PEMBELAJARAN I-SETS (Studi Pada Pembelajaran Kimia Dasar Program Studi Tadris Biologi STAIN Palangka Raya Tahun Akademik 2012/2013)

Mukhlis Rohmadi

Abstract


Abstrak
Pembelajaran yang dilaksanakan di mata pelajaran maupun mata kuliah sains (IPA) selama ini jarang sekali dikaitkan dengan teknologi yang berhubungan. Pada dasarnya, ilmu sains berhubungan erat dengan teknologi yang dikembangkan. Untuk lebih membuat bermaknanya pembelajaran kimia dasar, maka perlu dikembangkan pembelajaran I-SETS (Islamic, Science, Environment, Technology and Society). Hal ini merupakan tantangan bagi para pendidik untuk mengembangkan model pembelajaran I-SETS.
Penelitian ini ada satu masalah yang diangkat dan akan dijawab, yaitu “bagaimanakah pembelajaran I-SETS pada mata kuliah Kimia Dasar?” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pembelajaran I-SETS pada mata kuliah Kimia Dasar dan memberikan alternatif cara untuk melaksanakan pembelajaran kimia dasar yang bernilai Islam dan memenuhi unsur SETS.
Dalam penelitian ini subjek penelitian adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah Kimia Dasar pada semester ganjil tahun Akademik 2012/2013. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang digunakan untuk mengembangkan model pembelajaran I-SETS, yaitu pembelajaran yang menghubungkan keterkaitan unsur Science, Environment, Technology, Society yang dilandasi oleh nilai Islam (Islamic). Dalam penerapannya, terlihat bahwa aktifitas mahasiswa meningkat dan mendapatkan pengalaman belajar baru dalam dunia ipa, yaitu belajar tidak hanya mempelajari ilmu pengetahuannya saja namun mengaitkannya pada unsur lain, serta tidak ditinggalkannya unsur Islam.
Kata Kunci : I-SETS, Pembelajaran, kimia, islam, sains, lingkungan, teknologi, masyarakat



DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v1i1.26

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Yatin Mulyono (Wa. 081545134438)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.