PEMBELAJARAN DENGAN TEKNIK PEMAPARAN SESAMA UNTUK MENINGKATKAN SOFT SKILLS MAHASISWA

Dyah Setyaningrum Winarni, Diah Nugraheni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan soft skills mahasiswa yang dikembangkan dalam pembelajaran science teacherpeneurship. Metode penelitian ini kualitatif deskriptif. Instrumen penelitian  menggunakan angket skala 5 dengan model rating scale. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan IPA yang mengikuti mata kuliah science teacherpeneurship yang berjumlah 9 orang.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan Teknik pemaparan sesama mampu meningkatkan soft skills mahasiswa secara simultan dalam kegiatan pembelajaran. Simpulan penelitian ini bahwa pembelajaran dengan teknik pemaparan sesama meningkat kemampuan soft skills mahasiswa.


Keywords


Pembelajaran, Mahasiswa, Science Teacherpeneurship, Soft Skills, Pendidikan IPA

Full Text:

PDF

References


Abbas, R., Abdul Kadir, F. A., & Ghani Azmie, I. A. 2013. Integrating Soft Skills Assessment Through Soft Skills Workshop Program For Engineering Students At University Of Pahang: An Analysis. International Journal of Research In Social Science, 2(1): 33-46.

Amalia, A. V., & Bintari, S. H. 2016. Penerapan Model Picture and Picture pada Pembelajaran Bioteknologi untuk Meningkatkan soft skill Konservasi pada Mahasiswa IPA Unnes. Unnes Science Education Journal, 5(1).

Arnata, W. I., & Surjosepuro, S. 2014. Evaluasi Soft Skills dalam Pembelajaran Mahasiswa Baru di Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 21(1): 1-9.

Basuki, B., & Sudjimat, D. A. 2016. Kecakapan Generik dan Pengembangannya Di Sekolah Menengah Kejuruan. Teknologi dan Kejuruan: Jurnal teknologi, Kejuruan dan Pengajarannya, 39(1).

Cahyaningtyas, A. Y. 2010. Perbedaan Kecerdasan emosional berdasarkan status keikutsertaan dalam organisasi ekstrakulikuler pada mahasiswa D-IV kebidanan. Skipsi (tidak diterbitkan). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Christie, N. 2009. An Interpersonal Skills Learning Taxonomy for Program Evaluation Instructors. Journal of Public Affairs Education, 18(4): 739-756.

Eftafiyana, S., Nurjanah, S. A., Armania, M., Sugandi, A. I., & Fitriani, N. 2018. Hubungan Antara Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Motivasi Belajar Siswa SMP yang Menggunakan Pendekatan Creative Problem Solving. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 2(2), 85-92.

Fajarina, L. 2018. Implementasi Pendidikan Keterampilan (Vokasional) Melalui Program Life Skill Di SMA Muhammadiyah 1 Muntilan. Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 7(1), 13-22.

Falah, Irfan F. 2014. Model Pembelajaran Tutorial Sebaya: Telaah Teoritik. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, 12(2): 175-186.

Hastari, Ratri Candra. 2019. Penerapan Strategi Tutor Sebaya dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika. Jurnal Abdimas Unmer Malang, Vol. 4(1): 46-50.

Hidayati, W. S. 2014. Atribut Soft Skill untuk Mahasiswa Calon Guru Matematika. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Vol. 5, No. 1, pp. 277-292).

Junaidi, Gani, A., dan Mursal. 2016. Model Virtual Laboratory berbasis inkuiri untuk meningkatkan keterampilan generik sains siswa MA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, .4(2): 130-136.

Mujab, S., Nugraheni, D. & Winarni, D.S. 2019. Penerapan Pembelajaran Bioenterpreneurship pada Materi Bioteknologi Fermentasi Kefir untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 2(2): 227-231.

Mustofa, R. F. 2017. Model Problem Based Learning dan Keterampilan Generik Mahasiswa Fkip Universitas Siliwangi Tasikmalaya Pada Mata Kuliah Mikrobiologi. Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-2.

Nugraheni, D. 2017. Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Mekanika. Edusains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 5(1): 23-32.

Nugraheni, D., & Winarni, D. S. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Science Teacherpreneurship Berbasis Karakter Bagi Mahasiswa Pendidikan IPA. In Prosiding SNSE (Seminar Nasional Sains dan Entrepreneurship), 188-193.

Orlando, P. 2013. Soft Skills: From University To The Work Environment. Analysis Of A Survey Of Graduates In Portugal. Regional and Sectoral Economic Studies, 13(1): 105-118.

