PERBANDINGAN PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF ADOPSI DENGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MTSN PADA KONSEP SISTEM PENCERNAAN DI MTSN 1 MODEL PALANGKA RAYA

Susilawati Susilawati, Jumrodah Jumrodah

Abstract


Konsep sistem pencernaan sangat kompleks dan rumit yang bersifat hapalan sehingga sulit dipahami siswa. Pembelajaran dengan menggunakan multimedia interaktif adalah pembelajaran yang menggunakan komputer dengan program
macromedia flash 8 untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar dan animasi dengan alat bantu dan koneksi (tool dan internet link), sehingga pengguna dapat berinteraksi, dan berkarya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar siswa dengan menggunakan multimedia interaktif adopsi pada konsep sistem pencernaan di MTsN 1 Model Palangka Raya, (2) hasil belajar siswa dengan menggunakan multimedia interaktif MTsN pada konsep sistem pencernaan di MTsN 1 Model Palangka Raya, (3) ada atau tidaknya perbedaan penggunaan multimedia interakti adopsi dengan multimedia interaktif MTsN pada konsep system pencernaan di MTsN 1 Model Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan metode comparative (Perbandingan). Subyek penelitian terdiri dari dua kelas VIII yaitu kelas VIII-3 dengan menggunakan multimedia interaktif adopsi dan kelas VIII-2 dengan menggunakan multimedia interaktif MTsN. Penelitian dilakukan di laboratorium komputer MTsN 1 Model Palangka Raya. Multimedia interaktif yang digunakan dikemas dalam bentuk CD. Data dikumpulkan dengan metode tes, dan dokumentasi. Data hasil tes dianalisis dengan uji-t.
Dari hasil analisis data diperoleh: (1) rata-rata hasil belajar siswa menggunakan multimedia interaktif adopsi adalah 76, (2) rata-rata hasil belajar siswa menggunakan multimedia interaktif MTsN adalah 74, (3) tidak terdapat perbedaan penggunaan multimedia interaktif adopsi dengan multimedia interakti MTsN pada konsep sistem pencernaan di MTsN 1 Model Palangka Raya dapat dilihat dari nilai t
0 = 3,4 lebih besar dari nilai tt 0,05 (3,4 > 2,021), maka Ho
diterima dan Ha ditolak. Konsep sistem pencernaan dapat diajarkan dengan menggunakan multimedia interaktif adopsi maupun multimedia interaktif MTsN di MTsN 1 Model Palangka Raya, sehingga pembelajaran lebih menarik, bermakna dan menjadikan siswa lebih aktif dalam proses belajar.

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdurrahman, M. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta:

Rineka Cipta.

Adi Suryanto dan Yuni Tri Hewindati, Pemahaman Murid Sekolah Dasar terhadap

Konsep IPA Berbasis Biologi:Suatu Diagnosis Adanya Miskonsepsi,

(Jurnal Pendidikan, Vol.5, No.1, Jakarta:Lembaga Penelitian Universitas

Terbuka, Maret 2004)

Ahmadi, A. 2001. Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2002.Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka

Cipta.

---------------. 1997.Manajemen Penelitian, Jakarta: Bumi Aksara

---------------. 2003.Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Arinto Nugroho,A. 2009. Materi Inti dan Soal Jawab IPA Terpadu untuk Kelas VIII

SMP dan MTs, Solo: Tiga Serangkai.

Kartono, Kartini. 2000.Bimbingan Belajar di SMA dan Perguruan Tinggi,

Jakarta:Rajawali.Made, Idkk. 2009. Desain Pembelajaran Multimedia, Singaraja:--. (Dalam bentuk

Pdf) online tanggal 22 Mei 2011

Malik,O. 2009. Media Pengajaran, Jakarta:Raja Grafindo Persada.

Mudzakir, A. 2001. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Pustaka Setia.

Nurhayati. B. S dalam Buchari Alma. 2008. Model dan Media Pembelajaran Bisnis

dengan Penerapan Kooperatif Team Game Tournament, Bandung:

Alfabeta.

Purwanto, N. 2002. Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sardiman, A.N. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja

Grafindo Persada.

Sederajat, dkk. 2002. Evaluasi Pembelajaran siswa Berbasis Kemampuan Dasar,

Jakarta: Depag RI, Dirjen kelembagaan Agama Islam.

Shahih Al-Bukhari/Kitab Fadha`il Al-Qur`an/Bab Khairukum Man Ta’allama AlQur`an wa ‘Allamah/hadits nomor 5027.

(abduhzulfidar.multiply.com/journal/item/19 online hari Kamis, 08

September 2011)

Shahih Al-Bukhari/Kitab Tafsir Al-Qur`an/Bab ‘Abasa wa Tawalla/4556,

dan Shahih Muslim/Kitab Al-Musafirin/Bab Fadhl Al-Mahir fi AlQur`an/1329, dari Aisyah Radhiyallahu ‘Anha.(abduhzulfidar.multiply.com/journal/item/19 online hari Kamis, 08

September 2011)

Slameto. 2003.Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya,Jakarta: Rineka

Cipta

Sukmadinata, N. S. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan,

Bandung:Remaja Rosda Karya, 2003

Surapranata, 2004. Analisis Validitas, Reabilitas, dan Interpretasi Hasil Tes

Implementasi Kurikulum, Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Tesis Nurul Septiana, Pembelajaran Kimia menggunakan Tai (Team Assisted

Individualization) dan Gi (Group Investigation) Ditinjau Dari

Keingintahuan Dan Kreativitas Siswa(Studi Kasus Pokok Bahasan Laju

Reaksi Pada Siswa Kelas XI Program Ilmu Alam MA Negeri 1 Surakarta

pada Tahun Ajaran 2009/2010)




DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v3i1.253

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Yatin Mulyono (Wa. 081545134438)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.