PENGGUNAAN MODEL SINEKTIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA PADA SISWA KELAS XI SMAN

Fathul Zannah

Abstract


ABSTRAK Proses pembelajaran biologi di SMA Negeri 12 Banjarmasin saat ini belum begitu berpusat kepada siswa sehingga keterampilan proses siswanya masih kurang. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan ini dengan menggunakan model Sinektik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan mengetahui peningkatan pemahaman siswa, aktivitas siswa, aktivitas guru serta respon siswa. Penelitian terbagi menjadi 3 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 1 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA SMA Negeri 12 Banjarmasin yang berjumlah 23 orang siswa. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih ada beberapa indikator yang belum tercapai dalam penelitian tentang penggunaan model Sinektik pada siswa kelas XI SMA Negeri 12 Banjarmasin pada konsep Sistem Peredaran Darah pada Manusia ini. Indikator keberhasilan proses belajar siswa ditunjukkan dari aktivitas siswa yang sudah terfokus pada kegiatan model sinektik sehingga hasil selama proses pembelajaran meningkat dari siklus 1 ke siklus 3 menjadi kategori baik. Hasil belajar siswa pada siklus 1 pada pre test 0% menjadi 13,63% pada post tes, pada siklus 2 hasil pre test 39,13% menjadi 91,30% pada post test dan pada siklus 3 hasil pre test 28,57% menjadi 57,14% pada post test. Hasil belajar dari siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan dan mencapai ketuntasan klasikal namun pada siklus 3 mengalami penurunan, tetapi setelah dilakukan analisis perbutir soal diketahui kalau penurunan tersebut bukan karena soal sinektik. Dari segi pengelolaan pembelajaran oleh guru sudah termasuk kategori baik walaupun guru masih belum bisa melepas dominansinya.
Kata kunci: Model Sinektik, Sistem Peredaran Darah pada Manusia, Pemahaman
Siswa.


References


Referensi

Adawiyah, Rabiatul. 2008. Penggunaan Model Sinektik terhadap Hasil Belajar Siswa tentang Sub Konsep Sistem Saraf pada Manusia Kelas XI di SMA Negeri 4 Banjarmasin. Skripsi Sarjana. Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNLAM. Banjarmasin. Tidak dipublikasikan.

Asmawati. 2006. Optimalisasi Proses dan Hasil Belajar Tentang ‚ÄĚKonsep Sistem Eksresi melalui Pendekatan Kooperatif tipe Belajar Bersama (Learning Together) pada Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Marabahan Tahun Pelajaran 2005/2006. Skripsi Sarjana. Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNLAM. Banjarmasin.

Hassard, Jack. Mind On Science. Georgia State University: Harper Collins.

Kurniawan. 2005. Pemanfaatan Model Sinektik dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman. (http://digilib.upi.edu/pasca/available/etd-1017106-105605/). Di akses tanggal 24 Desember 2009.

Paltasingh, Shreyashi. 2008. Impacts of Synectics Models of Teaching In Life Science to Develop Creativity Among Pupils.

(http://www.ejournal.aiaer.net/vol20208/9.htm). Di Akses tanggal 19 Desember 2009.

Sakdiahwati. 2008. Penerapan Model Sinektik Dalam Meningkatkan Kreativitas Menulis (Suatu Kuasi Eksperimen dalam Pembelajaran Menulis pada Siswa Kelas I SMPN di Kota Palembang). (http://www.google.co.id/search?hl=id&client=firefoxa&channel=s&rls=org.mozilla%3AenUS%3Aofficial&q=model+sinektik&btnG=Telusuri&meta). Diakses tanggal 30 Mei 2009.

Supramono. 2005. Pengembangan Perangkat Pembelajaran dan Penerapannya dalam KBM dengan Pendekatan Pembelajaran Berdasarkan Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Siswa SD. Universitas Negeri Malang (disertasi tidak dipublikasikan).

Ulfah, Maria. 2009. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Kampung Baru pada Materi Bangun Datar dan Bangun Ruang Menggunakan Pendekatan Kontekstual Dengan Setting Lingkungan Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi Sarjana. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNLAM. Banjarmasin. Tidak dipublikasikan.

Wahid, Nanang. 2009. (http://one.indoskripsi.com/node/8129). Di akses tanggal 7 Juni 2009.




DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v2i1.17

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Yatin Mulyono (Wa. 081545134438)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.