Paryanti, D. 2017. Peningkatan soft skills pada pembelajaran tematik integratif kompetensi IPA melalui metode inquiry di kelas V SD. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 35-46.

Pertiwi, R. I. 2018. Pembelajaran Matematika Terapan dengan Model Petri Net dan Matriks. Edusains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 5(1): 22-29.

Putra, S. I., & Pratiwi, A. 2005. Sukses dengan Soft Skill. Bandung: Direktorat Pendidikan Institut Teknologi Bandung.

Rahayu, N. M. S., Sadia, I. W., & Pujani, N. M. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika SMK dengan Setting Project Based Learning (PjBL) untuk Mengembangkan Soft Skill Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 8(2), 81-89.

Ramlall, S., & Ramlall, D. 2014. The Value of Soft-Skills in the Accounting Profession: Perspectives of Current Accounting Students. Advances in Research, 2(11): 645- 654.

Rasyid, A. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bervisi SETS Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Soft Skill dan pemahaman konsep. Bio Educatio, 1(1).

Ratnawati, D., & Setuju, S. 2016. Profil Soft Skills pada Mahasiswa Tingkat Akhir Pendidikan Teknik Mesin Di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. VANOS Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2).

Robles, M. 2012. Executive Perceptions of the Top 10 Soft Skills Needed in Today’s Workplace. Business Commucation Quarterly, 75(4): 453-465.

Rokhayati, A., Kambara, R., & Ibrahim, M. 2017. Pengaruh Soft Skill dan Perencanaan Karir Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kualitas Pelatihan Sebagai Variabel Modertor (Studi Empiris Pada Pt. Krakatau Tirta Industri Cilegon). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa, 1(2).

Savitri, E. N., & Sudarmin, S. 2016. Penerapan pendekatan jas (jelajah alam sekitar) pada mata kuliah konservasi dan kearifan lokal untuk menanamkan softskill konservasi pada mahasiswa ipa unnes. Unnes Science Education Journal, 5(1).

Setiani, F., & Rasto. Mengembangkan Soft Skill Siswa melalui Proses Pembelajaran (Developing students’ soft skill through teaching and learning process). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1): 160-166.

Sudarmin, S., Taufiq, M., Parmin, P., & Annisetyas, R. 2016. Pembuatan Media Study Card dan Lembar Kerja Siswa yang Mengintegrasikan Soft Skills Konservasi Bagi Guru IPA Melalui Kegiatan Lesson Study. Jurnal Scientia Indonesia, 1(1), 74-82.

Sudarwinarti, V. S., & Sri, M. 2019. Pentingnya Pengembangan Skill Bagi Sekretaris dalam Menghadapi Tuntutan Perubahan Profesionalisme Di Lingkungan Kerja. ADB’S Secretary, 8(2).

Sudjimat, D.A. 2010. Pengembangan Model Pendidikan Soft Skill melalui Pembelajaran pada Program Studi Pendidikan Teknik Mesin FT UM. Jurnal Teknologi dan Kejuruan, 33 (2): 133142.

Sumartini, T. S. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2): 148-158.

Suranto, S., & Rusdianti, F. 2018. Pengalaman Berorganisasi dalam Membentuk Soft Skill Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 58-65.

Susanti, A. I. 2017. Pemahaman Dosen dan Mahasiswa Fakultas Teknik Terhadap Soft Skills. Ed-Humanistics: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1).

TW, H. S., & Triwanggono, A. 2017. Persepsi Mahasiswa Tentang Kompetensi Employability dan Competency Attributes Needs of Employees. Jurnal Penelitian, 21(1).

Umar, R., Fadlil, A., & Yuminah, Y. 2018. Sistem Pendukung Keputusan dengan Metode AHP untuk Penilaian Kompetensi Soft Skill Karyawan. Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, 4(1), 27-34.

Wagiran, Sudji Munadi, & Syukri Fathudin A.W. 2014. Pengembangan Model Penguatan Soft Skills dalam Mewujudkan Calon Guru Kejuruan Profesional Berkarakter. Jurnal Pendidikan, 44 (1): 92-102.

Winarni, D. S. 2017. Analisis Kesulitan Guru Paud dalam Membelajarkan IPA pada Anak Usia Dini. Edusains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 5(1): 12-22.

Zam, M., & Khoiriyyah, K. 2018. Analisis Kemampuan Soft Skills Siswa Kelas XI SMK Futuhiyyah Mranggen Demak. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, 8(2), 154-164.




DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v7i2.1491

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Yatin Mulyono (Wa. 081545134438)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.