Harika pornolar hem de hd kalitesinde donmadan. porno

RELEVANSI KURIKULUM S1 PENDIDIKAN FISIKA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TERHADAP KKNI LEVEL 6 PENDIDIKAN FISIKA

Didik Setyawarno

Sari


ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui relevansi kurikulum pembelajaran terhadap pencapaian KKNI Level 6 Pendidikan Fisika. Penelitian ini termasuk jenis penelitian survey. Penelitian dilakukan di S1 Pendidikan Fisika Universitas Negeri Yogyakarta bulan Oktober 2012 sampai Februari 2013. Subjek penelitian adalah 10 dosen, yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui dokumentasi dan wawancara. Keabsahan data dilakukan dengan teknik trianggulasi dan diskusi teman sejawat. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat relevansi kurikulum dari aspek perencanaan dan evaluasi pembelajaran baik untuk mata kuliah ilmu kependidikan maupun ilmu fisika masih bervariasi, dan secara umum masuk kategori baik. Penerapan prinsip evaluasi pembelajaran secara umum baik, sedangkan penerapan prinsip pengembangan kurikulum masih belum maksimal.

Kata kunci : kurikulum pembelajaran, KKNI Level 6 Pendidikan Fisika


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Referensi

Artikel Jurnal :

M. Rosul Asmawi, Strategi meningkatkan lulusan bermutu di perguruan tinggi, Makara, Sosial Humaniora, vol. 9 (1), 2005, pp. 66-71.

Hussain, Afzaal., Dogar, Ashiq Hussain., Azeem, Muhammad, Evaluation of Curriculum Development Process, International Journal of Humanities and Social Science, vol. 1 (1), 2011, pp. 263-271.

Thisharsiwi, Pengembangan kurikulum perguruan tinggi dalam menghadapi liberalisasi pendidikan, Wacana Akademika, vol. 3 (1), 2008, pp. 371-380.

Artikel Surat Kabar :

Anwar Al Said, Kurikulum pendidikan guru LPTK perlu dievaluasi, Kompas, 11 Juli 2012, pp. 12.

Buku :

Dirjen Dikti, Buku Pedoman Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia Edisi 1, Dirjen Dikti, 2010.

Eugene L Chiappetta & Jr. Thomas R. Koblla, Science Instruction in the Middle and Secondary Schools : Developing Fundamental Knowledge and Skills. Allyn

& Bacon, 1994.

Arhur A Carin dan Robert B Sund, Teaching modern science, third edition. Macmillan Publishing Company, 1980.

Soedomo, Aktualisasi pengembangan ilmu pendidikan dalam pembangunan nasional : pidato pengukuhan guru besar, IKIP Malang, 1990.

Sukarjo, Diktat kuliah pendidikan sains terpadu, PPs UNY., 2010.

Wesley Null, Curriculum from theory to practice, Rowman & Littlefield Publishers, 2011.

Sub Direktorat KPS, Buku panduan pengembangan kurikulum berbasis kompetensi perguruan tinggi (sebuah alternative penyusunan kurikulum), Dirjen Dikti, 2008.

Balitbang, Pengembangan silabus dan RPP kurikulum tingkat satuan pendidikan, Depag, 2006.

Depdiknas. Rancangan penilaian hasil belajar, Depdiknas, 2008.

Wijeyaratne, Sri lanka qualifications framework, The World Bank funded Higher Education for Twenty First Century (HETC) Project of the Ministry of Higher Education, 2012.

Depdiknas. Peraturan Pemerintah RI Nomor 8 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, 2012,.

G.V Glas & Hopkins, Statistical methods in education and phycology, Printice Hall Inc, 1984.

Prosiding seminar :

Moses L. Singgih & Rahmayanti, Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pendidikan pada perguruan tinggi. Prosiding Seminar Nasional Bidang Teknik Industri, Yogyakarta, 2008, pp. 133-141. Skripsi/tesis/disertasi/laporan penelitian :

Suparwoto, Prasetyo, Z.K., Mundilarto, Sukardjo, Projosantoso, Evaluasi Kinerja Guru IPA SD, SMP, SMA Se-Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Dan Dosen FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta Pascasertifikas, Universitas

Negeri Yogyakarta, 2010.

Internet :

Badan Pusat Statistik, Keadaan ketenagakerjaan 2011, 2011. Website : www.bps.go.id/brs_file/naker_07nov11.pdf, diakses tanggal 8 Februari 2012.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


  Hasil gambar untuk scholar