PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS VII SEMESTER II MTSN 1 PALANGKA RAYA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Indri Aprilia

Abstract


Observasi awal proses pembelajaran IPA di MTsN 1 Model Palangka Raya cenderung belum bervariasi serta belum terpusat pada peserta didik, hanya menggunakan metode ceramah dan atau metode tanya jawab. Akibatnya, sebagian besar peserta didik menjadi kurang aktif. Pembelajaran di dalam kelas juga masih bersifat individual sehingga tidak melatih siswa untuk saling bekerja sama. Sehingga perlu dilakukan penelitian dengan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group Investigation (GI). Model kooperatif tipe group investigation (GI) memiliki 3 konsep utama, yaitu penelitian, pengetahuan, dan dinamika belajar kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar peserta didik setelah mengikuti pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok. Model pembelajaran yang digunakan memiliki 6 tahapan yaitu, 1) Mengidentifikasi topik dan mengatur peserta didik kedalam kelompok, 2) Merencakan tugas yang akan dipelajari, 3) Melaksanakan Investigasi, 4) Menyiapkan laporan hasil, 5) Mempersentasikan laporan akhir, 6) Evaluasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar, RPP dan LKPD. Hasil belajar peserta didik di gunakan tes berbentuk pilihan ganda.
; "> Hasil penelitian menunjukan hasil belajar akhir (postest) kelas VII-1 lebih tinggi (77,21) dari pada kelas VII-2 (69,15). Sedangkan hasil uji hipotesis diperoleh dalam perhitungan (t= 4,699) dan besar t yang tercantum dalam tabel nilai “t” (tt.ts.5%=2) atau (4,699>2). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dapat berpengaruh terhadap hasil belajar biologi peserta didik di MTsN 1 Model Palangka Raya khususnya materi ekosistem.

References


Amri, Sofan, Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013,

Jakarta: 2013.

Aunurrahman. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. 2008.

Aunurrahman. Belajar dan Pembelajaran Memadukan Teori-Teori Klasik dan

Pandangan-Pandangan Kontenporer. Bandung: Alfabeta. 2008.

Bahri, Djamarah Saiful, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipt. 2002

Bungin, Burhan. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana. 2005.

Diektorat Jenderal Pendidikan Islam. Undang-Undang dan Peraturan Peraturan

Pemerintah RI Tentang Pendidikan. Jakarta: DEPAG RI. 2006.

Fadillah, Permaisari Amelia, Pengaruh Pembelajaran Kimia Terintegrasi Nilai

Terhadap Hasil Belajar Siswa, Skripsi Sarjana, UIN Syarif Hidayatullah:

Jakarta, 2011.

Fitriana, Laila, Pengaruh model pembelajaran cooperative tipegroup investigation

(gi) dan stad terhadap Prestasi belajar matematika ditinjau dari

kemandirian belajar siswam, Skripsi Sarjana, Surakarta:Universitas Sebelas

Maret Surakarta. h.82-83,

Law Journal http://ejournal.umm.ac.id/ind

ex.php/penmath/article/viewFile/608/630_umm_scientific_journal.pdf.

Diakses 12 Februari 2014), 2012.

Huda, Miftahul. Model-Model Pembelajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta:

Pusat Belajar. 2013.

Husna, Marwan Amalia, Ensiklopedia Ilmu Pengetahuan Alam, Bandung: 2007.

Ikhsan, Fuad. Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. 2003.

Jauhar, Muhammad. Implementasi PAIKEM dari Behavioristik sampai

Konstruktivistik Jakarta: Prestasi Pustaka. 2011.

Lamiran, Sudarmaji. Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta: Prestasi

Pustaka, 2011.

Musfiqon, Panduan Lengkap Metodelogi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Pretasi

Pustakarya. 2012.

Nurhidayat, Anita, Pengaruh penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe

Group Investigation (GI) Terhadap Aktivitas dan Penugasan Konsep pada

Pokok Bahasan Archaebakteria dan Eubakteria siswa kelas X SMAN 3

Bandung, Skripsi Sarjana, Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, h 10. T.d. 2013

Sagala, Syaiful. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeto. 2005.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Prosese Pendidikan.

Jakarta: Kencana Prenada Media. 2008.

Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka

Cipta. 2003.

Slavin, Robert E. Cooperatif Learning Teori, Riset, dan Pratik. Bandung: Nusa

Media. 2005.

Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Belajar Proses Belajar Menagajar.

Bandung: Remaja Rosdakarya. 1998.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. 2008

Suharsimi , Arikunto. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Suharsimi , Arikunto. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Supradinata, Sumarna, Analisis, Validasi, dan Interprestasi Hasil Tes, Bandung:

PT. Remaja Rasdakarya,2006.

Syafarotun, Nasah Triwid, Statistik Pendidikan, Kementrian Agama STAIN,

Palangka Raya, 2012.

Windiatmojo, Vera Irawan, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group

Investigation (Gi) Terhadap Hasil Belajar Biologi Ditinjau Dari Gaya

Belajar Siswa Sma Negeri 5 Surakarta. Skripsi Sarjana, Surakarta :Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas

Sebelas Maret Surakarta, h 7, t.d. pdf (online 02-04-2014), 2012.




DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v3i2.337

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Yatin Mulyono (Wa. 081545134438)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.