PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERAPAN DENGAN MODEL PETRI NET DAN MATRIKS

Ruvita Iffahtur Pertiwi

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model petri net dan matriks dari suatu permasalahan yang ada disekitar kita. Salah satunya adalah masalah antrian. Kita dapat memanfaatkan pembelajaran matematika untuk membuat model sistemnya. Petri net merupakan salah satu alat untuk memodelkan suatu permasalahan ke dalam bentuk diskrit. Selanjutnya, dapat diperoleh matriks dari model petri net tersebut untuk mengetahui keadaan selanjutnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan desain petri net menggunakan software PIPE v.4.3.0. Pada penelitian ini dibuat model Petri net sistem pelayanan IGD RSUD Kota X dan menghasilkan model Perti net yang terdiri dari 15 place dan 17 transisi. Hasil representasi matriks forward incidence, matriks backward incidence, dan matriks incidence yang terbentuk memiliki banyaknya baris  dan banyaknya kolom 17.


Kata Kunci


matematika terapan; petri net; antrian; matriks

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Cassandras, C. G., & Lafortune, S. 2008. Introduction to Discrete Event Systems Second Edition. New York: Springer.

Komsiyah, S. 2012). Model petri net tak berwaktu pada sistem produksi (batch plant) dan simulasinya dengan PIPE2. Jurnal Mat Stat, 12(2): 152-164.

Murata, T. 1989. Petri Nets: Properties, Analysis and Applications. Proceding of The IEEE, (hal. 541-580).

Mustofani, D. 2018. Model Antrian Pelayanan Farmasi Menggunakan Petrinet dan Aljabar Max-Plus. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1), 33-43.

Pertiwi, R., I. (2016). Verifikasi Formal Petri Net dengan Counter pada Sistem Inventori. Tesis, Fakultas MIPA: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Subiono. 2015. Aljabar Min-Max Plus dan Terapannya. Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Surabaya.

Subiono, Nurwan. 2014. Model Petri Net Antrian Klinik Kesehatan Serta Kajian Dalam Aljabar Max Plus, Jurnal Matematika FMIPA ITS.

Winarni, W. (2011). Penjadwalan Jalur Bus dalam Kota dengan Model Petrinet dan Aljabar Max-Plus (Studi Kasus Busway TransJakarta). Cauchy, 1(4), 192-206




DOI: http://dx.doi.org/10.23971/eds.v6i1.904

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats