KEMAMPUAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA FISIKA STAIN PALANGKA RAYA PADA PRAKTIKUM FISIKA DASAR I

Santiani Santiani

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menentukan kemampuan Fisika Dasar I proses sains keterampilan pada Mahasiswa Fisika STAIN Palangka Raya melalui analisis laboratorium panduan kerja dan tes esai keterampilan proses sains. (2) Untuk mengetahui minat dan motivasi siswa terhadap pekerjaan laboratorium fisika di laboratorium Fisika Dasar I STAIN Palangka Raya. Siswa dalam kelompok selama beberapa pertemuan akan mendapatkan bahan praktikum yang mengandung konsep dasar dan keterampilan dasar praktikum Fisika Dasar I sesuai dengan prosedur yang dilakukan di laboratorium Fisika STAIN Palangka Raya. Setelah melakukan praktikum beberapa topik, siswa diberikan tes kemampuan keterampilan proses sains untuk melihat apakah keterampilan yang telah terbentuk setelah kegiatan praktikum. Praktikum bimbingan digunakan untuk menganalisis untuk melihat keterampilan proses sains yang telah dirancang untuk siswa terlatih. Mahasiswa minat dan motivasi pada kegiatan praktikum digali oleh kuesioner yang diselesaikan setelah kegiatan praktikum menjalankan beberapa topik. Selain itu, keterampilan proses data, hasil tes tertulis dan minat siswa dan kuesioner motivasi diolah dan dianalisis. Berdasarkan hasil analisis diperoleh profil kemampuan ketrampilan mahasiswa ilmu Fisika STAIN Palangka Raya masih sangat rendah meskipun terlatih pada kegiatan laboratorium, sedangkan minat dan motivasi mahasiswa Fisika STAIN Palangka Raya menuju kegiatan praktikum Fisika Dasar I sangat baik. Hasil ini menunjukkan bahwa perlu diadakan perbaikan mekanisme untuk berlatih keterampilan proses sains sebagai bentuk keterampilan ilmiah pada siswa sehingga pemahaman tentang fisika dapat memberikan kontribusi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kata kunci : Kemampuan , Keterampilan Proses Sains , praktikum Fisika Dasar I



References


Referensi

Dahar, R. W. 1988. Teori-Teori Belajar. Jakarta : P2LPTK

Kardi, S. 2002. Strategi Motivasi Model ARCS. Surabaya: Unesa

Nur M.2002. Strategi-strategi Belajar. Surabaya: University Press

Semiawan, C 1992. Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta : PT Gramedia

Sudijono, Anas. 2005. Statistik Pendidikan. Jakarta : Rajawali Press

Supriyono Koes H.2003. Strategi Pembelajaran Fisika, Malang : Jurusan Fisika FMIPA

Universitas Negeri Malang

Tobing, RL. 1981. Model Pengajaran IPA di Sekolah Lanjutan. Jakarta : P3G Depdikbud

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara

Hamdiyati, Y dan Kusnadi. 2006. Profil Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Melalui

Pembelajaran Berbasis Kerja Ilmiah Pada Matakuliah Mikrobiologi. Jurnal Penelitian




DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v1i2.9

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Yatin Mulyono (Wa. 081545134438)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.