PENGEMBANGAN LKS BERBASIS SAINTIFIK PADA MATERI ALAT- ALAT OPTIK DAN EFEKTIVITASNYA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF FISIKA SISWA

Luvia Ranggi Nastiti, Muhammad Nasir

Abstract


 
 
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangan LKS Berbasis Saintifik pada materi  alat-alat optik dan untuk mengetahui efektivitasnya terhadap hasil belajar kognitif fisika siswa. Metode penelitian ini adalah metode Research and Development  (R  &  D).  Pengembangan  yang  digunakan  adalah  Four  D  dari Thiagarajan, Semmel & Semmel. Tahapan Four D meliputi tahap define, design, develop, and disseminate. Uji kelayakan LKS menggunakan validasi ahli dan uji efektifitas menggunakan desain one group pretest-posttes. Teknik analisis  data menggunakan N gain dan uji t dua pihak. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) hasil  validasi  Tim Ahli terhadap  hasil  pengembangan  LKS  Berbasis  Saintifik adalah sangat layak  digunakan dalam proses  pembelajaran, (2) LKS  Berbasis saintifik  yang diajarkan  menggunakan model pembelajaran kooperatif efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa, (3) Profile LKS Berbasis Saintifik adalah memuat  percobaan yang disusun berdasarkan langkah-langkah saintifik (mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan).
Kata Kunci: LKS Berbsais Saintifik dan Hasil Belajar Kognitif


References


Ari, J., & Razavieh. 1980. Introduction to Research in Education. Arief Furchan.

Surabaya: Usaha Nasional. Arikunto, S. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka

Cipta. Astuti,Y., & Setiawan, B. 2013. Pengembangan Lembar Kerja (LKS) Berbasis

Pendekatan Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran Koopertaif pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia: 88-92.

Ari, J., & Razavieh. 1980. Introduction to Research in Education. Arief Furchan.

Surabaya: Usaha Nasional. Arikunto, S. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka

Cipta. Astuti,Y., & Setiawan, B. 2013. Pengembangan Lembar Kerja (LKS) Berbasis

Pendekatan Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran Koopertaif pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia: 88-92.




DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v4i1.516

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Yatin Mulyono (Wa. 081545134438)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.