QUO VADIS MATERI PESAWAT SEDERHANA DALAM PEMBELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR DI ERA DISRUPSI

Siti Fatonah, Muhammad Shaleh Assingkily

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengkaji dan mempertanyakan peran materi pesawat sederhana dalam pembelajaran IPA jenjang MI/SD di era disrupsi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi kasus dengan observasi, dokumentasi dan semi-structured interview terhadap guru IPA SMP/MTs di Kalimantan Tengah kemudian data dianalisis secara deskriptif melalui studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa materi pesawat sederhana urgen dan bermanfaat diedukasi pada peserta didik MI/SD di era disrupsi saat ini. Ditinjau dari perkembangan, kegunaan, dan perannya di era disrupsi, materi pesawat sederhana (tuas, bidang miring, katrol, dan roda berporos) memberikan edukasi kepada peserta didik berupa prinsip kemudahan dan tidak instan. Selanjutnya, kajian pesawat sederhana relevan dengan tantangan yang dapat dijadikan peluang di era disrupsi, meliputi upaya meng-upgrade kualitas kurikulum, penanaman pendidikan nilai, kesadaran perubahan zaman, dan menemukan jati diri.


Keywords


Era Disrupsi, Pembelajaran IPA, Pesawat Sederhana

Full Text:

PDF

References


Anwar, A. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar IPA tentang Pesawat Sederhana Melalui Model Make A Match untuk Peserta didik Kelas V SDN Binturu Kecamatan Kelua Kabupaten Tabalong. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 3 (2). https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/quantum/article/view/1360.

Apriliyanti, A., Mudjiran, M., & Ridha, M. 2016. Hubungan Konsep Diri Peserta didik dengan Tingkah Laku Sosial Peserta didik. Jurnal Educatio, 2 (2): 25-29. http://www.jurnal.iicet.org/index.php/j-edu/article/view/62.

Asmadji, H. 2013. Pengunaan Media Pembelajaran Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Pesawat Sederhana Peserta didik Kelas VC SDN Ketabang I Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1 (1): 1-14. https://jurnalmahapeserta didik.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/784.

Asmawir. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil belajar Peserta didik Melalui Metode Eksperimen pada Materi Pesawat Sederhana pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN No. 3 Siboang. Jurnal Kreatif Online, 4 (1). http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3285

Basuki, S. 2016. Pendekatan Saintifik pada Penjasorkes dalam Rangka Membentuk Jati Diri Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 12 (2): 117-124. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji/article/viewFile/17111/10009.

Candra, D., Rosdianto, H., & Murdani, E. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta didik Kelas VIII pada Materi Pesawat Sederhanaā€¯ Variabel, 2 (1): 31-34. https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/jvar/article/view/1030.

Diana, R., Hasanah, F., Mori, R. P., & Mailani, N. 2020. Pendidikan Karakter Berbasis Multiple Intelligence Sebagai Desain Pembelajaran di Era Disrupsi. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 2 (1). http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1105.

Ghufron. 2018. Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang, dan Solusi Bagi Dunia Pendidikan. in Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2018, vol. 1.

Hager, G., Treibig, J., Habich, J., & Wellein, G. 2012. Exploring Performance and Power Properties of Modern Multicore Chips Via Simple Machine Models. Concurrency and Computation: Practice and Experience, Spesial Issue Paper. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1002/cpe.3180.

Handayanti, A., Handayani, S., & Indrawati, I. 2019. Penggunaan Video Fenomena pada Materi Pesawat Sederhana Sistem Katrol untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik di SMP Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika, 4 (1): 27-30. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/15112.

Haryanto. 2007. Sains untuk Sekolah Dasar Kelas V. Jakarta: Erlangga.

Hidayah, Z., Giyono, G., & Widiastuti, R. 2014. Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta didik dalam Pembelajaran dengan Menggunakan Pendekatan Rational Emotive Therapy. ALIBKIN: Jurnal Bimbingan Konseling, 3 (1). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/view/4623.

Iman, R. 2017. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik dengan Model Inkuiri Terbimbing pada Materi Pesawat Sederhana. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5 (1): 52-58. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JPSI/article/view/8407.

Janah, K.K. 2016. Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Pesawat Sederhana dalam Pembelajaran IPA Terhadap Hasil Belajar. Pensa: Jurnal Pendidikan Sains, 4 (2): 1-5. https://jurnalmahapeserta didik.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/14969.

Maksudin. 2009. Pendidikan Nilai Komprehensif: Teori dan Praktik. Yogyakarta: UNY Press.

Marti, N.W. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Pesawat Sederhana untuk Peserta didik Sekolah Dasar Berbasis Multimedia. Seminar Internasional (Peran LPTK dalam Pengembangan Pendidikan Vokasi di Indonesia), ISSN 1907-2066. file:///C:/Windows/system32/config/systemprofile/Downloads/73-181-1-SM.pdf.

Matsun, M., Darmawan, H., & Fitriyanti, L. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Macromedia Flash Topik Bahasan Pesawat Sederhana. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 10 (1): 30-40. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/PMP/article/view/25861.

Megawangi, Ratna, Rahma, D., Florence, Y., & Wahyu, F.D. 2005. Pendidikan Holistik. Cimanggis: Indonesia Heritage Foundation.

Naimah, A., & Widiati, U. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Prasekolah, 1 (1). https://rumahjurnal.net/index.php/JPP/article/view/201.

Nash, L.K. 1963. The Nature of The Natural Sciences. USA: Little, Brown, and Company.

