ANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER (UAS) BIOLOGI TAHUN PELAJARAN 2015/2016 KELAS X DAN XI PADA MAN SAMPIT

Nurul Septiana

Abstract


Soal UAS Biologi buatan guru di MAN Sampit belum pernah dianalisis, baik secara kualitas dan kuantitas yang meliputi tingkat kesukaran, daya pembeda, efektifitas pengecoh, validitas, dan reliabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas soal UAS buatan guru biologi semester genap tahun pelajaran 2015/2016 berdasarkan kesesuaiannya dengan dimensi kognitif taksonomi Bloom, tingkat kesukaran, daya pembeda, efektifitas pengecoh, validitas, dan reliabilitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal biologi kelas X dan kelas XI sebagai berikut: (1) Kualitas soal Ulangan Akhir Semester (UAS) Biologi tahun pelajaran 2015/2016 kelas X dan XI di MAN Sampit memiliki kualitas cukup baik, karena sudah sesuai dengan soal standar, tetapi perlu perbaikan aspek materi dan konstruksi pada beberapa soal, (2) Tingkat kesukaran butir soal biologi kelas X sebanyak 3 soal kategori sukar, 3 soal kategori sedang, dan 34 soal kategori mudah, sedangkan pada kelas XI bahwa sebanyak 8 soal kategori sukar, 9 soal kategori sedang, dan 23 soal kategori mudah, (3) Daya pembeda butir soal biologi kelas X, soal yang dinyatakan kategori sangat baik tidak ada, kategori baik 2 soal, kategori cukup 11 soal, dan kategori jelek 27 soal, sedangkan pada kelas XI soal dinyatakan kategori sangat baik tidak ada, kategori baik 2 soal, kategori cukup 12 soal, dan kategori jelek 26 soal, (4) Efektifitas pengecoh butir soal biologi kelas X dari 40 soal terdapat 2 soal termasuk kriteria baik, 10 soal kriteria cukup, 18 soal kriteria kurang baik, dan 10 soal kriteria tidak baik, pada kelas XI terdapat 3 soal kriteria sangat baik, 6 soal kriteria baik, 12 soal kriteria cukup, 14 soal kriteria kurang baik, dan 5 soal kriteria tidak baik, (5) Validitas butir soal biologi kelas X dari 40 soal terdapat 21 soal yang dinyatakan valid sedangkan soal yang dinyatakan tidak valid sebanyak 19 soal, pada kelas XI dari 40 soal terdapat 16 soal yang dinyatakan valid sedangkan soal yang dinyatakan tidak valid sebanyak 24 soal,dan (6) Reliabilitas butir soal biologi memiliki tingkat reliabilitas yang tinggi atau reliabel yakni 0,731 pada kelas X dan 0,667 pada kelas XI.


Kata kunci: analisis soal, taksonomi Bloom, program SPSS 21


References


Devi, Poppy Kamalia. Pengembangan Soal “Higher Order Thinking Skill” Dalam Pembelajaran IPA SMP/MTS

Harjanti. 2006. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Nana Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sodiyah. 2013. Analisis Pola Pengasuhan Orang Tua Bagi Perkembangan Kecerdasan Linguistik Dan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Unesa

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suharsimi, Arikunto. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara

Wayan Nurkancana, P.P.N. Sunartana. 1986. Evaluasi Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional




DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v4i2.514

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Yatin Mulyono (Wa. 081545134438)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.