Sosiocientific Issue in Science and Technology Instruction. Journal of Procedia Sosial and behaviorial science, 9(2): 981-983

Andryani. Fitrian. 2016. Penerapan Pendekatan SSI (Socio Scientifici Issues) dengan Menggunakan Edia Power Point Terhadap Kekemampuan Berpikir Kritis Pada Mahasiswa Baru Angkatan 2015. Jurusan Pendidikan Fisiska Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar. Skripsi. Universitas Islam Negeri Alauddin makasar. Makasar

Clark,D.B.& Sampson,V.J. 2008. Assessing Dialogic Argumentation in Online Environments to Relate Structure, Grounds, And Conceptual Quality. Journal of Research in Science Teaching, 45 (3): 293-321.

Erduran, S., Simon, S, dan Osborne, J. 2006. Learning to Teach Argumentation: Research and Development in The Science Classroom. International Journal of Science Education, 28(2).

Erduran,S & Orborne. 2005. The Role Of Argument in Developing Scienceliteracy. Research and Quality of Science Education. Nederlands: Spinger.

Fisher, Alec. 2009. Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Handayani, Murniati. 2015. Analisis Argumentasi Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Palembang dengan Menggunakan Model Argumentasi Toulmin. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran 2(1), 60-68.

Keraf, G. 2007. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Llewellyn. 2013. Teaching High Scholl Science Through Inquiry and Argumentation. USA: Corwin.

Mazfufah,N.F. 2017. Pengaruh metode Diskusi Isu-Isu Sosiosaintifik Terhadap Kemampuan Penalaran Ilmiah Siswa. (Online) http// pascaundikhsa.ac.id / index.jurnal. diakses pada 30 Januari 2019.

McNeill, K.L. 2011. Elementary Student’s Views of Explanation, Arrgumentation, Evidence, and Their Abilities to Construct Arguments Over The School Year. Journal of Research in Science Teaching, 48(7): 793-823.

Newton, Driver, R, & Osborne, J. 2000. Establishing The Norms of Scientific Argumentation In Classrooms. Science Education, 84(1): 287-312.

Osborne, J. K. Boesma, M. Goedhart, O. De Jong, & H. Eijkehof. 2005. The Role of Argument in Developing Science Literacy”. Research and Quality of Science Education. Dordrecht, Nederlands: Spinger.

Ratchlif. 2003. Teaching for Understanding of Science Contexts Sosiosaintifik Issue:Evidence from Century science courses. Journal of research.46(8): 945-959.

Sadler, T. D. 2011. Socio-Scientific Issues in The Classroom: Teaching, Learning And Research. New York: Springer.

Sandoval. 2005. The Quality of Students Use Evidence in Writen Scientific Explanation Cognition And Intruction. Journal International Of Science Education. 23(1) :23-25.

Sondang, R. 2012. Identifikasi Keterampilan Argumentasi Melalui Analisis “Toulmin Argumentation Pattern (TAP)” pada Topik Kinematika bagi Mahasiswa Calon Guru. Medan :Universitas Negeri Medan.

Song, Y., & Deane, P. 2014. A Case Study in Principled Assessment Design: Designing Assessments to Measure And Support The Development of Argumentative Reading and Writing Skills. Psicologia Educativa. 20(2):99-108.

Yuliastini, I.B, Rahayu, S. & Fajaroh, F. 2016. POGIL Berkonteks Socio Sciencetific Issus (SSI) dan Literasi Kimia Peserta Didik SMK. Prosiding. Semnas Pendidikan IPA Pascasarjana UM. Vol.1:Malang.

Zeidler, D. L., & Nichols, B. H. 2009. Socioscientific Issues: Theory and Practice. Journal of Elementary Science Education, 21(2), 49–58.

Zeidler,D.L, Sadler, T.D., Simmons, M. L., & Howes,E. V. 2002. Beyond STS: A Research-Baseframework for Socioscientific Issues Education. Science Education, 89(3).




DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v8i1.1490

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Luvia Ranggi Nastiti (Wa. +62 811520115)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.