PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KREATIF PRODUKTIF DALAM PEMBELAJARAN FISIKA MATERI GAYA

Surif Surif, Fitri Diana Wulansari, Sri Fatmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) aktivitas guru dengan menggunakan model pembelajaran kreatif produktif pada materi gaya, (2) aktivitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran kreatif produktif, (3) Hasil belajar siswa pada materi gaya dalam pembelajaran kreatif produktif, (4) respon siswa terhadap model pembelajaran kreatif produktif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah semua kelas VIII semester 2 MTsN II Palangka Raya Tahun Ajaran 2013/2014 dan sampel penelitian adalah kelas VIII-E dengan jumlah siswa 35 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar pengamatan aktivitas guru, aktivitas siswa, tes hasil belajar siswa sebanyak 35 soal, serta angket respon siswa. Hasil penelitian diperoleh bahwa aktivitas guru dengan menggunakan model pembelajaran kreatif produktif pada materi gaya diperoleh skor rata-rata 40 dengan kategori baik. Aktivitas siswa yang dominan dalam model pembelajaran kreatif produktif adalah saat siswa melakukan kegiatan percobaan diperoleh persentase rata-rata 11,5%. Hasil belajar siswa secara individu diperoleh 26 siswa tuntas dan 8 siswa tidak tuntas, ketuntasan TPK diperoleh 27 TPK tuntas dan 7 TPK tidak tuntas. Respon siswa terhadap model pembelajaran kreatif produktif
memotivasi siswa lebih aktif dalam pembelajaran fisika(97,06%). Siswa menyatakan baru proses pembelajaran fisika dengan menggunakan model pembelajaran kreatif produktif (79,41%). Siswa merasa senang selama mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kreatif produktif (94,12%).

References


DAFTAR PUSTAKA

Aqib, Zainal. 2007. Membangun Profesionalisme Guru Dan Pengawas Sekolah.

Bandung: Yrama Widya

Arkundato, Artoto, dkk. 2007. Pembaharuan Dalam Pembelajaran Fisika. Jakarta:

Universitas Terbuka.

Mulyasa, E. 2008. Kurikulum yang Disempurnakan. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Purwanta, Edi. “Pelatihan Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Pendekatan

SAVI bagi Guru SLB ABDE Tunas Kasih Donoharjo dan GuruSLB seKab. Sleman”. Makalah. t.d. makalah disampaikan 21 maret 2006.

Qadariah, Annur. 2009. “Penggunaan Model Pembelajaran Kreatif dan Produktif

pada Materi Pokok Cahaya di Kelas VIII Semester 1 Madrasah

Tsanawiyah Negeri 2 Palangka Raya Tahun Ajaran 2009/2010”. Skripsi.

t.d.

Riduan. 2004. Metode dan teknik menyusun tesis. Bandung: Alfa BetaSemiawan, Conny. Dkk. 1985. Pendekatan Keterampilan Proses Bagaimana

Mengaktifkan Siswa dalam Belajar. Jakarta: Gramedia.

Sudjiono, Anas. 2005..Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.

Sugeng Yuli Irianto, Wasis. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 2. Jakarta: pusat

perbukuan, Depdiknas

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2008. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep,

Landasan, dan Implementasinya pada kurikulum Tingkat Satuan (KTSP).

Jakarta: Kencana. 2010.

Uzer Usman, Moh. 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Wena, Made. 2010. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer (Suatu Tinjauan

Konseptual Operasional). Jakarta: Bumi Aksara.

Yennita, dkk. 2009. Penerapan Strategi Kreatif-Produktif Untuk Meningkatkan

Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X MAN 1 Pekanbaru Pada Aspek

Keterampilan Psikomotor dan Sosial. Jurnal Geliga Sains. 3 (1), 17-22.




DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v3i1.250

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Yatin Mulyono (Wa. 081545134438)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.