PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DENGAN MEDIA TTS TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DI MTS DARUL ULUM PALANGKA RAYA

Sarinah Sarinah, Atin Supriatin

Abstract


> Berdasarkan observasi hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA khususnya biologi belum sepenuhnya mencapai nilai KKM yang ditentukan terutama pada materi perkembangan manusia yang penyampaiannya memerlukan peran peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran. Rendahnya nilai peserta didik disebabkan minat belajar mereka masih rendah, masih kurangnya minat baca serta motivasi belajar peserta didik, pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher center), sehingga peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian eksperimen semu (quasi experimental) dengan desain penelitian yaitu nonequivalent control group pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournaments (TGT) dengan media teka-teki silang (TTS) berpengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen pada perkembangan manusia di kelas VIII MTs Darul Ulum Palangka Raya. Hal tersebut berdasarkan tabel anova dengan α = 0.05 < Sig. atau 0,000 < 0,05. Artinya, Ho ditolak dan Ha diterima.

Article Metrics

Abstract view : 940 times | PDF (Bahasa Indonesia) view : 528 times

References


DAFTAR PUSTAKA

Handayani, Fitri, “Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT)

untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Purwodadi

Kabupaten Pasuruan pada Materi Keragaman Bentuk Muka Bumi”, Jurnal

Penelitian Kependidikan, TH. 20, No. 2, Oktober 2010.

Ikhsanuddin dan Tuszie Widhiyanti, “Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi

untuk MeningkatkanPemahaman Konsep, Keterampilan Generik Sains dan

Berpikir Kritis Siswa pada Topik Hidrolisis Garam dan Sifat Koligatif

Larutan”, Artikel, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 2007

Isjoni, Pembelajaran Kooperatif, Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2009.

Katsir, Ibnu, Tafsir Juz ‘Amma, Jakarta: Pustaka Azzam, 2004.

Lestarti, Wahyu, Bekti, dalam penelitiannya yaitu “Pendekatan Active Learning

Melalui Model Predict, Observe, Explain (POE) Disertai Media Teka Teki

Silang (Crossword Puzzle) Untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar Sains

Siswa Kelas VII C SMP Negeri 7 PurworejoMangkuatmodjo, Soegyarto,

Statistik Lanjutan, Jakarta: Rineka Cipta: 2004

Priatno, Duwi, Belajar Cepat Olah Data Statistik dengan SPSS, Yogyakarta: Andi

Offset, 2012.Riduwan dkk, Cara Mudah Belajar SPSS 17.0 dan Aplikasi Statistik Penelitian,

Bandung: Alfabeta, 2011.

Shihab, Quraish, Tafsir Al-Misbah Volume 12, Jakarta: Lentera Hati, 2002.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan

R&D, Bandung: Alfabeta, 2007.

Sukmadinata, Nana, Syaodih, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung:

Rosdakarya. 2007.

Surapranata, Sumarna, Analisis, Validitas, Reliabilitas dan Interpretasi Hasil Tes

Implementasi Kurikulum 2004, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.

Syaifulloh, Ahmad “Pengaruh Sikap, Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi

Belajar Bahasa Arab Kelas IV SD Muhammadiyah Aspen Yogyakarta”

Skripsi, Yogyakarta: Univesitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2008.

Titik Dwi Rahayu, “Penerapan Metode Pembelajaran TGT (Teams Games

Tournament) dengan Media TTS (teka-teki silang) untuk Perbaikan Proses

Pembelajaran Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Surakarta” Skripsi,

Universitas Sebelas Maret, 2008.

Usman, Basyiruddin dan Asnawir, Media Pembelajaran, Jakarta: Delia Citra

Utama, 2002




DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v3i1.254

Article Metrics

Abstract view : 940 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 528 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Luvia Ranggi Nastiti (Can't talk, WhatsApp only +62 811520115)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.