PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA KONSEP DAUR ULANG SAMPAH DAN PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH TEHADAP KETERAMPILAN BERPKIR TINGKAT TINGGI DI SMA

Ayatusa'adah Ayatusa'adah

Abstract


Kegiatan pembelajaran di SMA Banjarbaru lebih beroreintasi pada produk pembelajaran karena tuntutan persiapan ujian nasional. Komponen perangkat pembelajaran berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) belum sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai karena belum dikembangkan sesuai dengan konteks sekolah. Hal ini kurang sesuai dengan peraturan pemerintah terkait SKL dan standar proses yang menghendaki proses pembelajaran yang efektif dan efesien. Pembelajaran yang efektif dan efesien akan terlaksana jika pembelajaran direncanakan, dilaksanakan, dinilai dan diawasi. Penelitian ini bertujuan menghasilkan prototipe LKS pembelajaran konsep daur ulang sampah. Sebagai indikator pencapaian maka disampaikan tujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa terhadap pembelajaran menggunakan model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBM). Penelitian pengembangan ini dirancang dengan mengikuti tahapan-tahapan penelitian ADDIE untuk menghasilkan prototipe LKS pembelajran konsep daur ulang sampah menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah. Subjek penelitian pada uji kelas adalah siswa kelas X3. Penelitian ini telah berhasil mengembangkan LKS pembelajran dan menghasilkan prototipe LKS pembelajran konsep daur ulang sampah menggunakan model
pembelajaran berdasarkan masalah. Parameter pada uji lapangan 1 di kelas X3 SMA Negeri 2 Banajarbaru menujukkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa sebesar 76,92% yang terkategori sudah baik.

References


DAFTAR PUSTAKA

Afcariono, M. 2008. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk

Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi.

Jurnal Pendidikan Inovatif , Volume 3. No 2. Tahun 2008.

http://jurnaljpi.files.wordpress.com/ 2009/09/vol-3-no-2-muchamadafcariono.pdf. diakses tanggal 12 Juli 2013.

Ali, M. 2010. Metodelogi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Bandung: Pustaka

Cendekia Utama.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Jakarta.

Arikunto, S. 2007. Manajemen penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

BSNP. 2006. Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus dan Contoh/Model Silabus

SMA/MA Mata Pelajaran Biologi. Jakarta: Departmen Pendididkan.

Facrurazi. 2011. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk meningkatkan

kemampuan Berpikir Kritis dan Komonikasi Matematis siswa di Sekolah

Dasar. Edisi Khusus No 1 Agustus 2011.Gagne, R. M., Wager, W. W., Golas, K. C. & Keller, J. M. 2005. Principles of

Instructional Design. Fifth edition, Singapore: Wadsworth Thomson

Learning

Gage, N. L. 1966 . Handbook of Research On Teching Project of The American

Educational Research Association. A Departement of The National

Education Association. Chicago.

Huitt, W. 2003. Constructivism. Education Psychology Interactive. Valdosa, GA.

Valdosa State.

Jhonson, E.B. 2011. Contextual Teaching and learning: Menjadikan kegiatan

belajar-mengajar mengasikkan dan bermakna. Bandung : Kaifa.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2007. Peraturan Mentri Pendidikan Nasional

No 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar

dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional

No 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.Gagne, R. M., Wager, W. W., Golas, K. C. & Keller, J. M. 2005. Principles of

Instructional Design. Fifth edition, Singapore: Wadsworth Thomson

Learning

Gage, N. L. 1966 . Handbook of Research On Teching Project of The American

Educational Research Association. A Departement of The National

Education Association. Chicago.

Huitt, W. 2003. Constructivism. Education Psychology Interactive. Valdosa, GA.

Valdosa State.

Jhonson, E.B. 2011. Contextual Teaching and learning: Menjadikan kegiatan

belajar-mengajar mengasikkan dan bermakna. Bandung : Kaifa.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2007. Peraturan Mentri Pendidikan Nasional

No 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar

dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional

No 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.Purnamaningrum, A. 2012. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif melalui

Problem based learning (PBL) pada pembelajaran biologi siswa kelas X10

SMA Negeri 3 Surakarta Tahun pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan

Biologi. http://biologi.fkip.uns.ac.id/wpcontent/uploads/2012/02/ARIFAHPURNAM ANINGRUM.pdf. diakses

tanggal 12 Juli 2013.

Rahmaniati, R. 2011. Pengaruh Penerapan Perangkat Pembelajaran dengan

Model PBI terhadap Keterampilan Performans Siswa. Tesis. Pascasarjana

Pendidikan Biologi. Banjarmasin. Tidak Dipublikasikan.Reiser, R. A. 2001. A History of Instructional Design and Technology. In Reiser, R

A and Dempsey, J. V,. ed’s. Trends and issue in instructional design an

technology. Englewood Cliffs: Prentice Hall College Division.

Reta, I.K. 2012. Pengaruh model pembelajaran Berbasis masalah terhadap

keterampilan berpikir Kritis ditinjau dari Gaya kognitif siswa. Artikel

Program studi Pendidikan IPA, Program Pascasarjana Universitas

Pendidikan Ganesha.

Ridwan. 2010. Naskah Akademik Biologi.Jakarta: Kementerian Pendidikan

Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat kurikulum.

Rosnawati. 2005. Pembelajaran Matematika Yang Mengembangkan Berpikir

Tingkat Tinggi. Makalah. Disampaikan dalam Seminar Nasional.

Saputra, M. Yudha. (2005). Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan

Keterampilan Anak. Jakarta: Depdiknas.Shelton, K dan George Saltsman. Applying the ADDIE Model to Online Instruction,

dalam Lawrence A. Tomei (Ed.). Adapting Information and

Communication Technologies for Effective Education (USA: Robert

Morris University, 2008) hh. 42-43 (http://elearning.bahcesehir.edu.tr/coursecontent/se5301%20itsm

/applying%20the%20addie%20model%20to%20online%20instruction.pdf,

diakses 30 Desember 2012).

Singer, Dorothy G., dan Revenson, T A. 1996. A Piaget Primer How a Child

Thinks. New York: A Plume Book.

Soekartawi. 1995. Meningkatkan Efektivitas Mengajar. Jakarta: Pustaka Jaya

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Metode Penelitian Kuantitatif dan

Kualitatif R&D.Jakarta: Alfabeta.

Yamin, M dan Maisah. 2012. Orientasi Baru Ilmu Pendidikan. Jakarta: Referensi.

Yulinda, R. 2011. Hasil Belajar, Kinerja, dan Keterampilan Berpikir Tingkat

Tinggi Siswa SMA pada Pembelajaran Konsep Jenis dan Daur Ulang

Limbah melalui Proses-Proses Problem Solving. Tesis. Pascasarjana

Pendidikan Biologi. Banjarmasin. Tidak Dipublikasikan.

Yaumi, M. 2013. Prinsip-prinsif Desain Pembelajaran. Jakarta : Kencana.




DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v4i1.249

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Yatin Mulyono (Wa. 081545134438)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.