PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE THE LEARNING CELL PADA POKOK BAHASAN BUNYI
Abstract
the learning cell pada pokok bahasan bunyi didapat nilai rata-rata 3,5. (2) Ketuntasan hasil belajar kognitif secara individu didapat 16 siswa yang tuntas (54%), dan 14 siswa tidak tuntas (46%). Secara klasikal pembelajaran aktif tipe the
learning cell dikatakan tidak tuntas, karena hanya 53,33% siswa tuntas sehingga belum memenuhi kriteria ketuntasan klasikal ≥80%. TPK kognitif yang tuntassebanyak 15 TPK dari 23 TPK. (3) Respon siswa menyatakan 93,3% setuju bahwa strategi pembelajaran aktif tipe the learning cell membuat siswa aktif, baru, dan menyenangkan. Siswa menyatakan 93,3% setuju bahwa lembar bacaan yang diberikan dapat membantu dalam pembelajaran the learning cell.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics
Abstract view : 334 times | PDF (Bahasa Indonesia) view : 230 timesReferences
DAFTAR PUSTAKA
Aswan Zain,dkk. 2002. Strategi Belajar Mengaqjar, Jakarta: Rineka Cipta
Direktorat Jendral Pendidikan Islam. 2006.Undang-Undang dan Peraturan
Pemerintah RI Tentang Pendidikan. Jakarta : DEPAG RI.
Irfan, Mahmud dan Mastuki. 2000. Teknologi Pendidikan Sebagai Paradigma
Pendidikan Islam. Jakarta: Agung Insani.
Mulyasa, E. 2009. Kurikulum Yang Disempurnakan, Bandung: PT.Remaja
Rosdakaya,
Martinis Yamin, 2008. Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP, Jakarta:
Gaung Persada Press.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif
dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryosubroto. 1990. Beberapa Aspek Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Rieneka
Cipta
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep,
Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP). Jakarta: Kencana
DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v3i1.252
Article Metrics
Abstract view : 334 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 230 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Contact Person:
Luvia Ranggi Nastiti (Can't talk, WhatsApp only +62 811520115)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.