Metodologi Pembaruan Neomodernisme dan Rekonstruksi Pemikiran Islam Fazlur Rahman

Ahmad Labib Majdi

Abstract


Tulisan ini berusaha untuk memaparkan pemikiran Fazlur Rahman sebagai seorang tokoh pemikiran Islam masa kontemporer. Karena itu, sifat dari tulisan ini lebih bersifat informatif. Akan tetapi, di sisi lain tulisan ini juga bermaksud sebisa mungkin untuk memberikan penuturan yang koheren, sehingga sedikit banyak tulisan ini juga bersifat interpretatif dan deskriptif. Beberapa ide dan pemikiran dari Fazlur Rahman yang dihadirkan adalah mengenai teologi, filsafat dan tasawuf serta neomodernisme. Alasan pembatasan ini adalah disebabkan pemikiran Fazlur Rahman begitu komprehensif meliputi segala persoalan dan permasalahan yang bermunculan di kalangan umat Islam pada masanya. Tulisan ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian analisis konten, sehingga tulisan ini juga merupakan jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan sumber-sumber primer adalah buku-buku karangan Fazlur Rahman sendiri serta buku-buku lain yang menuliskan tentang Fazlur Rahman sebagai sumber-sumber sekunder dan pelengkap. Secara sistematis, pembahasan mengenai pemikiran Fazlur Rahman merujuk pada penjelasan Kuntowijoyo tentang kategori sejarah intelektual yang memiliki tugas membahas latar sosio-historis tokoh, pemikiran yang berpengaruh dan pengaruh pemikiran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketertinggalan dunia Islam terjadi karena rigiditas dan finalisasi tesis dalam pemikiran Islam, teologi, filsafat dan tasawuf. Oleh karena itu, diperlukan suatu metodologi yang dapat memberikan sistem teologi, filsafat dan tasawuf yang sesuai dengan situasi zaman dan kondisi masyarakat. Dengan demikian, rekonstruksi pemikiran Islam dan metodologi neomodernisme merupakan keniscayaan yang tidak dapat terelakkan lagi.

Kata Kunci: Fazlur Rahman, Rekonstruksi, Pemikiran Islam, Metodologi Pembaruan, Neomodernisme


References


A’la, Abd. 2003. Dari Neomodernisme ke Islam Liberal. Jakarta: Paramadina.

Amal, Taufik Adnan (Peny.) 1994. Metode dan Alternatif Neomodernisme Islam Fazlur Rahman. Bandung: Mizan.

Aziz, Ahmad Amir. 2009. Pembaruan Teologi: Perspektif Modernisme Muhammad Abduh dan Neo-Modernisme Fazlur Rahman. Yogyakarta: Teras.

Azra, Azyumardi. 1995. Jaringan Ulama Timur Tengah dan Nusantara pada Abad XVII dan XVIII. Bandung: Mizan.

Azwar, Saifuddin. 2014. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bakhtiar, Amsal. 2004. Pergulatan Pemikiran dalam Filsafat Islam. Jakarta: UIN Jakarta Press.

Bakker, Anton. 2005. Metodologi Penelitian Filsafat. Yogyakarta: Kanisius.

Barton, Greg. 1999. “Indonesia’s Nurcholish Madjid and Abdurrrahman Wahid as Intelectual Ulama: The Meeting of Islamic Traditionalism and Modernism in Neo-Modernist Thought” dalam Islam and Christian Muslim, CSIC, Birmington, Vol. 8 No. 3.

Damsyik, Daud. 2013. “Reinterpretasi Sumber Hukum Islam: Kajian Pemikiran Fazlur Rahman” dalam Al-‘Adalah, Vol. 9 No. 2 Juli.

al-Farabi. 1959. Al-Madînah al-Fadhîlah. Beirut: Dar al-Masyriq.

Filali-Ansary, Abdou. 2009.Pembaruan Islam Dari Mana Hendak Ke Mana?, terj. Machasin. Bandung: Mizan.

al-Ghazali, Abu Hamid Muhammad. 1972. Tahâfut al-Falâsifah. Kairo: Dar al-Ma’arif.

Hamid, Abdul dan Yaya. 2010. Pemikiran Modern dalam Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Hanafi, Hassan. 1992. Al-Turâts wa al-Tajdîd Mauqifunâ min al-Turâts al-Qadîm. Beirut: Al-Mu`assasah al-Jami`iyah li al-Dirasat wa al-Nasyr wa al-Tauzi.

Hanafi, Imam. 2015. “Mengenal Neomodernisme Islam” dalam Jurnal Madania, Vol. 5 No. 1.

Harianto, Budi. 2016. “Tawaran Metodologi Fazlur Rahman dalam Teologi Islam” dalam Kontemplasi, Vol. 4 No. 2 Desember.

al-Jabiri, M. Abid. 1991. Al-Turâts wa al-Hadâtsah Dirâsah wa Munâqasah. Beirut: Markaz al-Tsaqâfah al-Arabi.

Kuntowijoyo. 2003. Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Madjid, Nurcholish. 1993. “Fazlur Rahman dan Rekonstruksi Etika al-Quran” dalam Jurnal Islamika, No. 2 Oktober-Desember.

Muchsin, Misri A. 2002. Filsafat Sejarah dalam Islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz.

Nasr, S.H. 2001. Islamic Life and Thought. T.t: ABC International Group Inc.

Rahman‚ Fazlur. 1979. “Islam: Past Influence and Present Challenge” dalam Alford T. Welch dan Cachia Pierre (eds.), Islam: Challenges and Opportunities. Edinburgh: Edinburgh University Press.

Rahman‚ Fazlur. 1982. Islam and Modernity Transformation of an Intellectual Tradition. Chicago: Chicago Press.

Rahman‚ Fazlur. 1995. Islamic Methodology in History. Islamabad: Islamic Research Institute.

Rahman‚ Fazlur. 2000. Revival and Reform in Islam: A Study of Fundamentalism. Oxford: Oneworld.

Rahman‚ Fazlur. 2002. Prophecy in Islam: Philosophy and Orthodoxy. London: George Allen & Unwin Ltd.

Rahman‚ Fazlur. 2017. Islam Sejarah Pemikiran dan Peradaban, terj. M. Irsyad Rafsadie. Bandung: Mizan.

Qadir, C.A. 1989. Filsafat dan Ilmu Pengetahuan dalam Islam, terj. Hasan Basri. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Siradj, Said Aqil. 2006. Tasawuf sebagai Kritik Sosial. Bandung: Mizan.

Sirry, Mun’im. 2015. Tradisi Intelektual Islam Rekonfigurasi Sumber Otoritas Agama. Malang: Madani.

Sutrisno. 2006. Fazlur Rahman: Kajian terhadap Metode Epistemologi dan Sistem Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Suwandi, Sarwiji. 2008. Semantik Pengantar Kajian Makna. Yogyakarta: Media Perkasa.




DOI: https://doi.org/10.23971/njppi.v3i1.1196

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-Berbagi Serupa 4.0 Internasional.
 

Editor and Administration Address

NALAR: Jurnal Peradaban dan Pemikiran Islam
Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Palangka Raya
Jl. G. Obos (Kompleks Islamic Center) No. 24, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia

Phone: (0536) 3226356
Website: http://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/nalar/
Email: jurnal-nalar@iain-palangkaraya.ac.id dan ihsan.mz@iain-palangkaraya.ac.id

 

Flag Counter