ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SEBAGAI DAMPAK PEMBELAJARAN SINEKTIK DAN TIPE KEPRIBADIAN

Chairul Saleh, Hasan Sastra Negara, Istihana Istihana

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematis antara pembelajaran Sinektik dengan peserta didik yang memperoleh pembelajaran konvensional, (2) mendeskripsikan pengaruh tipe kepribadian peserta didik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik, dan (3) mendeskripsikan interaksi antara pembelajaran Sinektik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari tipe kepribadian peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimental. Desain penelitian posttest only control design dan kelompok dipilih secara random. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran Sinektik secara signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, tidak terdapat pengaruh tipe kepribadian terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis secara signifikan, dan terdapat interaksi antara pembelajaran Sinektik dan Tipe Kepribadian terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis.


Keywords


Pemecahan Masalah Matematis, Pembelajaran Sinetik, Tipe Kepribadian

Full Text:

PDF

References


Adesty, M., & Nurhanurawati, N. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Belief. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 2(2).

Agustina, S., Pasaribu, M., & Saehana, S. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Sinektik Terhadap Hasil Belajar Fisika pada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Palu. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 4(2), 42-46.

Alentina, N. P., Putra, M., & Negara, I. G. A. O. 2013. Model Pembelajaran Sinektik Berbasis Penilaian Portofolio Berpengaruh terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus Letkol Wisnu Denpasar Utara. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1).

Amalia, S. R., & Widodo, A. N. A. 2019. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah melalui Model PBL Berbasis Etnomatematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Sanguinis dan Melankholis. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 156-160).

Amalia, S.R., & Widodo, A.N.A. 2018. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Melalui Model Pbl Berbasis Etnomatematika Ditinjau dari Kepribadian Topologi Hippocrates dan Galenus Tipe Cholearis dan Phlegmantis. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(1), 1-10.

Astuti, A. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Bangkinang Kota. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika,[SL], (2), 11-28.

Bregant, T. 2013. Brain Mechanism Underlying Numerical Processing. Psiholoska Obzorja 21 (3): 69–74.

Damayanti, H., Purwanti, P., & Lestari, S. 2017. Analisis Penyesuaian Diri Ditinjau dari Tipe Kepribadian Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6(11).

Fatmawati B.M, Indah, & Khabibah, S. 2019. Profil Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian. MATHEdunesa, 8(2).

Fauziah, A. 2010. Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP melalui Strategi REACT. In Forum kependidikan (Vol. 30, No. 1, pp. 1-13).

Gordon, W. J. 1961. Synectics: The Development of Creative Capacity.

Gunur, B., Makur, A. P., & Ramda, A. H. 2018. Hubungan Antara Kemampuan Numerik dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di Pedesaan. MaPan, 6(2), 148-160.

Hakim, A. R. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(3).

Hamdi, R., Jamal, M. A., & An'nur, S. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Fisika dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(3), 265-273.

Hutagaol, K. 2013. Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Infinity Journal, 2(1), 85-99.

Indriani, L. F., Yuliani, A., & Sugandi, A. I. 2018. Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dan Habits of Mind Siswa SMP Dalam Materi Segiempat dan Segitiga. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 4(2), 87-94. doi.org/10.29407/jmen.v4i2.11999.

Irawan, A., & Kencanawaty, G. 2017. Peranan Kemampuan Verbal dan Kemampuan Numerik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(2), 110-119.

Juniati, E. 2017. Peningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Metode Drill dan Diskusi Kelompok pada Siswa Kelas VI SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(3), 283-291.

Kartika, Y. 2018. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Tambusai 2 (58): 777–85.

Komala, E. 2012. Pembelajaran dengan Pendekatan Diskursif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Concept Siswa Sekolah Menengah Pertama. Tesis pada SPS UPI. Tidak dipublikasikan.

Lestari, I. 2015. Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 3 (2).

Li, Y., Zhang, M., Chen, Y., Deng, Z., Zhu, X., & Yan, S. 2018. Children’s Non-Symbolic and Symbolic Numerical Representations and Their Associations with Mathematical ability. Frontiers in psychology, 9, 1035.

Mahmud, D. A., & Hartono, H. 2014. Keefektifan Model Pembelajaran Isk dan Ditinjau Dari Motivasi, Sikap, dan Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 188-201.

Maria, M., & Basri, B. 2014. Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Persamaan Dasar Akuntansi Kelas XI IPS di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan, 3(8).

