PENGARUH PENDEKATAN DISCOVERY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN TANGGUNG JAWAB SISWA MATERI SALING KETERGANTUNGAN DALAM EKOSISTEM KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH PALANGKA RAYA TAHUN AJARAN 2014/2015

Ratmita Ningsih

Abstract


Berdasarkan hasil observasi dan wawancara diketahui bahwa keterampilan proses sains siswa tidak tumbuh dengan baik hal ini disebabkan karena dalam pembelajaran materi saling ketergantungan dalam ekosistem dengan menggunakan metode ceramah dan hanya difokuskan pada aspek kognitif saja. Selain itu banyak dijumpai siswa yang kesulitan dalam berpartisipasi sebagai wujud tanggung jawab seperti tidak mengerjakan tugas yang diberikan, bahkan ada yang tidak mengerjakan sama sekali, malas belajar dan ribut dikelas. Oleh karena itu diperlukan upaya untuk melihat pengaruh pendekatan discovery terhadap keterampilan proses sains dan tanggung jawab siswa materi saling ketergantungan dalam ekosistem dengan pembelajaran konvensional kelas VII SMP Muhammadiyah palangka raya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh pendekatan discovery terhadap keterampilan proses sains materi saling ketergantungan dalam ekosistem 2) keterampilan proses sains selama pembelajaran menggunakan pendekatan
discovery materi saling ketergantungan dalam ekosistem, 3) tingkat tanggung jawab siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan pendekatan discovery materi saling
ketergantungan dalam ekosistem. Penelitian ini termasuk penelitian quasi eksperimen dengan teknik random sampling (sampel acak), Pretes-Postest NonEquivalent Control Group Design. Instrument yang digunakan adalah tes keterampilan proses sains, lembar observasi keterampilan proses sains dan angket tanggung jawab siswa. Populasi penelitian ini adalah kelas VII SMP Muhammadiyah Palangka Raya tahun jaran 2014/2015, sampel penelitian adalah kelas VII-1 berjumlah 32 orang siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VII-3 berjumlah 32 orang siswa sebagai kelas eksperimen. Hasil menunjukkan bahwa: a) Uji hipotesis dengan menggunakan rumus Ujit menunjukkan pendekatan discovery berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa pada kelas eksperimen dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran yang digunakan disekolah (model konvensional). Hal ini dapat dilihat
berdasarkan nilai thitung sebesar 5,876 sedangkan ttabel pada taraf signifikan 5% sebesar 2,024 atau thitung > ttabel. Demikian dalam hal ini didapat ketentuan bila thitung > ttabel maka Haditerima dan Ho ditolak, artinya pendekatan discovery berpengaruh terhadap keterampilan proses sains dan tanggung jawab siswa. b) keterampilan proses sains dalam penelitian ini meliputi mengamati/observasi, memprediksi, merancang percobaan, melakukan percobaan dan mengklasifikasikan dengan kategori tinggi. c) tanggung jawab siswa tergolong dalam kategori baik meskipun ada beberapa sikap tanggung jawab siswa yang jelek.

References


Aan, Nur, Abrari dkk, Pengaruh Penerapan Pembelajaran Guided Discovery

Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Teras

Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012, Jurnal pendidikan biologi volume 4,

nomor 2 halaman 44-52 tahun 2012.

Abdurrahman, Mulyono, Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta:

Rineka Cipta, 2003.

Adiwiyoto, Anton, Melatih Anak Bertanggung Jawab, Jakarta: Mitra Utama, 2002.Arikunto, Suharsimi, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rineka

Cipta,2009.

, Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta:

Rineka Cipta, 2002.

Aunurrahman, Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Alfabeta, 2009.

Cucu Suhana, & Nanang Hanafiyah Konsep Strategi Pembelajaran, Bandung :

Refika Aditama, 2012.

Fuad, Ihsan, Dasar-Dasar Kependidikan, Jakarta : Rineka Cipta, 2010.

Hartini Nara, Evelin Siregar, Teori Belajar dan Pembelajaran, Bogor : Ghalia

Indonesia, 2010.

Heddy, Suwasono, Pengantar Ekologi, Jakarta:CV. Rajawali, 1986.

Ismawati, Eny, dan Sugiyarto, Teguh, Ilmu Pengetahuan Alam, Jakarta; Pusat

Pembukuan Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Mudjiono, dan Dimyati, Belajar Dan Pembelajaran, Jakarata : Rineka Cipta, 2009.

Novitsania, Annis, Perbedaan Keterampilan Proses Sains Antara Siswa Yang

Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur Dengan Siswa Yang

Mengunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Konsep

Fotosintesis. (http://eprints.uns.ac.id/10291/1/190341511201101211.pdf)Diakses: 26 November 2014.

Laksmi Dewi, dan Masindin Strategi Pembelajaran, Jakarta: Direktorat Jendral

Pendidikan Islam, 2007.

Nursa’ban, Muhammad, Peningkatan Sikap Tanggung Jawab Dan Kemandirian

Belajar Mahasiswa Melalui Metode Tutorial Di Jurusan Pendidikan

Geografi, Universitas Negeri Yogyakarta, 2012.

Puspitadewi, Sherly, Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Terhadap

Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Ekosistem Kelas VII Semester

II SMP Negeri 12 Palangka Raya, Skripsi Sarjana,Palangka Raya:

Universitas Palangka Raya, 2014.

Sabri, Ahmad, Strategi Belajar Mengajar, dan Mikro Teaching, Padang: Quantum

Teaching, 2005.

Sagala, Syaiful, Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta, 2003.

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka

Cipta 1995.

Shihab, Quraish, Tafsir Al Misbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-qur’an,

Jakarta Lentera Hati, 2002.

Sudjana, Metode Statistik, Bandung: Tarsito, 2001.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R &D, Alfabeta, Bandug,2013

Sukardi, Evaluasi Pendidikan : Prinsip Dan Operasionalnya, Jakarta: Bumi

Aksara, 2011.

Suprihatiningrum Jamil,Strategi Pembelajaran, Jogjakarta: Ar-Ruszz Media,

Suyadi, Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter, Bandung: Remaja

Rosdakarya, 2013.Trianto, Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik,

Jakarta: Prestasi Pustaka, 2007.

Uus, Toharudin, dkk, Membangun Literasi Sains Peserta Didik, Bandung:

Humaniora, 2011.

Wasis, dkk, Ilmu Pengetahuan Alam , Jakarta: Pusat Pembukuan, Departemen

Pendidikan Nasional, 2008.

Winarsih, Anni, dkk, IPA TERPADU, Jakarta : Pusat Pembukuan Departemen

Pendidikaan Nasional, 2008.

Zakiyah, Naeli, Pengaruh Pendekatan Inkuiri Terstruktur Terhadap Keterampilan

Proses Sains Siswa Pada Konsep Sistem Pernapasan Manusia, skripsi

program studi pendidikan biologi universitas islam negeri syarif hidayatullah,

(http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/2617/1/NAE

LI%20ZAKIYAH-FITK.pdf.) Diakses: 26 November 2014).




DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v3i2.338

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Yatin Mulyono (Wa. 081545134438)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.