PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY DAN GUIDED INQUIRY TERHADAP HASIL KOGNITIF, KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH SISWA PADA MATERI HUKUM NEWTON DI SMPN 3 PALANGKA RAYA

Etik Susanti, Suhartono Suhartono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) terdapat tidaknya perbedaan yang signifikan hasil belajar kognitif siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model guided discovery dan pembelajaran dengan model guided inquiry pada materi hukum Newton, (2) terdapat tidaknya perbedaan yang signifikan keterampilan proses sains siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model guided discovery dan pembelajaran dengan model guided inquiry pada materi hukum Newton, (3) terdapat tidaknya perbedaan yang signifikan sikap ilmiah siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model guided discovery dan pembelajaran dengan model guided
inquiry pada materi hukum Newton.Penelitian ini menggunakan model rancangan
nonequivalent control group design.Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar kognitif siswa, tes keterampilan proses sains dan lembar pengamatan sikap ilmiah siswa. Populasi penelitian adalah kelas VIII semester 1 SMPN 3 Palangka Raya, sampel penelitian adalah kelas VIII-3 berjumlah 36 orang sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-1 berjumlah 34 orang sebagai kelas eksperimen. Analisis data pretest dan
posttest THB Kognitif, keterampilan proses sains dan Sikap ilmiah siswa menggunakan program SPSS versi 17.0 for windows.Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) berdasarkananalisis hipotesis pada posttest, gain dan N-gain hasil belajar kognitif menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang
diajar dengan model guided discovery di kelas kontrol dan siswa yang diajar dengan model guided inquiry di kelas eksperimen, dengan nilai signifikansi posttest 0,960 > 0,05, (2) berdasarkan analisis uji hipotesis pada posttest keterampilan proses sains menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajar dengan model guided discovery di kelas kontrol dan siswa yang diajar dengan model
guided inquiry di kelas eksperimen, dengan nilai signifikansi posttest 0,231 > 0,05. Analisis hipotesis gain dan N-gain keterampilan proses sains menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajar dengan model guided discovery di kelas kontrol dan siswa yang diajar dengan model guided inquiry di kelas eksperimen, (3)berdasarkananalisis hipotesis pada nilai rata-rata sikap ilmiah siswa menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajar dengan model
guided discovery di kelas kontrol dan siswa yang diajar dengan model guided inquiry di kelas eksperimen, dengan nilai signifikansi sikap ilmiah 0,793 > 0,05.

References


Ahmad, Yusuf Al-Hajj, Seri Kemukjizatan Al-Qur’an dan Sunnah Kemukjizatan

Bumi dalam Al-Qur’an dan Sunnah, Yogyakarta: Sajadah Press, 2008.

Ahmadi,Iif Khoiru dkk,Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu, Surabaya: Prestasi

Pustaka, 2011.

Arikunto,Suharsimi, Menejemen Penelitian, Jakarta: PT, Rineka Cipta, 1999.

Aunurrahman,Belajar Dan Pembelajaran, Bandung: Alfabeta, 2010.

Baharuddin, Teori Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2008.

Bueche, Frederick J, dan Eugene Hecht, Fisika Universitas Edisi Kesepuluh,

Jakarta: Erlangga, 2006.Departemen Agama RI, Al-Hikmah Al-Qur’an dan Terjemahannya, Bandung:

Diponegoro, 2014.

Depdikbud RI, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2005.

Djamarah, Saiful Bahri, Psikologi Belajar, Jakarta : PT,Rineka Cipta, 2002.

Dwiguna,Hayati, Perbandingan Penggunaan Model GuidedInquiry dan Model

Guided Discovery Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa

pada Pembelajaran Fisika.Repositori,upi,edu, Universitas Pendidikan

Indonesia, Thesis, 2013.

Giancoli, Douglas C, Fisika Edisi kelima Jilid 1, Jakarta: Erlangga, 2001.

Furchan, Arief, PengajaranPenelitian dalam Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka

Pelajar, 2007.

Haliday, David dkk, Fisika Dasar Edisi 7 Jilid 1, Jakarta: Erlangga, 2010.

Haliday, David dan Robert Resnick, Fisika Edisi ke 3, Jakarta: Erlangga, 1985.

Hanafiah, Nanangdan Cucu suhana, Konsep Strategi Pembelajaran, Bandung: PT

Refika Aditama, 2012.

