ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR IPA SISWA SMP KOTA SEMARANG

Arghob Khofya Haqiqi

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) faktor faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar pada siswa SMP; (2) menganalisis kaitan kesulitan belajar terhadap nilai ujian nasional. Analisis data dilakukan secara deskriptif, data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa data hasil belajar siswa dan hasil pengisian angket. Hasil dari analisis tersebut didapatkan faktor faktor penyebab kesulitan belajar IPA siswa SMP di Kota Semarang meliputi faktor internal dan faktor eksternal. Faktor kesulitan belajar dari faktor internal siswa berupa aspek bakat, minat, motivasi dan intelegensi. Sedangkan faktor eksternal siswa berupa  fasilitas sekolah, guru, sarana prasarana dan aktivitas siswa. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa adanya faktor kesulitan belajar IPA di sekolah berkaitan terhadap hasil nilai ujian nasional. Besarnya presentase serapan materi IPA pada ujian nasional juga sebanding dengan besarnya angka presentase kesulitan belajar yang dialami oleh sekolah tersebut.


Kata Kunci


Analisis; Faktor Kesulitan Belajar; IPA

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anni, C.T. 2006. Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK Unnes.

Checkley, D. 2010. High School Students’ Perceptions of Physics, Faculty of Education. Lethbridge, Canada

Djamarah, 2011, Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta.

Elwan, A.A,. Serage, M., & Alwan, A. 2013. The Institutional Factors Affecting The Achievement in Physics in Tripoli. Libya. VFAST Transactions on Research in Education,1(2), 1–18.

Hamalik, O. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Marantika, I. 2007. Pengaruh Keaktifan Organisasi Ekstrakurikuler dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Skripsi. Malang: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.

Rusilowati, Ani. 2006. Profil Kesulitan Belajar IPA Pokok Bahasan Kelistrikan Siswa SMA di Kota Semarang. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 4 (2), 100-106.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Edisi Kelima). Bandung: Alfabeta.

Suyanto. 2007. Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Pemahaman Konsep Teknik Otomotif Di SMKN 1 Trenggalek. Jurnal Pendidikan Profesional, 5(1).

Ukoh, E.E. 2012. Effect of Interactive Invention Instructional Strategy on NCE Pre-Service Teacher’s Achievement in Physics and: Acquisition of Science Process Skills. Journal of Innovative Research in Management and Humanities, 3(1): 122– 131.

Ornek, F., Robinson, W., & Hugan, M. 2008. What Makes Physics Difficult?.International Journal of Environmental & Science Education, 3 (1): 30-34.

Wahyudi. 2006. Pelaksanaan Remedial Bagi Anak Berkesulitan Belajar Membaca Permulaan Kelas II SD . Jurnal Guru volume 03 no.1 hal 81 : Dinas Pendidikan Kota Padang Panjang.




DOI: http://dx.doi.org/10.23971/eds.v6i1.838

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats