PENGARUH PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI KELAS V SDN KOTA PADANG

Adri antoni Adriantoni, Altika Syafitri

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan  onstruktivisme terhadap hasil belajar IPA di kelas V SD Kota Padang. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Kota Padang dengan teknik penentuan sampel secara jenuh, yaitu pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi, kelas A sebagai kelas eksperimen menggunakan pendekatan konstruktivisme, dan kelas B sebagai kelas control menggunakan pembelajaran  konvensional, dengan rancangan penelitian posttest only control design. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 16 butir soal, data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji t. berdasarkan hasil penelitian, terlihat bahwa  dan  dan taraf signifikan 5%. Berdasarkan pengujian  maka hipotesis atau H1 diterima.  Dari hasil penelitian terbukti bahwa  penggunaan pendekatan konstruktivisme memberikan pengaruh terhadap hasil belajar IPA  di kelas V SD Kota Padang  Tahun ajaran 2017/2018.

Kata Kunci: Pengaruh, Pendekatan Konstruktivisme, Hasil Belajar IPA

 

Abstrac: This study aims to determine the effect of using constructivism approach to science learning outcomes in class V SDN 33 Kalumbuk Padang City. The population of this research is the students of grade V SDN 33 Kalumbuk Padang with sample determination technique is saturated sample, that is taking of sample member from the population is done randomly without  considering  the strata that exist in population, class A as experiment class using constructivism approach and class B as control using conventional learning, with a post-test only control design study design. Data collection in this research is using test result of learning in the form of objective matter as much as 16 items, the data obtained is analyzed by using test. Based on the result of this research show that and and significant level 5%. Based on the  then hypothesis  or H1 accepted. From the result of research proved that the use of contructivism approach gives effect to science learning outcomes in class V SDN 33 Kalumbuk City of Padang academic year 2017/2018

Keywords: Influence, Contructivism Approach, Learning Result of Science .


Full Text:

PDF

References


Haerunisa, SitiRahma. 2008: Pengaruh Pembelajaran Konstruktivisme dalam Pembelajaran Kimia Terhadap Pemahaman Siswa Tentang Sistem Koloid (Penelitian Tindakan Kelas AL Baqiyatusholihat Tenjo Bogor.

Jasumayanti, Eka. 2013. Korelasi Antara Pendekatan Konstruktivisme dengan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Univesitas Negeri Yogyakarta. (Diaksespada 28 Oktober 2015, pukul 19.95 WIB).

Muhammad, Hasan. 2012. Penerapan model Pembelajaran Konstruktivisme untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Mengenai Energi Gerak di Kelas III SD Negeri 1 Cilengkranggirang Kecamatan Pasaleman Kabupaten Cirebon, 30.

Priyatno Duwi. 2010. Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom.

Suyono dan Hariyanto. 2012. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosda karya.

Suwangsih, Erna danTaulina. 2006. Model Pembelajaran Matematika. Bandung: UPI Press.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kuliatatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.33023/mdr.v1i2.1013

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Flag Counter

 

 

Alamat Redaksi:

Jurusan Tarbiyah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK)

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya

Jalan George Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, 73111

Telp (Setria) 0857 141 777 54

Email: jurnal.al-mudarris@iain-palangkaraya.ac.id / setria.utama.rizal@iain-palangkaraya.ac.id

View My Stats