KEMAMPUAN GURU DALAM MENGAPLIKASIKAN LANGKAHLANGKAH SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN DI MIN MIRUK ACEH BESAR

Nida Jarmita

Abstract


Peran guru sangat penting dalam mewujudkan kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Maka tugas guru adalah melaksanakan dan mengembangkan pendekatan saintifik minimal di sekolah masing-masing baik secara individu maupun kelompok. Fakta di lapangan menunjukkan aplikasi dari pendekatan saintifik ini masih kurang, guru masih kesulitan membuat Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang memuat langkah-langkah pendekatan ilmiah (scientific approach). Adapun langkah-langkah tersebut meliputi: observing/pengamatan, questioning/bertanya, experimenting/percobaan,
associating/menalar, dan membentuk jaringan/networking. Kelima langkah tersebut tidak seluruhnya muncul dalam rancangan pembelajaran yang telah dibuat guru. Berdasarkan permasalahan yang ditemukan tersebut, maka perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengaplikasikan pendekatan saintifik dalam pembelajaran di kelas rendah dan kelas tinggi. Dengan harapan agar dapat memberi masukan untuk peningkatan kualitas pembelajaran secara khusus dan peningkatan mutu sekolah secara umum.

References


John W Creswell. Educational Research, Third edition . New Jersey: Pearson

Merill Prentice Hall, 2008

M. Hosnan. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembalajaran Abad 21.

Bogor: Ghalia Indonesia, 2014.

Nana Syaodih, dkk. Pengendalian Mutu Pendidikan Sekolah Dasar. Bandung:

Kesuma Karya, 2003.

________, Pengembangan Kurikulum (Teori dan Praktek). Bandung: Remaja

Rosdakarya, 1997.

Oemar Hamalik. Implementasi Kurikulum. Bandung: UPI Press, 2006.

Soetjipto & Raflis Kosasi. Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta, 2009

Syamsu Yusuf. Pedagogik Pendidikan Dasar. Bandung: UPI Press, 2007.

Uyoh Sadulloh, dkk. Pedagogik. Bandung: Cipta Utama




DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v4i1.246

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Yatin Mulyono (Wa. 081545134438)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.