PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN di KELAS VII SEMESTER II MTs DARUSSALAM KOTA BESI KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR TAHUN AJARAN 2014/2015

Devi Purwanti

Abstract


Berdasarkan hasil observasi di MTs Darussalam Kota Besi menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan tidak bervariasi dan metode yang digunakan hanya metode ceramah sehingga pembelajaran menjadi monoton dan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam menerima pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran Inkuiri. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa materi pencemaran lingkungan di kelas VII semester II MTs Darussalam Kota Besi, (2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran inkuiri di kelas VII MTs Darussalam Kota Besi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Sebelum dilakukan tes, soal-soal tersebut diuji cobakan terlebih dahulu. Semua butir-butir soal ditentukan tingkat reliabilitas dan validitasnya melalui korelasi point bisereal. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas VII MTs Darussalam Kota Besi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap hasil belajar siswa materi pencemaran lingkungan di kelas VII semester II MTs Darussalam Kota Besi Kabupaten Kotawaringin Timur Tahun Ajaran 2014/2015, (2) dengan model pembelajaran inkuiri terjadi peningkatan hasil belajar siswa secara signifikan.

References


DAFTAR PUSTAKA

Amalia Husna Marwan, ensiklopedi Ilmu Pengetahuan Alam, Bandung : Sinergi

Pustaka Indonesia, 2007

Amelia Fadilla Permaisari, “Pengaruh Pembelajaran Kimia Terintegrasi Nilai

terhadap hasil belajar siswa“ : UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta, 2011

A.Tresna Sastrawijaya, Pencemaran Lingkungan, Jakarta: Rineka Cipta, 2009

Arikunto Suharsimi, Prosedur Penelitian, (Suatu Pendekatan Praktik ), Jakarta :

Rineka Cipta, 2000

Arikunto Suharsimi, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara,

Arikunto Suharsimi, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara,

Arikunto Suharsimi, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi Cetakan 12,

Jakarta: Bumi Aksara, 2011

Aunurrahman, Belajar dan Pembelajaran, Bandung : Alfabeta, 2010 Departemen

Agama RI, Al-Qur’an dan terjemahnya, Jakarta: CV. Indah Press, 2002

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 1999

Erlina Sofiani, Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry ) Terhadap

Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Konsep Listrik Dinamis di SMP Negeri 1

Sukajaya Kabupaten Bogor, Jurnal Pendidikan Universitas Islam Syarif Hidayatullah.Fatimah Muid, Inspirasi Sains (pelajaran IPA terpadu untuk SMP kelas VII ),

Jakarta :

Ganeca Exact, 2007 Fathurrohman Pupuh, strategi belajar mengajar, Bandung:

Refika Aditama, 2007

Hanafiyah Nanang & Cucu Suhana, Konsep Strategi Pembelajaran, Bandung :

Refika Aditama,2009

Kumalasari Kokom, Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi, Bandung:

Refika Aditama, 2010

M. Quraish Shihab, Tafsir AlMisbah, Pesan Kesan dan Keserasian Al-Qur’an,

Lentera Hati : 2002

Nasution S, Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta :

Bumi Aksara, 2003

Ngalimun, Femeir Liadi, dan Aswan, strategi dan model pembelajaran berbasis

paikem, Banjarmasin : Pustaka Banua, 2013

Rusman, Model-Model Pembelajaran, Jakarta : Rajawali Pers, 2011Sagala Syaiful, Konsep dan Makna Pembelajaran ( Untuk membantu memecahkan

problematika belajar dan mengajar, Bandung: Alfabeta, 2003

Sardiman, Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Pers, 2003

Skripsi Supryanti, Pengaruh Motivasi pembelajaran melalui model Inquiry

terhadap keaktifan Siswa dalam Belajar Biologi Materi Ekosistem di MTs

NU Al Syairiyah Limpung Batang Tahun Ajaran 2009/2010,

IAIN walisongo semarang Slameto, Belajar dan Faktor – Faktor Yang

Mempengaruhi, Jakarta : Rineka Cipta, 2010

Sofan Amri dan Lif Khoiru Ahmadi, Konstruksi Pengembangan Pembelajaran (

Pengaruhnya Terhadap Mekanisme dan Praktik Kurikulum ), Jakarta :

prestasi pustakarya, 2010

Sudjana Nana, Penilaian Hasil Belajar Proses Belajar Menagajar, Bandung:

Remaja Rosdakarya, 2010

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan, Kantitatif, Kualitatif dan R

& D, Bandung : Alfabeta, 2007

Suko prayogi, “Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Luas Bangun

Datar Siswa Kelas 5 SDN Ponolawen 2 Kesesi Pekalongan Melalui

Implementasi Metode Discovery”, Jurnal Pendidikan UNS. Tim Abdi

Guru, IPA Terpadu untuk SMP/MTs kelas VII, Jakarta : Erlangga, 2013Tim Redaksi, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka, 2005

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran InovatifProgresif, Jakarta: kencana,

Trianto, Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya

Dalam Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ), Jakarta : Bumi Aksara, 2010




DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v3i1.256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Yatin Mulyono (Wa. 081545134438)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.