KETERTERAPAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC SKILL DI SMAN 1 KANDANGSERANG

Yatin Mulyono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji keterterapan perangkat pembelajaran dengan pendekatan scientific skill di SMAN 1 Kandangserang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuasi eksperimental dengan one shot
case study melalui intrumen lembar observasi, angket respon peserta didik. Pembelajaran ditekankan pada praktikum untuk mengembangkan scientific skill peserta didik dan mengkonstruk pemahaman konsep melalui pengalamannya dalam praktikum, kemudian mengembangankan pengetahuan dan kecakapan tersebut untuk pemecahan masalah (problem solving). Perangkat pembelajaran dengan pendekatan scientific skill yaitu meliputi silabus, RPP, bahan ajar, lembar diskusi peserta didik (LDPD), dan lembar penilaian scientific skill. Hasil penelitian menunjukkan 86,67% merespon dengan baik, dan penilaian keterterapan oleh praktisi diperoleh rerata skor 97,60%. Hal ini menunjukkan perangkat pembelajaran praktis diterapkan. Berdasarkan hasil penelitian, perangkat pembelajaran biologi dengan pendekatan scientific skill memiliki tingkat keterterapan yang baik, sehingga dapat digunakan untuk membekali scientific skill peserta didik.

References


DAFTAR PUSTAKA

Ali, R. 2011. The Impact Of Motivation On Student’s Academic Achievement

Mathematic In Problem Based Learning Environment. International

Journal Of Academic Research, 3(1): 306-309.

Carolyn . 2006. The development of scientific reasoning skills in conjunction with

collaborative writing assignments: An interpretive study of six ninth-grade

students. Journal of Research in Science Teaching, 31(9): 1003–1022.

Etkina, E., Heuvelen, A.V., White-Brahmia, S., Brookes, D.T., Gentile, M.,

Murthy, S., Rosengrant, D., and Warren, A. 2006. Scientific Abilities And

Their Assessment. Physical Review Special Topics-Physics Education

Research, 2(2): 101-113

Fitri, A. 2011. Dasar Bermuatan Pendidikan Berkarakter Dengan Problem Based

Learning. Jurnal Perangkat Pembelajaran, 1(2): 160-166.

Hobri. 2009. Metodologi Penelitian Pengembangan (Developmental Research).

Jember: UNEJ.Lavoie, D. R. 2009. “Effects of Emphasizing Hypothetico-Predictive Reasoning

within the Science Learning Cycle on High School Student's Process Skills

and Conceptual Understandings in Biology.” Journal of Research in

Science Teaching.36(10): 1127–1147.

Muhfahroyin. 2007. Pengaruh Strategi STAD pada Pembelajaran Biologi Terhadap

Keterampilan Proses Sains Peserta didik SMA Di Kota Metro. Prosiding.

Jakarta: Pendidikan BiologiFKIP Universitas Muhammadiyah Metro

Paidi. 2007. Peningkatan Scientific Skill Peserta didik Melalui Implementasi

Metode Guided Inquiry Pada Pembelajaran Biologi Di SMAN 1

Sleman.Laporan Penelitian. Yogyakarta: FPMIPA UNY

Prasetyo, Z.,Senam.,Wilujeng, I. 2011. Pengembangan Perangkat pembelajaran

Sains Terpadu Untuk Meningkatkan Kognitif, Keterampilan Proses,

Kreativitas Serta Menerapkan Konsep Ilmiah Peserta Didik SMP. Laporan

Penelitian Yogyakarta: PPs UNY

Susiwi., Hinduan, A., Liliasari., Ahmad, S. 2009. Analisis Keterampilan Proses

Sains Siswa Sma Pada Model Pembelajaran Praktikum D-Ei-Hd. Jurnal

Pengajaran MIPA UPI. 14 (2): 761-778Wardani, S., Widodo, A., Priyani, N. 2009. Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik

Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Sains Berorientasi ProblemBased Instruction.Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 3(1): 391-399




DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v4i1.248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Yatin Mulyono (Wa. 081545134438)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.