Herabudin,Ilmu Alamiah Dasar , Bandung: Pustaka Setia, 2010.

Iskandar,Metodologi Pendidikan dan Sosial, Jakarta: Gaung Persada Press, 2009.

Jasin, Maskoeri, Ilmu Alamiah Dasar, Jakarta: Raja Graindo Persada, 2010.

Linda Aprilia dan Sri Mulyaningsih,Penerapan Perangkat Pembelajaran Materi

Kalor melalui Pendekatan Saintifik dengan Model Pembelajaran Guided

Discovery Kelas X SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), ISSN:

-4496, Vol, 03 No, 03, 2014.

Majid,Abdul, Strategi Pembelajaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.

Purnama, Hari,Ilmu Alam Alamiah Dasar, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2003.

Riduan dan Sunarto,Pengantar Statistika, Bandung: Alfabeta, 2007.

Riduan dkk., Cara Mudah Belajar SPSS 17.0 dan Aplikasi Statistik Penelitian,

Bandung: Alfabeta, 2013.

Riyanto, Yatim, Paradigma Baru Pembelajaran, Jakarta : Kencana Prenada Media

Group, 2010.

Rusman, Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru,

Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2011.

Sani, Ridwan Abdullah, Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi kurikulum 13,

Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

Sanjaya, Wina,Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan,

Jakarta : Kencana, 2011.Sari, Meliana, Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Dalam Pembelajaran Fisika

Pada Pokok Bahasan Suhu Dan Kalor Di Kelas X Man Model Palangka

Raya Semester II Tahun Ajaran 2012/2013, Sekolah Tinggi Agama Islam

Negeri, Skripsi, 2013.

Semiawan, Coni dkk, Pendekatan Keterampilan Proses Bagaimana Mengaktifkan

Siswa dalam Belajar?, Jakarta: PT Gramedia, 1985.

Siregar, Sofian, Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif dilengkapi

dengan perhitungan manual dan aplikasi SPSS versi 17, Jakarta: Bumi

Aksara, 2014.

Slameto,Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka

Cipta, 2010.Sudaryono, Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan, Yogyakarta: Graha

Ilmu, 2013.

Sudijono,Anas, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo, 2005.

Sudjana, Nana, CBSA dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru

Algesindo, 1996.

_____________, Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja

Rosdakarya, 1998.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2007.

Sukmadinata,Nana Syaodih, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung:Remaja

Rosdakarya, 2010.

Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi Dan Praktiknya, Jakarta:

Bumi Aksara, 2007.

Sundayana, Rostina, Statistika Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2014.

Suprihatiningrum, Jamil, Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi, Jogjakarta: ArRuzz Media, 2014.

Suprijono,Agus,CooperativeLearning Teori dan Aplikasi Paikem, Yogyakarta :

Pustaka Pelajar, 2009.

Supriyadi, Gito, Pengantar dan Teknik Evaluasi Pembelajaran, Malang: Intimedia,

Surapranata, Sumarna,Analisis, Validitas, Reliabilitas dan Interpretasi Hasil Tes,

Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009.

Susetyo, Budi, Statistika Untuk Analisis Data Penelitian, Bandung: Refika

Aditama, 2010

Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: Rosda,

Tipler, Paul A, Fisika untuk Sains dan Tehnik Jilid 1, Jakarta: Erlangga, 1998.

Tim Penyusun Kamus pusat Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai

Pustaka, 2005.

Toharudin, Uus dkk, Membangun Literasi SAINS, Jakarta:Humaniora, 2011.

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif: Konsep, Landasan

dan Implementasinya Pada KTSP, Jakarta: Kencana, 2010.

______,Model pembelajaran terpadu. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Uno, Hamzah B, dan Nurdin Mohamad, Belajar dengan Pendekatan PAILKEM,

Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

Usman, Uzer, Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2001.

Young, Hugh D, dan Roger A, Freedman, Fisika Universitas Edisi kesepuluh Jilid

, Jakarta: Erlangga, 2002.

Zubaidah, Siti dkk, Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam, Jakarta: Kementerian

Pendidikan dan Kebudayaan, 2014.

Zulaiha, Rahmah, Analisis Secara Manual, Jakarta: PUSPENDIK, 2008.




DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v3i2.333

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Yatin Mulyono (Wa. 081545134438)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.