Maulani, D., Suyono, S., & Noornia, A. 2017. Pengaruh Penerapan Model Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Self-Concept Siswa Di Sman Kecamatan Tambun Selatan Bekasi. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 10(2).

Minarni, A. 2016. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, no. December.

Mulyono, Y. 2018. Improving Creativity of the Future Physics Teachers Through General Biology Learning Based on CTL with Experimental Method. Indonesian Journal of Science and Education, 2(1), 62-68.

Muslim, S. R. 2017. Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Peserta Didik SMA. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 1(2), 88-95.

Nopitasari, D. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kemampuan Penalaran Adaptif Matematis Siswa. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 103-112.

Nosa, D. E., & Farida, F. 2018. Aplikasi Wingeom dan Camtasia Studio untuk Pembuatan Media Pembelajaran Audio Visual. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 127-137.

Nugraha, E. 2017. Model Sinektik Berorientasi Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran Menulis Naskah Drama (Kuasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas VIII SMP PGII 2 Bandung). Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah 7 (2): 121–31.

Nur, F., Latuconsina, N. K., Abrar, A. I. P., Tayeb, T., & Syamsuarni, I. (2018). Mathematical Learning Outcome Differences Through The Implementation of Cooperative Learning Model of Think Pair Share Type, Two Stay Two Stray Type, and Number Head Together Type. Mapan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 6(2), 199-206.

Oktaviana, D., & Susiaty, U. D. 2017. Perbedaan Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Siswa dalam Pembelajaran Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(2).

Permata, C. P., Kartono, K., & Sunarmi, S. 2015. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP pada Model Pembelajaran TSTS dengan Pendekatan Scientific. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2).

Prihartini, P., & Mediatati, N. 2013. Perbedaan Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS (Two Stay Two Stray) dan Metode Ceramah Terhadap Hasil Belajar PKn pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pabelan Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2012/2013. Satya Widya, 29(2), 127-133.

Putra, F.G. 2017. Eksperimentasi Pendekatan Kontekstual Berbantuan Hands on Activity (HoA) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika 8 (1): 73–80.

Rahmah, A., & Hia, Y. D. 2014. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XII IPS SMAN 2 Sijunjung. Journal of Economic and Economic Education Vol, 3(1), 71-78.

Rosarina, G., Sudin, A., & Sujana, A. 2016. Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud benda. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1).

Sari, D. F., Fitriani, S. S., & Emafetery, S. 2019. The Strategy of Two Stay Two Stray to Improve EFL Students’ Reading Skill. Studies in English Language and Education, 6(1), 171-184.

Setiawan, A. T. 2012. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray Berpendekat an SETS Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Negeri 1 Comal. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 6(1).

Sukmayati. 2016. Applying Two Stay Two Stray Strategy To Improve Students Reading Comprehension. GEEJ 1 (1).

Sunarto, M. D., Budayasa, I. K., & Juniati, D. 2017. Profil Proses Berpikir Mahasiswa Tipe Kepribadian Sensing dalam Pemecahan Masalah Logika Matematika. Cakrawala Pendidikan, (2), 95007.

Supriadi, N. 2015. Pembelajaran Geometri Berbasis Geogebra Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs). Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika 6 (2): 99–109.

Sutrisno, A. D., Samsudin, A., Liliawati, W., Kaniawati, I., & Suhendi, E. 2015. Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dan Pemahaman Siswa Tentang Konsep Momentum dan Impuls. Jurnal Pengajaran MIPA, 20(1), 38-42.

Suzana, R., Supandi, S., & Rahmawati, N. D. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbantu Mind Mapping pada Pembelajaran Matematika. Senatik, 356-361.

Syazali, M. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbantuan Maple II Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika 6 (1): 91–98. https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i1.58.

Tavakoli, H.M. 2016. The Relationship between Accuracy of Numerical Magnitude Coparisons and Children’s Arithmetic Ability: A Study in Iranian Primary School Children. Europes Journal of Psychology 12 (4): 567–83.

Wahyuni, I & Yanty G.M. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Listrik Dinamis Pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika 3 (1): 1–7.

Widyawati, S. 2016. Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika (IAIM NU) Metro. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika 7 (1): 107–14.

Wijayanto, R., & Santoso, R. H. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Pendekatan Problem Solving Berorientasi pada Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika-S1, 7(3), 95-104.

Zannah, F. 2014. Penggunaan Model Sinektik Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Sistem Peredaran Darah Manusia Pada Siswa Kelas XI SMAN. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika 2 (1).




DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v8i1.1757

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Luvia Ranggi Nastiti (Wa. +62 811520115)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.