PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWAPADA MATERI BRYOPHYTA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) DI SMA KELAS X

Devi Lestari

Sari


Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada materi Bryophyta menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan kooperatif GI. Hasil belajar afektif siswa, keterampilan siswa belajar dan proses pelaksanaan model pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas X-2 dan X-4 SMAN-6 Palangka Raya. Pengumpulan data menggunakan soal tes yang sudah valid. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Hasil dari penelitian diperoleh nilai p0,01 < α 0,05. Maka kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan kooperatif GI. Aspek kognitif melalui pembelajaran inkuiri untuk aspek C2 dikatakan baik, sedangkan aspek kognitif melalui kooperatif GI untuk aspek C1, C2, dan C3 dikatakan sangat baik. Hasil afektif siswa yang belajar melalui model pembelajaran inkuiri dan kooperatif GI diperoleh nilai yang sangat baik untuk aspek jujur. Hasil keterampilan siswa belajar melalui model pembelajaran kooperatif GI sangat baik dibanding model pembelajaran inkuiri. Hasil proses pelaksanaan model melalui pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran kooperatif GI terlaksana dengan baik.


Kata Kunci


Hasil belajar, pembelajaran inkuiri, pembelajaran kooperatif GI

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Artini, Pasaribu, M,.& Husain, S. 2015. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA pada siswa kelas VI SD INPRES 1 TONDO. Jurnal Mitra Sains, 3 (1): 45-52.

Mustachfidoh. 2013. Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap prestasi belajar biologi ditinjau dari inteligensi siswa SMA negeri 1 SRONO. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Program Studi Pendidikan Sains, 3(1).

Patricia, P. 2014. Peningkatan keterampilan belajar pada pembelajaran tematik melalui permainan kotak misteri siswa. Jurnal Mitra Sains, 3 (1): 21-35.

Setiawan. 2006.Rancangan Model- Model Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta

Seniwati. 2015. Peningkatan aktivitas, sikap dan hasil belajar biologi melalui penerapan model pembelajaran inkuiri. Jurnal Nalar Pendididkan, 3(1): 317-321.

Trianto. 2008. Model-model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivistik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Trismanita, S, Tri, J & Rini, R. 2014. Pengaruh penerapan model pembelajaran group investigation terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Jurnal bioterdidik, 2(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.23971/eds.v6i1.931

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats