PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERHEAD TOGETHER (NHT) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DITINJAU DARI SIKAP ILMIAH SISWA

Retno Komalasari, Atin Supriatin, Hadma Yuliani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) terdapat tidaknya perbedaan yang signifikan antara sikap ilmiah siswa dalam pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe NHT dan STAD pada materi suhu dan kalor, (2) terdapat tidaknya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe NHT dan STAD pada materi suhu dan kalor.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan jenis penilitiannya menggunakan design quasi experimental dalam mengumpulkan datanya. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan sikap ilmiah siswa dan tes hasil belajar kognitif siswa. Hasil analisis reliabilitas butir soal uji coba instrumen tes hasil belajar kognitif diperoleh sebesar 0,529 dengan kategori cukup. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X semester II SMAN-1 Palangka Raya Tahun Ajaran 2014/2015, dengan sampel penelitian adalah kelas X-IPA 1 berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X-IPA 2 berjumlah 30 orang sebagai kelas kontrol. Analisis data sikap ilmiah siswa, pretest dan posttest tes hasil belajar kognitif siswa menggunakan program SPSS versi 17.0 for windows.Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) berdasarkan analisis uji hipotesis sikap ilmiah siswa menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara sikap ilmiah siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHTdan sikap ilmiah siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada taraf signifikansi 0,05, dengan skor rata-rata kelas eksperimen adalah 64,33 dan kelas kontrol adalah 60,16. (2) Analisis uji hipotesis menunjukkan bahwa tidak
> terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa kelas eksperimen dari hasil
postest pada materi suhu dan kalor dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dibandingkan dengan hasil belajar siswa kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Hal ini dapat dilihat berdasarkan α = 0,05 lebih kecil dari nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,827 untuk postest hasil belajar kognitif siswa, dengan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 78,06 sedangkan kelas kontrol adalah 76,94.

References


Ahmadi, Iif Khoiru dkk, Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Surabaya:

Prestasi Pustaka, 2011.

Arief, Hafizhah, Sikap Ilmiah Siswa Melalui Kegiatan Percobaan Fisika Pada

Materi Fluida Kelas Xi Ipa Ma Darul Hikmah Pekanbaru, Universitas

Riau Pekanbaru, Skripsi, Pekanbaru, 2013.

Arikunto, Suharsimi, Manajemen Penelitian.Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Baharuddin, Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2008.

Bungin, Burhan, Metodologi Penelitian Kuantitatif.Jakarta: Kencana, 2005.

Dimyati & Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

_________________, Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Djaali, Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Djamarah, Syaiul Bahri, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukati.Jakarta:

Rineka Cipta, 2010.

Giancoli, Douglas C, Fisika Edisi Kelima Jilid 1. Jakarta: Erlangga, 2001.

Hamalik, Oemar, Kurikulum dan Pembalajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Herabudin, Ilmu Alamiah Dasar. Bandung: Pustaka Setia, 2010.

_________, Ilmu Alamiah Dasar. Bandung: Pustaka Setia, 2010.

Ibrahim, Muslim, Model Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa-University

Press, 2001.Isjoni, PembelajaranKooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

Jasin, Maskoeri, IlmuAlamiahDasar. Jakarta: Raja Graindo Persada, 2010.

Jauhar, Mohammad, Implementasi PAIKEM dari Behavioristik sampai

Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustakaraya, 2011.

Kariadinata, Rahayu & Maman Abdurrahman, Dasar-dasar Statistik Pendidikan.

Bandung: Pustaka Setia, 2012.

Karisma Publising, Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS).

Tangerang Selatan: SL Media, 2008.

Komalasari, Kokom, Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung:

Refika Aditama, 2010.

Kurniasari, Herdiyan, Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together

(NHT) dan Student Team Achievement Division (STAD) Ditinjau dari

Tingkat Keaktifan Siswa terhadap Kemampuan Kognitif Siswa pada Sub

Pokok Bahasan Pemantulan Cahaya di SMP. Surakarta: Fakultas

Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Skripsi, 2010.

Mas’ud, Ibnu dan Joko Paryono, Ilmu Alamiah Dasar. Bandung: Pustaka Setia,

Mustaqim, Psikolog Pendidikan. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah IAIN

Walisongosemarang, 2001.Nasution, Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 1994.

Ngalimun, Femeir dan Aswan, Strategi dan Model Pembelajaran Berbasis

PAIKEM, Banjarmasin: Pustaka Banua, 2013.

Riduan dkk, Cara Mudah Belajar SPSS 17,0 dan Aplikasi Statistik Penelitian.

Bandung: Alfabeta, 2013.




DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v3i2.334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Yatin Mulyono (Wa. 081545134438)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.