PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BERBASIS TAUHID (STUDI KASUS PAUD ABABIL KOTA PANGKALPINANG)

Ria Astuti, Erni Munastiwi

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenakalan remaja di Kota Pangkalpinang yang semakin semarak, sehingga dibutuhkan penanaman nilai-nilai tauhid kepada anak didik sejak dini. Pembelajaran tauhid sangat penting untuk diajarkan kepada anak usia dini sebagai antisipasi dampak negatif dari arus globalisasi dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif yang dilakukan di PAUD Ababil Kota Pangkalpinang. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang: (1) konsep pendidikan anak usia dini berbasis tauhid, (2) implementasi konsep pendidikan anak usia dini berbasis tauhid, (3) hasil dan dampak impementasi konsep pendidikan anak usia dini berbasis tauhid di PAUD Ababil Kota Pangkalpinang. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah observasi, interview, dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pembelajaran tauhid yang diajarkan di PAUD Ababil merupakan pemahaman tentang Keesaan Allah SWT dengan memberikan pembiasaan-pembiasaan ibadah seperti sholat, do’a harian, hadits-hadits, surat pendek, dan kegiatan ikhsan lainnya. Pembelajaran tauhid sudah diajarkan dari usia 6 bulan sampai 6 tahun. Penyampaian materi pembelajaran tauhid yang dilakukan guru tergantung tingkatan umur dan kelasnya. Dampak implementasi pembelajaran tauhid ini adalah anak didik mampu melakukan praktek ibadah berdasarkan panduan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari.

Full Text:

PDF

References


Hasbi, M., “Konsep Tauhid sebagai Problematika Pendidikan Agama bagi Siswa Madrasah”, Jurnal Pemikran Alternatif Kependidikan, Insania, Vol. 14, No. 2, Mei-Agustus 2009.

Muhammad Bin Abdul Wahab, Kitab Tauhid, terj., www.islamhouse.com, diakses tanggal 12 Desember 2016, hlm. 2-3.

Muhammad bin Abdullah At Tuwaijry , Tauhid, Keutamaan dan Macam-Macamnya, terj., www.islamhouse.com, diakses tanggal 12 Desember 2016.

Suyadi dan Maulidya Ulfah, Konsep Dasar PAUD, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.




DOI: https://doi.org/10.33023/mdr.v1i2.1011

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Flag Counter

 

 

Alamat Redaksi:

Jurusan Tarbiyah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK)

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya

Jalan George Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, 73111

Telp (Setria) 0857 141 777 54

Email: jurnal.al-mudarris@iain-palangkaraya.ac.id / setria.utama.rizal@iain-palangkaraya.ac.id

View My Stats