ANALISIS KENDALA PELAKSANAAN PRAKTIKUM BIOLOGI DI SMA NEGERI SE-KOTA PALANGKA RAYA
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala-kendala dalam pelaksanaan praktikum Biologi di SMA Negeri se kota Palangkaraya. Metode yang digunakan adalah gabungan antara metode kualitatif dan metode kuantatif (mixed
method). Kendala pelaksanaan praktikum biologi yang ditemukan, yaitu (1) fasilitas laboratorium tidak lengkap, banyak peralatan yang rusak, bahan yang kadaluwarsa, laboratorium digunakan juga untuk kegiatan selain praktikum dan ada alat/bahan yang tersedia tapi tidak pernah digunakan sebagaimana fungsinya (2) dukungan sekolah terhadap kegiatan praktikum masih bersifat dukungan moril dan dukungan pendanaan kerjasama dengan komite sekolah masih belum mencukupi kebutuhan pelaksanaan praktikum, sehingga seringkali guru dan siswa secara swadaya membawa sendiri kekurangan bahan yang diperlukan (3) pengelolaan laboratorium biologi ditugaskan pada salah satu guru biologi dan tidak ada sekolah yang memiliki laboran serta teknisi laboratorium, pengelola laboratorium tidak pernah mengikuti pelatihan manajemen laboratorium dan kegiatan sejenisnya (4) pada tahap pelaksanaan mobilitas siswa yang cukup tinggi dalam kegiatan praktikum memerlukan perhatian lebih dari guru (5) tidak ada jadwal khusus untuk kegiatan praktikum (6) Kesulitan siswa dalam pelaksanaan praktikum adalah kurang menguasai konsep yang dipraktikumkan, kurang terampil dalam menggunakan alat praktikum karena memang kurang terbiasa, sulit bekerjasama dalam kelompok dan kurang berminat membuat laporan praktikum.
Kata kunci : Analisis kendala, praktikum biologi
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics
Abstract view : 11996 times | PDF (Bahasa Indonesia) view : 6600 timesReferences
Referensi
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2013. Standar-standar Nasional Pendidikan. http://bsnp-indonesia.org/id/ (diunduh tanggal 16 Januari 2013).
Baihaqi. 2005. Peningkatan Penguasaan Konsep Siswa SMP pada Sub Pokok Bahasan Lensa dengan Model Pembelajaran Berbasis Praktikum. Tesis pada SPs. UPI, Bandung.
Basori, H. 2010. Model kegiatan laboratorium berbasis problem solving pada pembelajaran konsep pembiasan cahaya untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan pemahaman konsep siswa smp. Tesis pada SPs. UPI, Bandung.
De Porter, B, Reardon, M., dan Nourie, S. S. 2008. Quantum Teaching. PT Mizan Pustaka, Jakarta.
Fensham, P., Gunstone, R., dan White, R.1994. The Content of Science : A Constructivist Aproach Ti Its Teaching & Learning. The Falmer Press, London.
Haryadi, B. 2012. Pentingnya Pelaksanaan Praktikum. http://staff.uny.ac.id/sites/default/filestmpppm_pentingnya%20praktikum.pdf diunduh tanggal 4 November 2013
Mulyasa, E. 2008. Menjadi Guru Profesional. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Mustadji. 2009. Laboratorium: Perspektif Teknologi Pembelajaran
Http://Pasca.Tp.Ac.Id/Site/Laboratorium-Perspektif-TeknologiPembelajaran diunduh tanggal 2 Desember 2013
Rustaman, N. Y. 2003. Common Textbook Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung: Jica.
Rustaman, N. 2007. Strategi Belajar Mengajar Biologi. UM Press, Malang.
----------------. 2009. Peranan Praktikum Dalam Pembelajaran Biologi. http://file.upi.edu/direktori/sps/prodi.pendidikan_ipa/195012311979032
nuryani_rustaman peranan_praktikum_dalam_pembelajaran_biologi.pdf
diunduh tanggal 2 Desember 2013
DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v2i1.16
Article Metrics
Abstract view : 11996 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 6600 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Contact Person:
Luvia Ranggi Nastiti (Can't talk, WhatsApp only +62 811520115)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.