PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MANDIRI DAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK PADA SISTEM REPRODUKSI

Woro Tien Asrini Putri

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran mandiri dan kooperatif tipe investigasi kelompok pada materi sistem Reproduksi kelas XI SMA. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 159 siswa, 79 siswa dengan menggunakan model pembelajaran mandiri, dan 80 siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 4 Bekasi pada semester 2 tahun ajaran 2017/2018. Analisis uji prasyarat menggunakan Kolmogorov-Smirnov untuk uji normalitas dan uji Levene’s untuk homogenitas. Analisis pengujian hipotesis menggunakan uji U Mann-Withney karena data tidak berdistribusi normal. Hasil uji U Mann-Withney menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dari kedua kelompok model pembelajaran.


Kata Kunci


bekerja sama, hasil belajar, pemecahan masalah, kepribadian

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Chamalah, E., Afandi, M., & Wardani, O. P. 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula Press.

Hill, J. R. 2013. A Conceptual Model for Understanding Self-Directed Learning in Online Environments. Journal of Interactive Online Learning 6 (1), 27-42.

Irwan, N., & Sani, R. A. 2015. Efek Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GroupInvestigation dan Teamwork Skills terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 4 (1) 42-43.

Istikomah, H., Hendratto, S., & Bambang, S. 2010. Penggunaan Model Pembelajaran GroupInvestigation untuk Menumbuhkan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 6 (1), 40-43.

Lou, Y., Abrami, P. C., & Apollonia, S. 2014. Small Group and Individual Learning with Technology : A Meta-Analysis. Review of Educational Research, 71 (3), 15-27.

Munirah. 2015. Sistem Pendidikan di Indonesia: antara keinginan dan realita. Makassar: UIN Alauddin. Sistem Pendidikan, 2 (2), 233-245.

Nyoman, N., Handayani, L., Dantes, N., & Suastra, I. W. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Mandiri Terhadap Kemandirian Belajar dan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMPN 3 Singaraja. e-journal Pendidikan Dasar, 3 (1) 13-14.

Rachmawati, D. O. 2006. Penerapan Model Self-Directed Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemandirian. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran , 43 (3), 177-184.

Ridwan Abdullah Sani. (2016). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana, N. (2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syaodih, N. (2009). Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Zakaria, M. 2008. E-Learning Sebagai Model Pembelajaran Mandiri dengan Pendekatan Kooperatif dalam Rangka Meningkatkan Daya Saing Lulusan Perguruan Tinggi. JurnalPendidikan, 1 (1), 72-76.




DOI: http://dx.doi.org/10.23971/eds.v6i2.945

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats