KESULITAN MENGAJAR IPA TERPADU GURU IPA SMP/MTs DI KALIMANTAN TENGAH

Nurul Septiana, Mukhlis Rohmadi, Muhammad Nasir, Luvia Ranggi Nastiti, Usmiyatun Usmiyatun, Riswanto Riswanto

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) latar belakang pendidikan guru IPA; (2) pemahaman proses pembelajaran sains dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 (manajemen kelas, tujuan, perencanaan, pelaksanaan, prosedur, media, pengukuran dan evaluasi) guru IPA; dan (3) kendala guru IPA dalam pelaksanaan pembelajaran yang sesuai Kurikulum 2013. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek penelitian ini adalah guru IPA SMP di Kalimantan Tengah. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan (1) latar belakang guru IPA tidak berlatarbelakang pendidikan IPA Terpadu, tetapi latar belakang ilmu alam yang dispesifikasikan; (2) pencapaian indikator proses pembelajaran (84%), pengembangan dan pengorganisasian materi, media pembelajaran, dan sumber belajar (76%), perencanaan kegiatan pembelajaran (77%), melakukan kegiatan pembelajaran (79%), mengelola interaksi ruang kelas (81%), bersikap terbuka dan fleksibel dan membantu mengembangkan sikap positif siswa terhadap pembelajaran (78%), mengevaluasi proses dan hasil belajar (81%); (3) Guru dari satu bidang keahlian sains (misalnya Biologi, Fisika, dan Kimia) perlu meringkas saat mengajar subjek yang bukan keahlian mereka.

Kata Kunci


IPA Terpadu, Kesulitan Guru, Kurikulum 2013

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abell, Sandra K, Rogers Meredith A, dkk. 2009. Preparing the Next Generation of Science Teacher Educators: A Model for Developing PCK for Teaching Science Teachers. Journal of Science Teacher Education, 20(1): 77-93.

Bua, I. M. T., Lumbantobing, H., & Manurung, M. M. (2015). Persepsi guru matematika SMP/MTs tentang kurikulum 2013 di kabupaten keerom tahun 2015. Jurnal Ilmiah Matematika dan Pembelajarannya, 2(1).

Creswell, J. W. 2008. Educational Research. USA: Pearson Education.

Kemendikbud. 2015. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2015 SMA/SMK Mata Pelajaran Fisika. Jakarta: Puskur Balitbang Depdiknas.

Miles, M.B & Huberman, A.M. 1992. Analisis Data Kualitatif. (Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi). Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Poedjiadi, Anna. 2005. Pendidikan Sains dan Pembangunan Moral Bangsa. Bandung : Yayasan Cendrawasih.

Retnawati, H. (2015). Hambatan guru matematika sekolah menengah pertama dalam menerapkan kurikulum baru. Cakrawala Pendidikan, (3).

Rowan, Brian & Schilling, Steven G. 2001. Measuring Teachers’ Pedagogical Content Knowledge in Surveys: An Exploratory Study..North America. Educational Research Improvement.

Subagiyo, L., & Safrudiannur, S. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Pada Jenjang SD, SMP, SMA dan SMK di Kalimantan Timur Tahun 2013/2014. Pancaran Pendidikan, 3(4): 131-144.

Supranoto, H. 2015. Penerpan Lesson Study dalam Peningkatan Pedagogi Guru SMA Bina Mulya Gadingrejo Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(2):21-28.

Vitantri, C.A. & Asriningsih, T.M. 2016. Efektivitas Lesson Study pada Peningkatan Kompetensi Calon Guru Matematika. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1):23-33.




DOI: http://dx.doi.org/10.23971/eds.v6i1.716

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats