PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP MOTIVASI DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI POKOK CAHAYA

Dwi Aprilia Astupura, Hadma Yuliani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengelolaan pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran learning cycle, (2) Motivasi siswa selama mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran learning cycle, (3) Keterampilan proses sains siswa menggunakan model pembelajaran learning cycle, (4) Hasil belajar kognitif menggunakan model pembelajaran learning cycle. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah kelas VIII SMPN 1 Palangka Raya tahun ajaran 2013/2014, dan sampel penelitian adalah kelas VIII-6 yang dipilih secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengelolaan pembelajaran, angket motivasi belajar siswa, tes keterampilan proses sains dan tes hasil belajar kognitif siswa. Analisis data menggunakan program Microsoft excel dan SPSS versi 17.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pengelolaan pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran learning cycle termasuk dalam kategori cukup baik dengan rata-rata sebesar 3,41 (2) Motivasi siswa selama mengikuti
pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran learning cycle termasuk dalam kategori sedang dengan skor rata-rata sebesar 51 (3) Keterampilan proses sains siswa menggunakan model pembelajaran learning cycle termasuk dalam kategori sedang dengan skor rata-rata sebesar 58 (4) Hasil belajar kognitif menggunakan model pembelajaran learning cycle pada materi pokok cahaya dapat menuntaskan 40% siswa dan 60% siswa tidak tuntas dengan ketuntasan TPK sebesar 39% tuntas dan 61% tidak tuntas.

References


DAFTAR PUSTAKA

Arifin, Zainal, Evaluasi Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011

Arikunto, Suharsimi, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2, Jakarta:Bumi

Aksara, 2013

-----------, Manajemen Penelitian, Jakarta: PT.Rineka Cipta, 1999

Aziz, Abdul, “Penerapan Pendekatan Problem Posing dalam Pembelajaran Pokok

Bahasan Gerak Lurus Pada Siswa Kelas X Semester 1 SMAN 3

Palangkaraya Tahun ajaran 2012/2013,” Skripsi

BSNP, Model Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Jakarta:

Departemen Pendidikan Nasional, 2006

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2009

Hamzah, Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta: Bumi Aksara, 2006

Meriana, Penerapan Model Pembelajaran Siklus (Learning Cycle) Pada Materi

Dinamika Partikel Di SMA Negeri 1 Palangka Raya Tahun Ajaran

/2011, SkripsiNgalimun, Strategi dan Model Pembelajaran, Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2012

-------------, Prinsip dan Teknik Pengajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya,

Nikmah Sinarhati, “Pembelajaran Fisika Melalui Model Pembelajaran Langsung

Dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Materi Pengukuran Pada

Siswa kelas VII Semester I di MTsN-2 Palangka Raya Tahun Ajaran 2012

/ 2013 h.55” Skripsi

Nurhalimah, Pembelajaran Menggunakan Model Learning Cycle Dengan

Pendekatan Konstruktivisme Pada Materi Suhu dan kalor Di SMA

Muhammadiyah 1 Palangka Raya Tahun Ajaran 2011/2012, Skripsi

Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Raja Grafindo

Persada, 2007

Sudaryono, Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan, Yogyakarta: Graha

Ilmu, 2013Toharudi, Uus dkk, Membangun Literasi Sains Peserta Didik, Bandung: humaniora,

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Jakarta:Kencana, 2010

Trianto, Model pembelajaran terpadu, Jakarta: Bumi Aksara, 2010

Wena, Made, Strategi pembelajaran Inovatif Kontemporer, Jakarta: Bumi Aksara,




DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v4i1.244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Yatin Mulyono (Wa. 081545134438)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.