MENUMBUHKAN KARAKTER KONSERVASI BIODIVERSITAS MELALUI PENERAPAN SPECIES IDENTIFICATION AND RESPONSE SOFTWARE

Mike Dewi Kurniasih

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi Species Identification and Response Software (SIRS) pada Mata Kuliah Konservasi Keanekaragaman hayati dalam menumbuhkan karakter konservasi pada diri mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research) dengan langkah-langkah penelitian yang meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.Penerapan pembelajaran mata kuliah Konservasi Keanekaragaman Hayati berbasis aplikasi SIRS terbukti mampu meningkatkan nilai-nilai karakter konservasi biodiversitas yang meliputi awareness, knowledge, attitudes, skills dan participation. Kenaikan terbesar terjadi pada participation (50 %), pada aspek knowledge terjadi peningkatan sebesar 6.3 %. Pada indikator attitude terjadi kenaikan sebesar 12.5 %. Indikator skill berada di urutan paling bawah dalam peningkatan masing-masing indikator karakter yang tidak menunjukkan adanya kenaikan yang berarti.


Keywords


karakter, konservasi biodiversitas, SIRS

References


Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT.

Rineka Cipta.

Chen, X., Peterson M.N., Hull V., Lu C., Lee G.D., Hong D & Liu J. 2011. Effects of Attitudinal and Socio-Demographic Factors on Pro-Environmental Behavior in Urban China. Environmental Conservation, 38 (1), 45-52.

Desfandi, M. 2015. Mewujudkan Masyarakat Berkarakter Peduli Lingkungan melalui Program Adiwiyata. Social Science Education Journal, 2 (1), 31-37.

Dikmenli, M. 2010. Biology Student Teacher’s Conceptual Frameworks Regarding Biodiversity. Education, 130 (3), 479-489.

Indrawan, M., Primack, R.B & Supriatna, J. 2012. Biologi Konvservasi. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.

Krutschinna, J & Streit, B. 2009. The Biodiversity Network Bio Frankfrut. An Innovative Strategic Approach to Integrative Research, Conservation and Education. Biorisk. 3. 21-25.

Maezawa, Y., Hatakeyama, Y., Saito, M & Hirot, F. 2014. Fujitsu Science & Technology Journal. 50 (4), 44-51.

Ramadoss, A & Moli, G.P. 2011. Biodiversity Conservation Through Environmental Education for Sustainable Development – A Case Study From Puducherry, India. International Electronic Journal of Environmental Education. 1(2), 97-111.

Sato, M. 2000. Teaching Methodology Options for Environmental Education. IGES-JICA Training Materials.

Supriatna, J. 2008. Melestarikan Alam Indonesia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Tiwari, A. 2010. Role of Information Technology (IT) in Biodiversity Conservation. National Conference on Biodiversity, Development dan Poverty Alleviation. 114-116.

Venuste, N., Oliver, H & Valens, N. 2017. Knowledge, Attitudes and Awareness of Pre Service Teachers on Biodiversity Conservation in Rwanda. International Journal of Environmental & Science Education. 12 (4), 643-652.




DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v6i2.991

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Yatin Mulyono (Wa. 081545134438)

Muhammad Nasir (Wa. 081917392240)