Nuraida. 2015. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Pesawat Sederhana Melalui Metode Eksperimen pada Peserta didik Kelas V SDN 16 Meulaboh Kecamatan Johan Pahlawan Aceh Barat Tahun Pelajaran 2014/2015. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2 (2). http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/75.

Nurhadi. 2002. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta: Depdiknas.

Octafiana, W., Ekosusilo, M., & Subiyantoro, S. 2018. Pengembangan Multimedia Interaktif pada Materi Pesawat Sederhana untuk Peserta didik Sekolah Dasar. Komunikasi Pendidikan, 2 (2): 168-175. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/view/131.

Oktaviana, B., Saputra, H. J., & Arifin, Z. 2018. Keefektifan Pembelajaran IPA Materi Pesawat Sederhana Menggunakan Model Pair Check Berbantu Question Card pada Peserta didik Kelas V SDN Sukoharjo 01 Pati. Profesi Pendidikan Dasar, 5 (1): 46-56. http://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/view/3852.

Permatasari, N. E., Koeswati, H. D., & Giarti, S. 2018. Pengembangan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Pesawat Sederhana (Probalpena) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta didik Kelas V SDN Karanganyar 01. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3 (2): 116-127. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/article/view/1215.

Prastowo, A. 2014. Pembelajaran Konstruksivistik-Scientific untuk Pendidikan Agama di Sekolah/Madrasah: Teori, Aplikasi, dan Riset Terkait. Jakarta: Rajawali Pers.

Pratiwi, C. O., Sujana, A., & Jayadinata, A. K. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Kelas V pada Materi Pesawat Sederhana. Jurnal Pena Ilmiah, 2 (1). https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/10664.

Rianto, R., Abdurrahman, A., & Viyanti, V. 2014. Produksi Alat Peraga IPA Pesawat Sederhana Berbasis Science in Box. Jurnal Pembelajaran Fisika, 2 (1). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/3617.

Rostikawati, E. 2018. Implementasi Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta didik Mempelajari Pemahaman tentang Konsep Pesawat Sederhana Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 5 SD Harumanis Tahun 2016-2017. Jurnal Penelitian Guru FKIP Universitas Subang, 1 (1). http://www.ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/237/212.

Sayekti, S. 2018. Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Materi Pesawat Sederhana Melalui Model Teams Games Tournament (TGT) pada Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Tarub Tahun Pelajaran 2015/2016. JPMP (Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti), 2 (1). https://doi.org/10.24905/jpmp.v2i1.873.

Suak, R., Said, I., & Paluin, Y. K. 2016. Meningkatkan Hasil Belajar IPA tentang Konsep Pesawat Sederhana Melalui Metode Demonstrasi pada Peserta didik Kelas V SD Inpres 2 Langaleso. Jurnal Kreatif Tadulako, 4 (6).

Suhartono. 2013. Pengembangan RPP Berbasis Inkuiri dengan Penerapan Keterampilan Proses Sains dalam Pembelajaran Fisika. Edusains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 1 (2). http://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/edusains/article/view/12.

Suyanto. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantu Media Gambar untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Pesawat Sederhana pada Peserta didik Kelas V SD 8 Gondosari. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 1 (2). https://jurnal.umk.ac.id/index.php/JKP/article/view/3434.

Syamsiyah, N & Wedyawati, N. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tebak Kata Terhadap Hasil Belajar Peserta didik pada Materi Pesawat Sederhana Kelas V VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8 (1). http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/VOX/article/view/57.

______ . (2010). Renstra Kemdikbud 2010-2014. Jakarta: Kemdikbud.

Tartiwi, C & Wijayanti, A. 2018. Pengembangan Media Kotak Ajaib pada Mata Pelajaran IPA Materi Pesawat Sederhana Peserta didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah, 2 (4). https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/js/article/view/10678.

Tohir, D. 2016. Program Bimbingan Pribadi Sosial untuk Peningkatan Kepercayaan Diri Peserta didik: Studi Pra Eksperimen pada Peserta didik Kelas VIII MTs Al Bidayah Kabupaten Bandung Barat. Journal of Regional Public Administration (JRPA), 1 (1): 80-93. http://penelitian.stiasebelasapril.ac.id/wp-content/uploads/2017/07/All-Fille.pdf#page=84.

Widaryanto, W. 2017. Peningkatan Prestasi Belajar IPA Materi Pesawat Sederhana dengan Model Pembelajaran STAD (Student Teams-Achievement Divisions) pada Peserta didik Kelas V Semester II SD Negeri 01 Ngargoyoso Kecamatan Ngargoyoso Tahun Pelajaran 2016/2017. IJER, Indonesian Journal on Education and Research, 2 (4). http://jurnal.ijer.web.id/index.php/ijer/article/view/115.

William, R.L. 2003. Haptics-Augmented Simple-Machine Educational Tools. Journal of Science Education and Technology, 12. https://doi.org/10.1023/A:1022114409119.

Yunidar. 2018. Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Materi Gaya dan Pesawat Sederhana dengan Menggunakan KIT IPA Peserta didik Kelas V. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2 (3). https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/152.

Zakwandi, R. 2017. Analisis Konsep Pesawat Sederhana pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Tradisi Sains Islam di Madrasah Tsanawiyah. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 2 (1): 21-34. http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/belajea/article/view/269.




DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v8i1.1899

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Luvia Ranggi Nastiti (Wa. +62 811520115)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.