PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE THE LEARNING CELL PADA POKOK BAHASAN BUNYI

Tati Tati, Suhartono Suhartono, Triwid Syafarotun Najah

Abstract


"> Penelitian yang telah dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Aktifitas siswa melalui penerapan strategi pembelajaran aktif tipe the learning cell pada pokok bahasan bunyi, (2) Hasil belajar fisika setelah diterapkan strategi pembelajaran aktif tipe the learning cell pada pokok bahasan bunyi, dan (3) Respon siswa terhadap pembelajaran fisika melalui penerapan strategi pembelajaran aktif tipe the learning cell pokok bahasan bunyi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, dengan populasi kelas VIII dan Sampel penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling yaitu kelas VIII-8 semester II SMP Negeri 2 Palangka Raya berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan lembar pengamatan aktifitas siswa dan tes hasil belajar (THB) kognitif siswa, dengan instrumen tes berjumlah 30 butir soal pilihan ganda dengan 4 option dari 50 soal yang telah diuji validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukarannya. Hasil penelitian diperoleh: (1) Aktifitas siswa menggunakan pembelajaran
the learning cell pada pokok bahasan bunyi didapat nilai rata-rata 3,5. (2) Ketuntasan hasil belajar kognitif secara individu didapat 16 siswa yang tuntas (54%), dan 14 siswa tidak tuntas (46%). Secara klasikal pembelajaran aktif tipe the
learning cell dikatakan tidak tuntas, karena hanya 53,33% siswa tuntas sehingga belum memenuhi kriteria ketuntasan klasikal ≥80%. TPK kognitif yang tuntassebanyak 15 TPK dari 23 TPK. (3) Respon siswa menyatakan 93,3% setuju bahwa strategi pembelajaran aktif tipe the learning cell membuat siswa aktif, baru, dan menyenangkan. Siswa menyatakan 93,3% setuju bahwa lembar bacaan yang diberikan dapat membantu dalam pembelajaran the learning cell.

References


DAFTAR PUSTAKA

Aswan Zain,dkk. 2002. Strategi Belajar Mengaqjar, Jakarta: Rineka Cipta

Direktorat Jendral Pendidikan Islam. 2006.Undang-Undang dan Peraturan

Pemerintah RI Tentang Pendidikan. Jakarta : DEPAG RI.

Irfan, Mahmud dan Mastuki. 2000. Teknologi Pendidikan Sebagai Paradigma

Pendidikan Islam. Jakarta: Agung Insani.

Mulyasa, E. 2009. Kurikulum Yang Disempurnakan, Bandung: PT.Remaja

Rosdakaya,

Martinis Yamin, 2008. Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP, Jakarta:

Gaung Persada Press.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif

dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryosubroto. 1990. Beberapa Aspek Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Rieneka

Cipta

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep,

Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan

(KTSP). Jakarta: Kencana




DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v3i1.252

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Yatin Mulyono (Wa. 081545134438)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.