PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PADA POKOK BAHASAN SUHU DAN KALOR

Meliana Sari, Suhartono Suhartono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (a) mengetahui apakah ada perbedaan siginifikan hasil belajar fisika antara siswa yang diajar dengan model inkuiri terbimbing dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional, (b) mengetahui aktifitas siswa yang diajar dengan model inkuiri terbimbing. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan
Randomized subjects, Pretest-Postest Control Group Design. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar kognitif siswa, angket aktifitas guru dan siswa serta angket respon siswa. Tingkat realibilitas soal 0,697 kategori tinggi. Populasi penelitian adalah kelas X semester II MAN Model Palangka Raya Tahun Ajaran 2012/2013, sampel penelitian adalah kelas X-5 berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X-6 berjumlah 32 orang sebagai kelas kontrol. Analisis data THB pretest dan postest menggunakan program SPSS versi 17.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Siswa yang belajar di kelas eksperimen dengan model inkuiri terbimbing memiliki nilai rata-rata 44,54, sementara siswa yang belajar di kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional memiliki nilai rata-rata 46,33. Analisis hipotesis pada posttest, gain dan N-gain menunjukan tidak terdapat perbedaan signifikan antara siswa yang diajar dengan
model inkuiri terbimbing dan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional (2) Penilaian Aktifitas siswa pada kelas eksperimen didapat nilai ratarata sebesar 2,72 dengan kategori cukup baik.

References


DAFTAR PUSTAKA

BSNP, 2006. Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus dan Contoh/Model Silbus,

Jakarta : ttp

Marjana, Made Alit . 2000. Kecendrugan Pendidikan IPA, Bandung : Pusat

Pengembangan Penataran Guru Ilmu Pengetahuan Alam

Suharsimi, Arikunto. 2007.Dasar- dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi).

Jakarta: Bumi Aksara.

Rostina Sundayana, 2014. Statistika Penelitian Pendidikan, Bandung: AlfabetaSukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya.

Jakarta: PT Bumi Aksara.

Trianto. 2010. Mendesain model pembelajaran Inovatif – Progresif : konsep,

landasan, dan implementasinya pada kurikulum Tingkat Satuan

Pendidikan ( KTSP ). Jakarta: Kencana.

Winkel, W. S. 1996.Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT. Gramedia.




DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v3i1.251

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Yatin Mulyono (Wa. 081545134438)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.