KORELASI HASIL BELAJAR KOGNITIF DENGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA FISIKA STAIN PALANGKA RAYA PADA MATAKULIAH FISIKA DASAR I TAHUN AKADEMIK 2013//2014

Santiani Santiani

Abstract


ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk melihat korelasi atau hubungan antara hasil belajar kognitif dengan keterampilan proses sains mahasiswa setelah pembelajaraan fisika dasar 1 dengan pendekatan keterampilan proses sains. Untuk mencapai tujuan ini maka dirumuskan beberapa rumusan masalah yaitu : 1)Bagaimana hasil belajar kognitif mahasiswa setelah pembelajaran fisika dasar 1?, 2)Bagaimana keterampilan proses sains mahasiswa setelah pembelajaran fisika dasar 1?, dan 3) Bagaimana korelasi hasil belajar kognitif dengan keterampilan proses sains mahasiswa setelah pembelajaran fisika dasar 1?. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa : 1) Hasil belajar kognitif dari hasil tes dengan tingkat kelulusan mahasiswa 83,3%. 2) Keterampilan proses sains terintegrasi mahasiswa berkategori sangat baik. 3) Hasil belajar kognitif dan ketermpilan proses sains mahasiswa fisika STAIN Palangka Raya signifikan berkorelasi namun korelasi rendah dengan kontribusi hasil belajar kognitif terhadap keterampilan proses sains 0,1 %.

Kata kunci: Korelasi, hasil belajar kognitif, keterampilan proses sains, fisika dasar1


References


Referensi

Amelia, Sapriati,dkk, Pembelajaran IPA di SD, Jakarta: Universitas Terbuka, 2009

Akdon, Aplikasi Statistika dan Metode Penelitian untuk Administrasi dan Manajemen, Bandung : Dewa Ruchi, 2008

Ismail, Strategi Pembelajaran agama Islam Berbasis PIKEM, Semarang: Rasail, 2008.

Oemar Hamalik, Proses Belajar Mengajar, Bandung : Bumi Aksara,2006.

Santiani, Kemampuan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Fisika STAIN Palangka Raya Pada Praktikum Fisika Dasar II , Laporan Penelitian dosen STAIN Palangka Raya, Program Studi Tadris Fisika Jurusan Tarbiyah, 2011

Semiawan, Conny Pendekatan Keterampilan Proses, Jakarta,: PT Gramedia Widiasarana Indonesi,1992

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Subroto, Suryo, Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta, 2002

Subiyanto, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Jakarta : dinas P & K, 1988

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta, 2007

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta: 2010.

Trianto, Model Pembelajaran Terpadu: Konsep,Strategi, dan Implementasinya dalam KTSP, Jakarta : Bumi Aksara, 2010

Trianto, Mendesain Pembelajaran Kontekstual, Surabaya : Publisher, 2008

TIM Penyusun, Pedoman Akademik STAIN Palangka Raya, Palangka Raya: STAIN Palangka Raya Press, 2011.

www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/uji-publik-kurikulum-2013-4 (31 Agustus 13)




DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v2i1.18

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Yatin Mulyono (Wa. 081545134438)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.