PEMAHAMAN GURU TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) DAN PENERAPANNYA DALAM PEMBELAJARAN IPA SMP DI SALATIGA

Adriana Agustina Lonny Hamadi, Desy Fajar Priyayi, Susanti Puji Astuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman guru IPA SMP di Salatiga mengenai keterampilan proses sains dan bagaimana penerapannya dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan mengunakan pendekatan kuantitatif non eksperimen. Subjek penelitian adalah seluruh guru IPA di 6 SMP di Salatiga. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif berdasarkan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 50% guru memiliki pemahaman tentang KPS  dalam kategori baik dan 50% guru memiliki tingkat pemahaman yang cukup. Guru telah melakukan kegiatan-kegiatan yang mengajak siswa ke arah pengembangan KPS. Dari aspek dengan nilai persentase tertinggi hingga terendah antara lain: menginterpretasi data (85%), mengamati (71%), mengklasifikasi (57%), merumuskan masalah (57%), menyimpulkan (50%), mengkomunikasi (50%), mengindentifikasi (50%), mengukur (42%), dan melakukan ekperimen (28%). Aspek KPS telah diterapkan namun belum maksimal karena kurangnya waktu belajar mengajar, belum juga memiliki laboratorium dan juga lembar kerja siswa (LKS) dan rendahnya motivasi siswa.


Keywords


pemahaman guru, pembelajaran, KPS

References


Artayasa, I., Susilo, H., Lestari, U., & IndriwatI, E. 2017. Profil Keterampilan Proses Sains Dan Hubungannya Dengan Hasil Belajar Sains Mahapeserta didik Pendidikan Guru Sekolah Dasar.Dalam.Proseding TEP dan PDs. Transformasi Pendidikan Abad 21. Malang, Indonesia.

Astuti.Rina, Sunarno.Widha, dan Sudarisman.Sucianti. 2016. Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Ketrampilan Proses Sains menggunakan Metode Eksperimen Bebas Termodifikasi dan Eksperimen Terbimbing Ditinjau dari Sikap Ilmiah dan Motivasi Belajar Peserta didik. Proceeding Biology Education Conference, 13(1): 338-345.

Aydogdu, B. 2015. The investigation of science process skills of science teachers in terms of some variables. Educational Research and Reviews, 10(5), 582-594.

Ergul, R., Simsekli, Y., Calis, S., Ozdilek, Z., Gocmenceleb, S., & Sanli, M. 2011. The Effects Of Inquiry-Based Science Teaching On Elementary School Students Science Process Skills And Science Attitudes. Bulgarian Journal of Science and Education Policy, 5(1).

Faizah, U. 2015. Penerapan Pendekatan Saintifik melalui Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Ketrampilan Proses Dan Hasil Belajar Peserta didik Kelas IV SD Negeri Seworan, Wonosegoro. Scholaria, 5 (1) : 24-38.

Giarti, S. 2015 . Peningkatan Keterampilan Proses Pemecahan Masalah Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model PBL Terintegrasi Penilai Autentik Pada Peserta didik Kelas VI SD N 2 Bengle, Wonosegoro. Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi dan Bisnis. Surakarta,Indonesia, 7 November 2015.

Kurniawan, A., & Fadloli. 2016. Profil Penguasaan Keterampilan Proses Sains Mahapeserta didik. Proceeding Biology Education Conference, 13(1): 410-419.

Karamustafaoglu. 2011. Improving the Science Process Skills Ability of Science Student Teachers Using I Diagrams: Eurasian J. Phys. Chem. Educ, 3(1):26-38.

Musfiqon, H. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT Prestasi Pustakaraya.

Mahmudah. Laely. 2016. Pentingnya Pendekatan Keterampilan Proses Pada Pembelajaran IPA di Madrasah. Elementary, 4(1).

Mardapi, Djemari. Prof.Ph.D. 2008. Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Jogjakarta: Mitra Cendikia Press.

Narut, Y. F., & Karyanto, P. 2017.Analisis Bahan Ajar Biologi Pada Materi Sistem Pencernaan Terhadap Potensi Pemberdayaan KPS Peserta didik SMA PL Santu Yosef Surakarta. Dalam. Seminar Nasional Pendidikan Sains II. Salatiga, Indonesia, 22 April 2017.p

Ongowo, O. R & Indoshi, C.F. 2013. Science Process Skills in the Kenya Certificate of Secondary Education Biology Practical Examinations. Creative Education, 4(11):713-717.

Rustaman, N. 2015 . Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang : Universistas Negri Malang.

Sudarisman, S. 2015. Memahami Hakikat Dan Karakteristik Pembelajaran Biologi Dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 Serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Florea, 2(1): 29-35.

Surianty. 1996. Keterampilan Proses IPA Peserta didik dengan Menggunakan Lingkungan dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Tesis. Bandung: PPS IKIP. Tidak diterbitkan.

Sayekti, C.I., & Kinasih, M.A. 2017. Kemampuan Guru Menerapkan Keterampilan Proses Sains Dalam Pembelajaran Ipa Pada Peserta didik Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar. 4(1): 97 – 105.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kualitatif, kuantitatif dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Sulastiani, N & Aslim. 2012. Analisis Keterampilan Proses Melalui Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Fisika Pada Peserta didik Kelas Viii Smp Negeri I Makassar. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika. 8(3) : 257 – 261.

Sheeba. N.M. 2013. An Anatomy Of Science Skills In The Light Of The Challenges To Realize Science Instruction Leading To Global Excellence In Education. Educationia Confab, 2(4).

Tek, E.O & Ruthven, K. 2005. Acquisition Of Science Process Skills Amongst Form 3 Students In Malaysian Smart And Mainstream Schools. Journal Of Science And Mathematics Education In S.E. Asia, 28(1).

Raj, G.R., & Devi, N.S. 2014. Science Process Skills And Achievement In Science Among High School Students. Scholarly Research Journal For Interdisciplinary Studies, 2 (15).

Widya, W., & Wati, N. 2016. Pengembangan Rubrik Asesmen Keterampilan Proses Sains Pada pemebelajaran IPA SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Al-Biru Ni, 05(1) : 131-140.

Wenno I. H. 2008. Strategi Belajar Mengajar Sains Berbasis Kontekstual. Jogyakarta: Inti Media.




DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v6i2.935

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Yatin Mulyono (Wa. 081545134438)

Muhammad Nasir (Wa. 081917392240)