PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH UNTUK SMA KELAS X

Agustina Fatmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran konsep Pencemaran Lingkungan yang valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Research & Development dan dikembangkan menggunakan model ASSURE. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa silabus, RPP, LKS, bahan ajar, media pembelajaran dan Lembar Penilaian. Rancangan ujicoba perangkat pembelajaran menggunakan tiga tahap, yaitu validasi ahli, uji kelompok kecil dan uji lapangan. Subjek penelitian adalah 56 orang siswa SMA Negeri 12 Banjarmasin semester genap tahun ajaran 2013/2014. Seluruh data diperoleh dari instrumen pengumpulan data dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) perangkat pembelajaran sudah memiliki kualitas yang cukup valid dan layak untuk digunakan, hal ini berdasarkan hasil validasi ahli yang mencapai kategori cukup valid. (2) Perangkat pembelajaran sudah praktis untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran, hal ini berdasarkan hasil keterlaksanaan RPP yang tergolong sangat baik dan respon siswa yang positif. (3) Penerapan perangkat pembelajaran yang dikembangkan ternyata efektif untuk menunjang kegiatan pembelajaran, hal ini berdasarkan hasil belajar kognitif produk yang mencapai ketuntasan hasil belajar (individual dan klasikal), hasil belajar kognitif proses tergolong baik, hasil belajar psikomotor siswa tergolong baik, perilaku berkarakter siswa (rasa syukur: kriteria sangat baik, disiplin dan tanggungjawab: kriteria baik), dan keterampilan sosial siswa (bekerjasama, menyumbang ide dan menjadi pendengar yang baik: kriteria baik). Dengan demikian, perangkat pembelajaran yang dikembangkan sudah cukup valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.

Kata kunci : perangkat pembelajaran, pencemaran lingkungan, model pembelajaran berdasarkan masalah


References


Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset

Akcay, B. 2009. Problem-Based Learning in Science Education. Turkish Journal of Science Education. 6(1): 26

Amir, M. T. 2010. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning: Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan. Jakarta: Kencana

Arends. R. I. 2008. Learning to Teach Edisi ke 7 (H.P. Soetjipto & S.M. Soetjipto. Ed). New York: McGrawHill

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Asikin, M & Cahyono, A. N. Tanpa tahun. Penelitian Pengembangan Dalam Bidang Pendidikan. Makalah disajikan di Sekolah Riset FMIPA UNNES

Awang, H. & Ramly I. 2008. Creative Thinking Skill Approach Through Problem-Based Learning: Pedagogy and Practice in the Engineering Classroom. International Journal of Human and Social Sciences.

Darmawan. 2010. Penggunaan Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPS di MI Darrusaadah Pandeglang. Jurnal Penelitian Pendidikan. 11(2)

Fitri, Amalia. 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Statistika Dasar Bermuatan Pendidikan Karakter dengan Metode Problem Based Learning. Jurnal Penelitian Pendidikan. 1(2)

Hillman, W. 2003. Learning How to Learn Problem Based Learning. Australia Journal of Teacher Education. 28(l)

Klegeris, A. & Hurren, H. 2011. Problem-Based Learning in A Large Classroom setting: Methodology, Student Perception and Problem Solving Skills. Prosiding of EDULEARN11 Conference. 4-6 July 2011. Barcelona, Spain.

Mardapi, D. 2012. Pengukuran Penilaian & Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika

McKenney, S., Nieveen, N. & van den Akker, J. 2002. Computer Support for Curriculum Developers: CASCADE. ETR&D. 50(4): 25–35

Nieveen, N. 1999. Prototyping to Reach Product Quality. Jan Van den Akker, Robert Maribe Braneh, Ken Gustafson, and Tjeerd Plomp (Ed), London: Kluwer Academic Plubishers.

Nur, M. 2011. Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA.

Ovinawati, F.L. & Pramukantoro, J. A. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa yang Memiliki Kreativitas Berbeda pada Standar Kompetensi Menerapkan Dasar-Dasar Teknik Digital di SMKN 7 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 2(2): 459-465

Permendikbud No. 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

Sujadi, 2002. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. 2011. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru Algensindo




DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v4i2.512

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Yatin Mulyono (Wa. 081545134438)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.