KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL URAIAN TERSTRUKTUR POKOK BAHASAN TEORI KINETIK GAS

Alfiah Alfiah

Abstract


"> Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kemampuan kognitif yang dilihat dari hasil belajar peserta didik yang kelas XI MAN Model Palangka Raya dalam mengerjakan soal-soal uraian terstruktur pada pokok bahasan Teori Kinetik Gas; dan (2) kesulitan peserta didik dalam mengerjakan soal-soal uraian terstruktur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dalam mengumpulkan datanya. Penelitian ini menggunakan instrumen dalam bentuk soal uraian terstruktur. Hasil uji coba soal uraian terstruktur pada kelas XI IA-1 MAN Model Palangka Raya mendapatkan tingkat validitas rata-rata 0,536 dan tingkat reliabilitas soal 0,539 dengan kategori cukup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peserta didik yang mampu dan tidak mengalami masalah dalam mengerjakan soal-soal uraian terstruktur berjumlah 18 peserta didik dan 12 peserta didik tidak mampu dan mengalami masalah dalam mengerjakan soal-soal uraian terstruktur. Peserta didik yang mampu mengerjakan soal-soal uraian terstruktur memiliki ketuntasan belajar ≥ batas KKM, yaitu 60% (2) kesulitan peserta didik dalam mengerjakan soal-soal uraian terstruktur terdapat pada penyebutan dan penulisan satuan besaran pada jawaban dengan persentase kesulitan 36,7%, penguasaan operasi hitungan denganpersentase kesulitan 31,4% dan penulisan besaran yang ditanya dalam soal dengan persentase kesulitan 28,6%.

References


Purwanto. Evaluasi Hasil Belajar (Pustaka Pelajar,Yogyakarta, 2013)

Nana Sudjana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar (Remaja Rosdakarya.

Bandung. 2010)

Eko Putro Widoyoko. Evaluasi Program Pembelajaran (Pustaka Pelajar.

Yogyakarta. 2013)

Sulistyorini. Evaluasi Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Teras.

Yogyakarta. 2009)Sulistyorini. Evaluasi Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Teras.

Yogyakarta. 2009)

Eko Putro Widoyoko. Evaluasi Program Pembelajaran (Pustaka Pelajar.

Yogyakarta. 2013)

Nana Syaodih Sukmadinata. Metode Penelitian Pendidikan. (Remaja Rosdakarya.

Bandung. 2011)

Sulistyorini. Evaluasi Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Teras.

Yogyakarta. 2009)

Ani Rusilowati. Profil Kesulitan Belajar Fisika Pokok Bahasan Kelistrikan Siswa

SMA di Kota Semarang. (Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. Vol. 4. No

2006)




DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v3i2.339

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Yatin Mulyono (Wa. 081545134438)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.